7 Penyebab komedo di wajah dan hidung yang perlu diketahui

penyebab komedo di hidung
Penyebab komedo di wajah
Penyebab komedo di hidung

Penyebab komedo di wajah dan hidung yang perlu Anda ketahui, sekaligus sekilas info mengenai Apa itu komedo dan kenapa komedo bisa terjadi di wajah dan bagian tubuh kita. Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang banyak mempengaruhi orang di seluruh dunia. Komedo bisa dikatakan merupakan tahap awal munculnya jerawat di wajah. Sehingga bagi mereka yang memiliki komedo akan lebih rentan mengalami jerawatan.

 

Apa itu komedo?

Komedo merupakan tonjolan kecil yang biasanya ditemukan pada kulit di sekitar hidung atau wajah anda. Komedo bisa terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh sebum dan serpihan sel kulit mati. Biasanya komedo merupakan isi dari jerawat yang ada di seluruh tubuh. Meskipun demikian, komedo paling banyak ditemukan di wajah, hidung, dan bagian kulit lainnya.

 

Kenapa komedo bisa terjadi?

Secara umum komedo terjadi saat pori-pori kulit wajah dan hidung tersumbat oleh kotoran atau sel kulit mati. Setiap pori-pori kulit wajah secara medis terwujud sebagai unit pilosebaseus yang mengandung folikel rambut dan kelenjar sebaceous atau minyak.

Kelenjar sebaceous ini bertugas memproduksi minyak dan sebum yang dirancang untuk menjaga kulit agar tetap lembab, dan halus secara alami. Akan tetapi sayangnya produksi sebum secara berlebihan dapat menyebabkan sumbatan di bagian atas pori-pori sehingga dapat menyebabkan komedo. Diantara sumbatan tersebut biasanya dipicu oleh sel-sel kulit mati dan juga kotoran.

Sumbatan pada pori-pori kulit wajah selain dapat menyebabkan komedo juga akan memicu jerawat. Hal ini dikarenakan, saat pori-pori wajah tersumbat maka bakteri akan menumpuk sehingga kulit wajah akan mengalami peradangan. Berbeda dengan jerawat, komedo tidak menimbulkan rasa sakit karena pada dasarnya komedo tidak mengalami peradangan.

 

Penyebab komedo di wajah

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan komedo. Seperti telah dipaparkan di atas bahwa beberapa masalah termasuk stres, minyak berlebih, faktor genetik, dan gaya hidup menjadi beberapa di antaranya. Selengkapnya berikut faktor penyebab komedo yang perlu Anda ketahui:

1. Faktor hormon

Kenapa hormon dapat menyebabkan komedo?. Salah satu penyebab paling umum munculnya komedo di hidung dan wajah adalah produksi sebum berlebih. Produksi sebum berlebih bisa terjadi akibat perubahan hormonal yang terjadi di tubuh kita. Maka tidak heran jika masalah komedo dan jerawat biasanya terjadi pada masa pubertas atau remaja. Hal ini dikarenakan pada masa ini perubahan hormonal bisa terjadi sangat cepat.

2. Masa pubertas

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa masa pubertas merupakan masa dimana tubuh mengalami perubahan hormon yang begitu drastis. Perubahan hormon ini meliputi meningkatnya produksi sebum yang menjadi salah satu penyebab munculnya komedo dan jerawat. Ketika seseorang mencapai masa pubertas, tubuh mulai memompa keluar tingkat hormon yang lebih tinggi dibandingkan masa kanak-kanak. Perubahan hormon ini pada akhirnya dapat memicu peningkatan produksi sebum pada kelenjar minyak di kulit wajah kita.

3. Masa haid

Pada saat seorang wanita mengalami menstruasi maka jerawat dan komedo biasanya lebih sering muncul dibandingkan biasanya. Hal ini dikarenakan, pada saat haid, wanita banyak mengalami fluktuasi hormonal, jadi hormon masih menjadi faktor penting penyebab munculnya komedo.

Ketika kadar estrogen menurun tingkat progesteron akan meningkat. Dan ketika progesteron meningkat, maka kelenjar minyak di kulit wajah akan menghasilkan lebih banyak sebum yang menjadi penyebab komedo dan jerawat. Pada dasarnya, jerawat atau komedo yang disebabkan oleh faktor haidi biasanya tidak berlangsung lama. Hanya dimulai dari 2 hingga 7 hari sebelum periode haid pada wanita dan setelah periode tersebut selesai, maka biasanya jerawat atau komedo akan hilang dengan sendirinya.

4. Masa kehamilan

Banyak wanita menemukan bahwa komedo dan jerawat mereka biasanya akan mulai muncul pada saat masa kehamilan pertama kalinya. Munculnya komedo dan jerawat ini biasanya terjadi sekitar 6 minggu setelah masa kehamilan. Menurut WhatToExpect.com pada saat hamil, seorang wanita akan mengalami peningkatan androgen (minyak yang juga memproduksi sebum).

5. Stres berlebih

Meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan secara khusus bahwa faktor stres dapat menyebabkan komedo, akan tetapi para peneliti percaya bahwa stres dapat memperburuk munculnya komedo di wajah anda. Saat seseorang dalam keadaan stres, maka akan lebih banyak memproduksi kortisol dan androgen, di mana keduanya merupakan faktor penting penyebab peningkatan produksi minyak. Kondisi ini pada akhirnya akan menyebabkan munculnya komedo di hidung dan wajah anda.

6. Makanan berminyak

Diakui atau tidak, makanan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesehatan kita. Makanan yang terlalu berminyak ternyata juga dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di wajah kita. Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa minyak berlebih merupakan penyebab komedo dan jerawat. Untuk itu sebaiknya Anda harus mengurangi konsumsi makanan semacam ini. Sebagai gantinya, banyak tingkatkan asupan buah dan sayur.

Artikel menarik lainnya:

7. Untaian rambut di wajah Anda

Penyebab komedo di wajah yang terakhir adalah rambut yang menempel di wajah. Jika Anda memiliki rambut berminyak yang mengenai wajah maka semakin tinggi pula risiko Anda mengalami komedo dan jerawat. Minyak pada rambut yang menyentuh kulit ternyata dapat menyebabkan bakteri yang juga meningkatkan pertumbuhan komedo di wajah. Untuk itu sebaiknya ikat rambut Anda pada saat melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, yang akan memicu keringat berlebih pada rambut.

Demikian tadi informasi seputar penyebab komedo di wajah yang paling umum terjadi. Semoga informasi di atas dapat membuat anda semakin tahu bagaimana untuk mencegah dan mengatasi komedo agar tidak muncul di wajah dan hidung anda.