Perbedaan Antivirus dan Antimalware: Definisi, perlindungan, dan cara kerja

Perbedaan, Teknologi

Perbedaan Antivirus dan Antimalware: Definisi, perlindungan, dan cara kerja. Antivirus mungkin merupakan hal yang sudah tidak asing bagi Anda. Tidak peduli Anda menggunakan Mac atau PC Windows pada komputer Anda. Anda menemukan ratusan situs setiap hari yang terkena virus dan malware yang cenderung menginfeksi sistem Anda tanpa disadari.
Ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil untuk melindungi komputer dari virus dan malware.

Malware adalah kependekan dari perangkat lunak berbahaya dan virus hanyalah salah satu jenis malware. Mereka adalah ancaman konstan bagi setiap pengguna internet. Keduanya menyerang sistem dan membuatnya berhenti berjalan. Cara terbaik untuk melindungi komputer Anda dari virus dan malware adalah menginstal program antivirus atau program antimalware. Baik antivirus dan antimalware adalah program untuk melindungi sistem terhadap semua jenis virus.

Apa itu Antivirus?

Sebelum kita beralih ke topik antivirus, mari kita pahami apa itu virus terlebih dahulu. Virus adalah setiap bagian dari kode berbahaya yang mampu mereplikasi dirinya sendiri dan menyebar sendiri ke program lain dalam sistem dengan tujuan semata-mata untuk merusak. Virus juga disebut sebagai malware. Tetapi tidak semua malware adalah virus. Antivirus adalah program utilitas perangkat lunak yang dirancang untuk melindungi sistem terhadap virus dan malware untuk mencegah mereka memodifikasi atau merusak program lain dalam sistem. Antivirus melindungi sistem secara terus menerus dan jika menemukan beberapa perilaku berbahaya, ia segera menghapus virus dari sistem.

Apa itu Antimalware?

Demikian pula, program antimalware dirancang untuk melindungi sistem dari virus, malware dan ancaman berbahaya lainnya seperti worm, Trojan, bot, rootkit, spyware, ransomware, dan bahkan adware. Malware adalah setiap perangkat lunak yang menunjukkan perilaku jahat, yang dirancang untuk masuk ke sistem dan mendapatkan akses ke data pribadi yang dibatasi dan di dalam sistem. Malware hanya memiliki tujuan langsung – untuk menyebabkan kerusakan pada sistem. Antimalware, sebaliknya, melindungi sistem terhadap semua jenis malware termasuk semua jenis virus. Antimalware dapat diinstal pada komputer pribadi, server gateway, atau perangkat jaringan khusus.

Perbedaan antara Antivirus dan Antimalware

Definisi Antivirus dan Antimalware

Sebelum beralih ke topik menarik di sini, mari kita lihat apa perbedaan antara virus dan malware. Virus adalah program malware spesifik yang mampu mereplikasi diri mereka sendiri dan menyebar ke seluruh sistem, sedangkan malware adalah istilah umum yang merujuk pada semua jenis perangkat lunak berbahaya termasuk virus, Trojan, adware, rootkit, spyware, dan ransomware.

Ini berarti virus adalah malware, tetapi tidak semua malware adalah virus. Antivirus adalah program perangkat lunak yang dirancang untuk mendeteksi dan menghancurkan virus dan perangkat lunak berbahaya lainnya dari sistem, sedangkan antimalware adalah program yang melindungi sistem dari semua jenis malware termasuk virus, Trojan, worm, dan adware.

Utilitas

Baik antivirus dan antimalware adalah program utilitas perangkat lunak yang dirancang untuk melindungi komputer Anda dari semua jenis program berbahaya. Namun, perangkat lunak antivirus secara khusus dirancang untuk melindungi lingkungan digital Anda yang berarti mereka melindungi sistem Anda terhadap semua ancaman online klasik yang lebih mapan seperti virus, Trojan dan worm. Antimalware.

Di sisi lain, biasanya melindungi sistem terhadap program malware yang lebih baru dan lebih canggih untuk memperkuat keamanan. Antivirus adalah istilah umum untuk semua program keamanan dunia maya, sedangkan antimalware adalah program perangkat lunak yang membela semua malware termasuk virus dan worm.

Perlindungan

Program antivirus pada dasarnya dirancang untuk memindai sistem untuk menentukan perilaku jahat dalam program dan menghapus segala ancaman sebelum mencapai sistem. Program antivirus berjalan di latar belakang menjaga sistem Anda terlindungi setiap saat. Mereka juga memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan pemindaian atau memulai pemindaian baru kapan saja mereka inginkan, ditambah lagi mereka secara otomatis memperbarui untuk terus melindungi sistem terhadap ancaman baru.

Antimalware adalah jenis program khusus yang dirancang untuk memindai, mendeteksi, dan menghapus bahkan malware yang lebih canggih dengan pemantauan dan perlindungan aktif waktu nyata. Mereka melindungi terhadap semua jenis malware termasuk virus, bot, Trojan, worm, phishing, spyware, ransomware, termasuk adware.

Ringkasan Perbedaan Antivirus dan Antimalware

Intinya adalah bahwa pemahaman yang tepat tentang apa itu virus dan apa itu malware, menimbulkan pertanyaan pamungkas – apakah antivirus dan antimalware adalah hal yang sama. Ya, ada program antivirus dan kemudian ada program antimalware – keduanya dirancang untuk memberikan solusi perlindungan menyeluruh untuk mempertahankan sistem dari semua jenis program jahat termasuk virus, malware, worm, Trojan, bot, spyware, ransomware, dan adware.

Seiring kemajuan teknologi, begitu pula kemampuan program antivirus untuk menghadapi ancaman online yang lebih canggih. Dan hal yang sama berlaku untuk antimalware. Singkatnya, keduanya adalah istilah umum yang biasanya dilontarkan dalam diskusi ketika membahas cybersecurity. Selain itu, keduanya pada dasarnya bekerja hamper sama, perbedaannya cukup halus.

Perangkat lunak antivirus adalah program keamanan andalan yang Anda instal di komputer atau ponsel cerdas Anda untuk melindunginya dari infeksi. Semua virus adalah malware yang diprogram untuk mereplikasi dan menyebar dari sistem ke sistem tanpa sepengetahuan Anda.

Antivirus mendeteksi dan menghilangkan virus dari replikasi diri atau ancaman online lainnya dari mengeksploitasi sistem Anda. Antimalware terutama berfokus pada perlindungan proaktif terhadap ancaman online yang lebih baru dan lebih maju. Sebagian besar program antimalware ringan dan dirancang untuk berjalan bersama perangkat lunak antivirus Anda. Jika ada program yang menunjukkan perilaku berbahaya, antimalware menghentikan program secara instan.