5 Cara mencegah komedo agar tidak muncul di hidung atau wajah

Cara mencegah komedo
Cara mencegah komedo
Cara mencegah komedo

Cara mencegah komedo agar tidak muncul di hidung atau wajah anda dengan mudah dan praktis yang Insyaa Allah bisa Anda terapkan di Rumah dengan biaya murah. Pada dasarnya komedo bukan masalah kesehatan serius dan tidak menyebabkan rasa sakit seperti halnya Jerawat. Meskipun demikian, komedo cukup mengganggu karena akan membuat kulit terlihat lebih kasar dan tidak halus. Selain itu, komedo juga menandakan adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh kita dimana kondisi ini juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Jadi, bisa dikatakan komedo merupakan tanda dari munculnya jerawat di wajah, meskipun tidak selalu seperti itu.

 

Penyebab komedo di wajah

Pada dasarnya komedo disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan juga sebum yang menyumbat pori pori-pori kulit wajah. Kondisi Ini pada akhirnya akan menyebabkan komedo dan jerawat yang keduanya memiliki faktor penyebab yang hampir sama.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi meningkatnya produksi minyak dan sebum seseorang. Beberapa diantara penyebab paling umum adalah masa kehamilan, pubertas, haid, stres, dan perubahan hormon yang mendadak. Semua faktor ini secara umum akan meningkatkan resiko munculnya komedo di hidung dan wajah anda.

 

Jenis-jenis komedo

Komedo sering terjadi pada wajah dan hidung seseorang, di mana pada bagian ini terdapat konsentrasi kelenjar minyak yang lebih tinggi dibandingkan bagian kulit lainnya. Kebanyakan orang menemukan bahwa komedo lebih banyak berada pada area T-Zone (mengacu pada tempat-tempat di bagian wajah kita seperti dahi, hidung, dan dagu).

Ada dua jenis komedo, yaitu komedo hitam dan putih. Komedo hitam biasanya terbuka dan memiliki warna yang hitam sehingga disebut sebagai komedo hitam atau Blackhead. Sedangkan jenis kedua adalah komedo putih atau whitehead. Komedo ini biasanya ditutupi oleh lapisan kulit yang tipis dan memiliki warna putih.
Meskipun berbeda, pada dasarnya keduanya disebabkan oleh faktor yang hampir sama. Diantaranya seperti sumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit wajah yang disebabkan oleh sel kulit mati, bakteri dan sebelum.

Meskipun demikian, komedo putih memiliki perbedaan mencolok dibandingkan komedo hitam, di mana komedo putih biasanya memiliki isi yang lebih halus dibandingkan komedo hitam. Selain itu komedo hitam biasanya juga lebih keras dibandingkan komedo putih. Pada dasarny seseorang akan sangat mudah membedakan antara komedo putih dan hitam.

 

Cara mencegah komedo hitam dan putih

Setelah anda mengetahui faktor penyebab komedo di wajah dan hidung, sekarang mari kita cari tahu bagaimana cara mencegah agar komedo tidak muncul di hidung atau wajah anda.

1. Jauhkan rambut dari wajah anda

Untaian rambut yang menempel pada kulit wajah anda ternyata dapat menyebabkan komedo. Jadi untuk mencegah agar komedo tidak muncul, maka anda perlu mengikat rambut Anda. Rambut yang berminyak akan mentransfer minyak ke wajah anda, dan seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa minyak berlebih merupakan faktor utama penyebab munculnya komedo.

2. Hindari makanan berminyak

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak ternyata dapat menyebabkan produksi minyak menjadi lebih banyak. Jadi apa yang anda konsumsi akan sangat menentukan kesehatan kulit wajah Anda. Disamping Anda harus mengurangi makanan berminyak, sebaiknya tingkatkan asupan makanan sehat seperti buah dan sayur untuk mencegah komedo.

3. Jaga kebersihan kulit wajah

Jika tidak ingin mengalami komedo dan jerawat di wajah, maka sebaiknya jaga kebersihan wajah anda. Kotoran yang menempel pada kulit wajah akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan komedo dan jerawat. Sebaiknya gunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun atau madu untuk membersihkan wajah anda. Keduanya sangat penting sekali bukan hanya menghilangkan kotoran, tetapi juga mencegah komedo.

4. Kontrol minyak di wajah anda

Mengontrol produksi minyak berlebih sangat penting sekali untuk mencegah komedo muncul. Minyak berlebih akan menyumbat pori-pori kulit yang jika hal ini dibiarkan maka akan membuat wajah rentan mengalami komedo dan jerawat. Untuk membantu mengatasi wajah berminyak, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti buah-buahan untuk menyerap kelebihan minyak. Untuk mengatasi wajah berminyak Anda bisa membacanya dalam artikel berikut ini. Untuk mengetahui cara mengatasi komedo di hidung, berikut tipsnya 16+ Cara menghilangkan komedo putih di hidung secara alami

5. Hindari terlalu sering mencuci wajah

Terlalu sering mencuci wajah ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi semakin kering, sehingga akan memicu kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak berlebih. Jika wajah anda sudah memproduksi minyak dalam jumlah berlebih, maka wajah anda akan ditumbuhi komedo. Jadi untuk mencegah komedo di hidung dan wajah, sebaiknya jangan terlalu sering mencuci wajah anda.

Demikian tadi ulasan mengenai cara mencegah komedo di wajah dan hidung, Semoga  dapat membantu mengatasi masalah Anda.