Perbedaan RAM dan Hard disk yang mungkin masih belum banyak diketahui

Perbedaan, Teknologi

Perbedaan RAM dan Hard disk yang mungkin masih belum banyak diketahui. Dalam terminologi komputer, RAM dan dan Hard disk adalah dua komponen paling penting yang melibatkan sistem penyimpanan komputer di mana semuanya terjadi. Sementara memori ada hubungannya dengan memori utama komputer atau RAM, sedangkan hard disk mengacu pada komponen fisik yang menyimpan informasi digital.

Memori pada dasarnya terbuat dari chip RAM, sementara penyimpanan, secara umum, mengacu pada hard drive atau solid-state drive. Kedua istilah ini secara teknis sama dan kadang-kadang membingungkan karena diukur dalam satuan yang sama: byte, kilobyte, megabita, dll. Namun, secara fungsional, keduanya sangat berbeda dalam cara mereka menyimpan data.

Apa itu RAM?

Dalam istilah teknis, RAM singkatan dari (Random Access Memory) yang merupakan semacam ruang kerja utama di mana semua pekerjaan dilakukan. Ini seperti sistem penyimpanan internal yang mengidentifikasi penyimpanan data dalam bentuk chip. Sama seperti otak manusia, memori komputer digunakan untuk menyimpan data dan instruksi sementara atau permanen.

Secara sederhana, RAM disebut sebagai komponen elektronik yang mampu menyimpan data dan informasi secara sementara. Jadi, di computer RAM merupakan jenis media penyimpanan yang menyimpan data sementara. Ketika Anda mengklik aplikasi, atau mengakses dokumen dalam hal ini, komputer menyimpan data dalam RAM (chip sebenarnya menyimpan data).

Setiap mesin dilengkapi dengan sejumlah memori fisik yang mengacu pada memori utama atau RAM. Segala yang kita lakukan seperti menjalankan program atau mengakses situs web, disimpan dalam RAM. Di dalam RAM berisi semua yang terjadi pada mesin Anda. Data hilang ketika komputer reboot atau blank. Itu sebabnya RAM disebut sebagai memori yang tidak stabil.

Ada tiga jenis memori:

  • Memori Cache – Ini mengacu pada memori CPU yang bertindak sebagai penyangga antara unit pemrosesan pusat dan memori utama. Ini adalah memori yang mudah menguap yang menyediakan akses data berkecepatan tinggi ke program dan data yang sering digunakan.
  • Memori Utama – Ini mengacu pada RAM dan ROM. RAM sama dengan memori utama yang menyimpan data di mana mesin saat ini bekerja. ROM, di sisi lain, adalah memori read-only yang berarti Anda hanya dapat membaca tetapi tidak dapat menulis di atasnya.
  • Memori Sekunder – Ini mengacu pada memori eksternal yang menyimpan data dan informasi permanen. CPU tidak dapat memproses konten memori sekunder secara langsung. Sebagai gantinya, data harus disalin ke dalam memori utama (RAM) sehingga CPU dapat mengaksesnya lebih lanjut. Hard disk drive, floppy disk, compact disk (CD) adalah beberapa contoh perangkat memori sekunder.

Apa itu Hard Disk?

Hard disk mengacu pada perangkat penyimpanan fisik yang mampu menyimpan data dan informasi dalam jangka panjang, seperti Hard Disk Drive (HDD). Ini adalah media penyimpanan yang menyimpan data permanen dan kapasitas tinggi yang tidak ada dalam memori utama komputer. Hard disk adalah komponen inti dari setiap perangkat komputasi yang menyimpan semua informasi yang diketahui komputer.

Tidak seperti RAM, perangkat penyimpanan dapat dicabut setiap saat dan data akan tetap utuh saat berikutnya perangkat dicolokkan. Data tetap sama dan tidak ada perubahan dalam hard disk. Semuanya ditarik ke dalam memori utama. Selama data ada dalam RAM, hanya Anda yang dapat mengakses atau memodifikasi data, yang akan kembali ke hard disk saat Anda menyimpannya.

Secara teknis, hard disk dengan kapasitas lebih banyak data dapat disimpan pada mesin dan itu tidak mempengaruhi kinerja mesin. Misalnya, mesin dengan 2 GB RAM akan berfungsi pada kecepatan yang sama terlepas dari apakah ia memiliki hard disk 64 GB atau 1000 GB. Kapasitas penyimpanan hard disk tidak ada hubungannya dengan kecepatan komputer.

Perbedaan RAM dan Hard disk

Definisi

Secara sederhana, RAM mengacu pada memori akses acak (RAM) yang digunakan untuk menyimpan semua yang terjadi di komputer Anda saat ini. Ini menyimpan data sementara untuk penyimpanan instan. Sedangkan hard disk, mengacu pada memori berkapasitas tinggi permanen yang dapat menyimpan informasi baik sementara maupun permanen.

Komposisi

RAM adalah kumpulan chip komputer yang dipasang di modul memori yang masuk ke papan logika utama komputer Anda. Hard disk adalah teknologi yang terdiri dari komponen inti dari komputer yang digunakan untuk menyimpan dan mengakses data.

Akses Data

Data dan informasi yang disimpan dalam memori akses acak dapat diakses secara instan terlepas dari lokasi mereka dalam memori. RAM memiliki akses langsung ke otak komputer – CPU. Perangkat penyimpanan seperti hard disk biasanya lebih lambat dari RAM, sehingga mereka tidak dapat secara langsung mengakses data secepat memori.

Kecepatan

Semakin banyak RAM, program dan aplikasi yang lebih kompleks dapat dijalankan secara bersamaan. Itu artinya dengan menambahkan lebih banyak RAM ke sistem dapat meningkatkan kinerjanya pada tingkat inti. Sedangkan menambahkan lebih banyak kapasitas Hard disk, di sisi lain, tidak akan mempengaruhi kinerja sistem baik dengan kapasitas 256 GB atau 1000 GB.

Biaya

Modul memori dapat sedikit mahal tergantung pada kapasitas RAM (8 GB, 16 GB, atau 32 GB). Sedangkan Hard disk relatif lebih murah daripada chip RAM, namun, harga bisa sedikit lebih tinggi saat Anda melangkah lebih tinggi dengan kapasitas penyimpanan.

Ringkasan

Orang sering bingung dengan istilah RAM dengan dan Hard Disk dan dalam terminologi komputer, keduanya merujuk pada komponen komputer yang digunakan untuk menyimpan dan mengakses data dan informasi digital. Namun, secara umum, memori mengacu pada memori primer, atau RAM, sedangkan penyimpanan berarti perangkat penyimpanan fisik seperti drive hard disk.

Secara fungsional, kedua istilah ini sangat berbeda satu sama lain dalam banyak aspek seperti media penyimpanan, akses data, kinerja dan kecepatan komputer, dan banyak lagi. Istilah penyimpanan mengacu pada perangkat keras komputer apa pun yang digunakan untuk menyimpan dan mengekstrak data dan informasi. Di sisi lain, RAM adalah segala sesuatu yang berjalan di komputer Anda saat sedang menyala. Data hilang ketika sistem kehilangan daya.

Demikian tadi Perbedaan RAM dan Hard disk semoga dapat menambah wawasan bagi Anda.