Perbedaan HDD dan SSD: Kelebihan dan kekurangannya

Perbedaan, Teknologi

Perbedaan HDD dan SSD: Kelebihan dan kekurangannya termasuk dari sisi teknologi yang digunakan serta kecapatan dan harga. Hard Disk Drives (HDD) tetap menjadi unggulan dalam hal ruang media penyimpanan, komputer dan notebook. Meskipun demikian teknologi terbaru semakin bergerak menuju Solid State Drive (SSD) yang lebih efisien dan lebih cepat. Teknologi media penyimpanan telah melompat secara dramatis selama dua dekade terakhir termasuk juga dalam hal peningkatan penggunaan penyimpanan data. Penyimpanan data telah berevolusi secara mengejutkan sejak model awal dari kartu punch konvensional yang dapat menyimpan hanya 960 bit data ke floppy disk dan terus berkembang menjadi CD, DVD, HDD hingga yang terbaru yaitu SSD.

Mulai dari hard disk drive pertama yang dikembangkan oleh IBM dengan nama kode RAMAC ke HDD yang ringkas dan ringan dengan peningkatan kapasitas ke SSD ultra-portabel, teknologi penyimpanan telah berubah secara dramatis selama bertahun-tahun. Artikel ini menyoroti beberapa perbedaan utama yang membandingkan antara HDD dan SSD di berbagai bidang untuk menentukan mana yang terbaik untuk kebutuhan pribadi Anda.

Apa itu HDD?

Hard Disk Drive, atau hanya disebut sebagai HDD, adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan penyimpanan magnetik untuk menyimpan dan mengambil informasi digital dan data menggunakan disk yang berputar cepat yang disebut piring. HDD telah menjadi perangkat penyimpanan sekunder yang dominan untuk komputer serba guna sejak IBM mengembangkan HDD pertama pada tahun 1956. HDD masih menjadi pemimpin pasar dalam solusi penyimpanan digital karena meningkatnya permintaan penyimpanan yang lebih besar karena meningkatnya penggunaan data digital di era moderen.

Apa itu SSD?

Solid State Drive, atau SSD, adalah perangkat penyimpanan non-volatil yang menyimpan dan mengambil data secara terus-menerus pada memori flash solid-state. SSD adalah teknologi yang relatif lebih baru yang bias melakukan hampir semua hal yang dilakukan oleh hard drive, tetapi data disimpan pada chip memori flash yang saling berhubungan sehingga menjadikannya relatif lebih cepat daripada HDD. Kecepatan SSD bias lebih tinggi hingga 30 persen dibandingkan dengan HDD. SSD sebenarnya lebih seperti HDD improvisasi yang menggunakan memori flash berbasis NAND untuk menyimpan data, yang merupakan memori non-volatil yang mampu menyimpan data bahkan setelah daya terputus.

Perbedaan HDD dan SSD

Baik HDD dan SSD adalah perangkat penyimpanan yang pada dasarnya digunakan untuk tujuan yang sama – yaitu untuk menyimpan dokumen pribadi Anda, file, koleksi media digital, dan aplikasi secara efisien untuk jangka panjang. Tetapi karena tidak semua teknologi dibangun dengan cara yang sama, mereka memiliki berbagi poin yang membedakan juga. HDD, kependekan dari hard disk drive, adalah solusi penyimpanan yang paling populer dan banyak digunakan untuk konsumen selama beberapa dekade terakhir. Ia mampu menyimpan beberapa terabyte data dalam perangkat penyimpanan yang ringkas. Sebaliknya, SSD, atau solid state drive, adalah teknologi yang relatif lebih baru yang menyimpan data pada memori flash solid-state.

Teknologi

Hard disk drive adalah drive mekanis yang menggunakan penyimpanan magnetik untuk menyimpan data pada piring yang berputar. Ini terdiri dari piringan berputar yang disebut piringan yang diposisikan di sekitar poros, lengan aktuator dengan kepala baca/tulis untuk setiap piringan, dan motor untuk memutar piringan yang pada gilirannya menyimpan dan mengambil data, dengan kecepatan mulai dari 4.200 putaran per menit hingga 15.000 rpm menghasilkan kinerja yang lebih cepat. Solid state drive, atau SSD, adalah solusi penyimpanan non-volatil yang menyimpan data terus-menerus pada memori flash solid-state. SSD adalah pengganti potensial hard drive tanpa melibatkan bagian yang bergerak.

Kecepatan Baca/Tulis

HDD memiliki kecepatan baca / tulis yang relatif lebih lambat dibandingkan dengan solid state drive karena kinerja HDD bergantung pada platter – lebih cepat putaran platter, lebih cepat HDD melakukan pekerjaannya. Kecepatan baca rata-rata dari sebuah HDD dapat mencapai 128 mbps dan kecepatan penulisan bisa mencapai 50 hingga 120 mbps. SSD relatif lebih cepat karena tidak ada bagian yang bergerak yang terlibat dengan kecepatan tulis maksimum 654 mbps dan kecepatan baca rata-rata dapat mencapai 712 mbps untuk drive kelas atas. SSD lebih cepat 30 persen dari HDD dalam hal kecepatan baca / tulis.

Kapasitas dan Biaya

HDD tersedia dalam spesifikasi standar 3,5-inci dan 2,5-inci dan dapat menyimpan data senilai beberapa terabyte. Mereka adalah perangkat penyimpanan berkapasitas tinggi yang dapat menyimpan hingga 10TB data untuk komputer desktop dan maksimum 2TB untuk laptop dan notebook. SSD memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan dapat menyimpan hingga 1TB data untuk notebook dan laptop, dan hingga maksimum 4TB di komputer desktop karena chip silikon mahal yang tersedia. HDD jauh lebih murah daripada SSD dan untuk jumlah penyimpanan yang sama, Anda mungkin harus membayar dua kali lipat untuk SSD daripada HDD.

Daya tahan

HDD menggunakan penyimpanan magnetik untuk menyimpan dan mengambil data dan lebih banyak komponen mekanis berarti perangkat lebih rentan terhadap kegagalan dan kehilangan data jika jatuh atau terjadi kesalahan penanganan. Ini adalah masalah utama dalam notebook yang melibatkan bagian-bagian halus yang membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan dan getaran. SSD lebih tahan lama daripada HDD karena tidak ada komponen bergerak atau mekanis yang terlibat, ditambah faktor bentuk kecil berperan untuk mobilitas. Umur SSD jauh lebih baik daripada HDD dengan sedikit atau tanpa risiko kehilangan data atau kegagalan integritas. Ditambah SSD menghasilkan lebih sedikit panas dari HDD.

Ringkasan Perbedaan HDD dan SSD

Baik HDD dan SSD adalah teknologi penyimpanan paling umum yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil data dalam jumlah besar dalam perangkat penyimpanan genggam. Namun, HDD tetap menjadi media penyimpanan pilihan orang karena berbagai opsi penyimpanan dengan kapasitas untuk menyimpan data senilai terabyte dalam kisaran harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan SSD yang lebih mahal. Namun, dengan meningkatnya permintaan akan kecepatan yang lebih tinggi dan kinerja komputasi yang lebih baik, semakin banyak orang yang mengerti teknologi beralih ke SSD yang lebih efisien dan tahan lama sebagai solusi penyimpanan pilihan mereka untuk sistem mereka, terutama di laptop. Jika Anda mencari kinerja lebih dari kapasitas, daya tahan lebih dari biaya, maka SSD masih jauh lebih baik dari pada HDD.