Pepes Ayam Kemangi Bumbu Kuning

Posted on

Ayam pepes kemangi adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan citarasa sedapnya. Berbahan dasar ayam yang dibumbui dengan rempah-rempah khas kemangi dan dibungkus dengan daun pisang, hidangan ini memang layak dijadikan menu spesial saat ada acara keluarga atau teman.

Ayam Pepes Kemangi yang Enak dan Sederhana

Ayam Pepes Kemangi

Berikut ini adalah resep ayam pepes kemangi yang enak dan sederhana yang dapat dicoba di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 500 gram daging ayam fillet potong dadu
  • 1 genggam kemangi cuci bersih dan cabut daun
  • 1 buah jeruk nipis ambil airnya
  • 4 lembar daun salam
  • 4 sdm kelapa serut kasar
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng

Cara membuat ayam pepes kemangi yang enak dan sederhana ini cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1: Tempatkan bahan utama

Tempatkan daging ayam potong dadu di dalam wajan atau teflon yang sudah dipanaskan dengan minyak goreng. Goreng hingga sedikit matang. Kemudian, tambahkan kelapa serut kasar, daun salam, garam, dan gula pasir. Aduk rata hingga daging ayam tercampur dengan bumbu-bumbu tersebut. Matikan api.

Langkah 2: Tambahkan kemangi dan jeruk nipis

Setelah bahan utama tercampur rata, tambahkan daun kemangi dan perasan air jeruk nipis. Aduk rata kembali hingga kemangi tercampur merata dalam daging ayam.

Langkah 3: Bungkus ayam dengan daun pisang

Siapkan daun pisang sebagai pembungkus. Ambil 1 lembar daun pisang, berikan satu sendok makan campuran ayam dan bumbu, lalu bungkus dengan daun pisang. Ulangi hingga semua bahan habis.

Baca juga  Anak Ayam Upin Ipin

Langkah 4: Kukus ayam pepes

Panaskan air pada pengukusan ayam pepes kemangi. Kukus ayam pepes selama 30 hingga 40 menit atau hingga matang sempurna. Angkat dan siap disajikan. Dapat disajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi.

Itulah resep ayam pepes kemangi yang enak dan sederhana. Selamat mencoba di rumah ya! Jangan lupa untuk memberikan tambahan bumbu sesuai dengan selera agar rasanya semakin nikmat.

Baca artikel lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *