Perbedaan manajemen dan administrasi yang perlu Anda tahu

Perbedaan
Perbedaan manajemen dan administrasi
Perbedaan manajemen dan administrasi

Perbedaan manajemen dan administrasi. Secara sederhana, manajemen dapat dipahami sebagai keterampilan untuk menyelesaikan pekerjaan dari orang lain. Ini tidak persis sama dengan administrasi , yang menyinggung proses mengelola seluruh organisasi secara efektif. Poin paling penting yang membedakan manajemen dari administrasi adalah bahwa yang pertama berkaitan dengan mengarahkan atau membimbing operasi organisasi, sedangkan yang terakhir menekankan pada meletakkan kebijakan dan menetapkan tujuan organisasi.

Secara garis besar, manajemen memperhitungkan fungsi mengarahkan dan mengendalikan organisasi, sedangkan administrasi terkait dengan perencanaan dan pengorganisasian fungsi.

Dengan berlalunya waktu, perbedaan antara kedua istilah ini semakin kabur, karena manajemen termasuk perencanaan, perumusan kebijakan, dan implementasi juga, sehingga mencakup fungsi administrasi. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan semua perbedaan substansial antara manajemen dan administrasi.

Definisi Manajemen

Manajemen didefinisikan sebagai tindakan mengelola orang dan pekerjaan mereka, untuk mencapai tujuan bersama dengan menggunakan sumber daya organisasi. Ini menciptakan lingkungan di mana manajer dan bawahannya dapat bekerja sama untuk pencapaian tujuan kelompok. Ini adalah sekelompok orang yang menggunakan keterampilan dan bakat mereka dalam menjalankan sistem organisasi yang lengkap. Ini adalah aktivitas, fungsi, proses, disiplin, dan banyak lagi.

Merencanakan, mengatur, memimpin, memotivasi, mengendalikan, koordinasi dan pengambilan keputusan adalah kegiatan utama yang dilakukan oleh manajemen. Manajemen menyatukan 5M organisasi, yaitu Pria, Material, Mesin, Metode, dan Uang. Ini adalah aktivitas yang berorientasi pada hasil, yang berfokus pada pencapaian output yang diinginkan.

Definisi Administrasi

Administrasi adalah proses sistematis pengelolaan manajemen organisasi bisnis, lembaga pendidikan seperti sekolah atau perguruan tinggi, kantor pemerintah atau organisasi nonprofit mana pun. Fungsi utama administrasi adalah pembentukan rencana, kebijakan, dan prosedur, pengaturan tujuan dan sasaran, menegakkan aturan dan peraturan, dll.

Administrasi meletakkan kerangka dasar organisasi, di mana pengelolaan fungsi organisasi.

Sifat administrasi adalah birokratis. Ini adalah istilah yang lebih luas karena melibatkan fungsi peramalan, perencanaan, pengorganisasian dan pengambilan keputusan di tingkat tertinggi perusahaan. Administrasi merupakan lapisan teratas dari hirarki manajemen organisasi. Otoritas tingkat atas ini adalah pemilik atau mitra bisnis yang berinvestasi modal mereka dalam memulai bisnis. Mereka mendapat imbalan dalam bentuk laba atau sebagai dividen.

Perbedaan Manajemen dan Administrasi

Perbedaan utama antara manajemen dan administrasi diberikan di bawah ini:

  • Manajemen adalah cara sistematis mengelola orang dan hal-hal dalam organisasi. Administrasi didefinisikan sebagai tindakan mengelola seluruh organisasi oleh sekelompok orang.
  • Manajemen adalah kegiatan bisnis dan tingkat fungsional, sedangkan Administrasi adalah kegiatan tingkat tinggi.
  • Sementara manajemen berfokus pada implementasi kebijakan, formulasi kebijakan dilakukan oleh administrasi.
  • Fungsi administrasi termasuk undang-undang dan penentuan. Sebaliknya, fungsi manajemen bersifat eksekutif dan mengatur.
  • Administrasi mengambil semua keputusan penting dari organisasi sementara manajemen membuat keputusan di bawah batas yang ditetapkan oleh administrasi.
  • Sekelompok orang, yang merupakan karyawan organisasi secara kolektif dikenal sebagai manajemen. Di sisi lain, administrasi mewakili pemilik organisasi.
  • Manajemen dapat dilihat dalam organisasi yang menghasilkan laba seperti perusahaan bisnis. Sebaliknya, Administrasi ditemukan di kantor-kantor pemerintah dan militer, klub, rumah sakit, organisasi keagamaan, dan semua perusahaan nirlaba.
  • Manajemen adalah semua tentang rencana dan tindakan, tetapi administrasi berkaitan dengan kebijakan framing dan menetapkan tujuan.
  • Manajemen memainkan peran eksekutif dalam organisasi. Tidak seperti administrasi, yang perannya bersifat menentukan.
  • Manajer mengurus manajemen organisasi, sedangkan administrator bertanggung jawab atas administrasi organisasi.
  • Manajemen berfokus pada mengelola orang dan pekerjaan mereka. Di sisi lain, administrasi berfokus untuk memanfaatkan sumber daya organisasi sebaik mungkin.

Kesimpulan

Secara teoritis, dapat dikatakan bahwa keduanya adalah istilah yang berbeda, tetapi secara praktis, Anda akan menemukan bahwa istilahnya kurang lebih sama. Anda akan memperhatikan bahwa seorang manajer melakukan baik kegiatan administratif dan fungsional. Meskipun para manajer yang bekerja di tingkat paling atas dikatakan sebagai bagian dari administrasi sedangkan para manajer yang bekerja di tingkat menengah atau bawah mewakili manajemen. Jadi, kita dapat mengatakan bahwa administrasi berada di atas manajemen.