Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Jenis, Manfaat, & Sifatnya…

Posted on

pengertian sumber daya alam

Pengertian Sumber Daya Alam – Sumber daya alam memiliki arti yaitu segala sesuatu yang berada di alam baik hayati ataupun non hayati yang dinilai mempunyai daya guna untuk memenuhi kebutuhan manusia. Fungsi sumber daya alam sendiri diantaranya yaitu supaya tercipta kesejahteraan hidup manusia.

Banyak sekali bentuk dan jenis sumber daya alam yang terkandung di bumi. Baik yang lokasinya berada di wilayah daratan ataupun perairan. Setelah mengetahui pengertian sumber daya alam, Anda juga perlu mengetahui jenis sumber daya alam berserta manfaatnya. Yuk, simak ulasan artikelnya berikut ini!

Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Manfaat dan Asal Terbentuknya…

Jumlah sumber daya alam yang dapat diperbarui benar-benar banyak sampai tidak terbatas. Contohnya seperti tumbuhan, cahaya matahari, air, udara, tanah, hewan, dan lain-lain. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui jumlahnya benar-benar terbatas dan kian menipis tiap waktunya, contohnya gas alam, batu bara, minyak bumi, bahan tambang, dan lain-lain.

Sumber: https://infosurabaya.id

1. Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Manfaatnya

Jenis sumber daya alam juga dikelompokkan berdasarkan manfaatnya. Dilihat dari manfaatnya, sumber daya alam dibagi menjadi:

a. Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku

Sumber daya alam ini ialah sumber daya alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain sehingga nilai gunanya akan menjadi lebih tinggi. Contoh sumber daya alam ini ialah hasil hutan, barang tambang, pertanian, dan lainnya.

Baca Juga: Jelaskan Manfaat Biopori Bagi Lingkungan! Temukan Jawabannya Disini!

b. Sumber Daya Alam Penghasil Energi

Sumber daya alam penghasil energi ialah sumber daya alam yang dapat memproduksi atau menghasilkan energi demi kebutuhan manusia. Contoh sumber daya alam penghasil daya ialah minyak bumi, batu bara, timah, dan gas alam.

pengertian sumber daya alam

Sumber: https://infosurabaya.id

2. Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Asal Terbentuknya

Berdasarkan asal terbentuknya, sumber daya alam dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu sumber daya alam hayati dan non hayati, berikut penjelasannya:

a. Sumber Daya Alam Non Hayati (Abiotik)

Sumber daya alam abiotik atau non hayati ialah sumber daya yang tidak berasal atau terbentuk dari makhluk hidup. Semisal, udara, air, gas alam, cahaya matahari, batu-batuan, bahan hasil tambang, dan lain-lain.

Baca Juga: Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah yang Berdampak Positif…

b. Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati berasal dari makhluk hidup baik hewan ataupun tumbuh-tumbuhan. Misalnya kayu, rotan, kapas, rempah-rempah, ikan, ayam, sapi, beras, gula, susu.

Sumber: https://www.pustakapengetahuan.com

Manfaat Sumber Daya Alam untuk Kehidupan Manusia…

1. Manfaat Ekonomi

Manfaat ekonomi sumber daya alam antara lain dapat menambah devisa negara. Sebab sumber daya alam dapat diekspor ke luar negeri.

2. Manfaat Wisata

Sumber daya alam dapat dijadikan pemasukan negara dan warga sekitar obyek wisata yang sangat baik untuk perekonomian sekitar obyek wisata tersebut.

3. Manfaat di Bidang Makanan

Dengan adanya sumber daya alam, manusia dapat mengonsumsi beragam jenis sayuran, beragam jenis hewani. Tentunya semua sumber daya alam itu berguna untuk kesehatan manusia.

Sumber: https://pemeriksaanpajak.com

Sifat SDA Dibedakan Menjadi 3 seperti Dikutip dari Buku Wahana IPS oleh Tim Pena Cendekia:

1. (Sustainable Resources) Sumber Daya Alam yang Tersedia di Alam

Sumber daya ini selalu ada dan tidak akan pernah habis. Hal ini dikarenakan sumber daya ini mengalami siklus sepanjang masa, seperti matahari, udara, air laut, dan air.

2. (Renewable Resources) Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui ialah jenis sumber daya alam yang apabila persediaannya habis, dalam waktu tidak terlalu lama dan relatif mudah dapat tersedia kembali lewat reproduksi atau pengembangbiakan. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu tumbuhan, hewan dan hasil hutan.

3. (Non Renewable Resources) Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya ini ialah sumber daya alam yang apabila persediaannya habis, benar-benar sangat sulit untuk diperbarui, bahkan tidak mungkin tersedia lagi.

Hal ini dikarenakan untuk menjadikan sumber daya ini memerlukan waktu yang lama sekitar ribuan bahkan jutaan tahun, itupun apabila keadaan lingkungan memungkinkan. Contoh sumber daya alam ini ialah minyak bumi, batubara, timah, gas alam, dan lainnya.

Baca Juga: Manfaat Minyak Bumi Bagi Manusia yang Sangat Penting, Yuk, Simak!