Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri di Android, Hati-Hati Jangan Dibiarkan!

Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri-Sedang mencari tahu penyebab aplikasi keluar sendiri? Sebelum menjelaskannya perlu anda ketahui jika dunia maya dapat membuat komunikasi antar manusia jadi lebih mudah.

Karena itulah banyak aplikasi bermunculan untuk berkomunikasi. Aplikasi tersebut dibuat supaya pengguna smartphone bisa lebih mudah menjalankan komunikasi dengan kerabat terdekat kendati jaraknya sangat jauh.

Akan tapi ketika mengoperasikannya sesekali ada sejumlah permasalahan yang muncul dari aplikasi hal yang demikian. Sejumlah pengguna umumnya akan mengalami kendala seperti seumpama aplikasi yang keluar sendiri maupun error.

Pemberitahuan secara tiba-tiba muncul di layar yaitu “Sayangnya Aplikasi Sudah Berhenti” dalam bahasa inggris maka “Unfortunately, Application Has Been Stopped”.

Sulit hal yang demikian sering kali terjadi di sejumlah perangkat android. Penyebab utama dari kendala hal yang demikian yakni karena menumpuknya sampah yang ada di internal memory serta external memory.

Karena sampah hal yang demikian maka performa aplikasi bisa berkurang yang membuat smartphone lemot. Karena itulah maka aplikasi akan menutup dengan sendirinya supaya smartphone hal yang demikian tidak terbebani. Selain itu ada banyak faktor lain yang berperan dalam performa smartphone. Berikut penjelasannya…

BACA JUGA : Cara Melihat Password Wifi di Laptop – Yuk Simak Tips & Trik Nya !

Penyebab Lain Aplikasi Dapat Keluar Sendiri

  1. Aplikasi dan data belum lengkap, dengan demikian itu maka aplikasi dapat tidak berjalan normal dan perlu diperbarui.
  2. Aplikasi yang dipakai versinya yakni beta.
  3. Jadi akan ada sejumlah kekurangan di luar dugaan yang dapat membikin penggunanya tidak nyaman ketika mengoperasikannya.
  4. RAMnya tidak cocok dengan aplikasi yang tengah berjalan.
  5. Walaupun aplikasi yang berjalan terbilang tidak berat, dapat saja di smartphone itu ada sejumlah aplikasi lain yang membuat aplikasi di balik layar yang berjalan ada banyak.
  6. Terdapat kekeliruan konfigurasi yang membikin file cache menumpuk.
  7. Aplikasinya tidak kompatibel di versi android maupun iOS. Jadi aplikasi dapat berjalan dengan tidak normal.
  8. Terdapat hardware yang tidak kompatibel yang dapat memunculkan permasalahan.
  9. Jaringan dunia maya terputus secara tiba-tiba. Jadi aplikasi yang membutuhkan dunia maya untuk berjalan dapat otomatis keluar sendiri.
  10. Terdapat kekeliruan ketika menjalankan program di sistem kernelnya.
  11. Terdapat kekeliruan konfigurasi yang membuat file cache menumpuk.

Keadaan aplikasi yang mendadak keluar sendiri saat sedang dibuka (force close), tidak dipungkiri kerap menghantui para pengguna smartphone android.

Keluarnya aplikasi tersebut umumnya dibarengi dengan munculnya pesan error “sayangnya, aplikasi sudah behenti” atau “Unfortunately, App Has Stoped”.

Penyebab umumnya sendiri yaitu dikala RAM dan file cache terlalu penuh, tetapi bisa juga karena aplikasi yang sudah kadaluarsa atau pun cara operasi yang tidak menyokong.

Berikut ini cara mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri di android, yuk simak!

1. Hapus Cache Aplikasi

File cache yang dibolehkan terlalu lama akan menumpuk dan dapat membuat performa smartphone kalian menjadi lemot, sehingga bisa membuat aplikasi keluar secara tiba-tiba. Untuk itu, dianjurkan untuk menghapus file cache secara terprogram .

Kalian bisa menjalankannya secara manual atau memakai aplikasi pembersih di Google Playstore, Berikut ini cara menghapus file cache pada handphone kamu :

  1. Masuk ke penguasaan HP android
  2. Lalu klik kelola aplikasi
  3. Setelah timbul tampilan daftar aplikasi, pilih aplikasi yang berkeinginan dibersihkan cache-nya
  4. Pilih Clear Cache / Hapus Cache

BACA JUGA: Penasaran Gimana Cara Melihat Orang Yang Stalking Fb Tanpa Aplikasi?

2. Hapus Data Aplikasi

Selain file cache yang penuh, file data aplikasi yang terlampau penuh juga membuat aplikasi tak berjalan secara normal. Kalian bisa segera menghapus data aplikasi dengan cara mirip menghapus file cache.

Namun perlu dikenal bahwa dengan menghapus data, karenanya data aplikasi yang ada di smartphone kalian tersebut akan hilang dan kembali seperti semula. Berikut ini cara hapus data aplikasi android :

  1. Masuk ke Penguasaan HP Android
  2. Lalu klik kelola aplikasi
  3. Setelah timbul tampilan daftar aplikasi, pilih aplikasi yang berkeinginan dibersihkan cache-nya
  4. Pilih Clea Data / Hapus Data

3. Update aplikasi

Apabila sesudah kalian mencoba kedua cara di atas tetapi tetap gagal, karenanya kalian dapat coba mengupdate aplikasi yang sering keluar tiba-tiba tersebut. Karena dapat saja versi aplikasi tersebut sudah lama ketinggalan dan perlu di update ke versi terupdate.

Kalian dapat menjalankan update segera melalui Google Play Store supaya terjamin keamanannya.

BACA JUGA : Cara membuka WhatsApp di laptop atau PC tanpa aplikasi

4. Instal Ulang

Jika belum berhasil, instal ulang aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi yang baru dari Google Play Store.

Untuk cara uninstall aplikasinya sangatlah mudah, berikut yaitu panduannya:

  1. Buka menu Penguasaan
  2. Pilih menu kelola aplikasi
  3. Cari aplikasi yang akan di-uninstall
  4. Pilih Uninstall

5. Restart Android

Belum juga berhasil mengatasi aplikasi android yang tiba-tiba keluar sendiri? Kalian bisa mencoba cara klasik, yaitu dengan menjalankan restart pada smartphone android atau mematikannya selama 5-10 menit kemudian menghidupkannya kembali.

BACA JUGA : Cara Berbagi Aplikasi Lewat Bluetooth, Mudah dan Praktis…

6. Upgrade OS

Pada saat ini aplikasi sudah banyak sekali yang diperbarui menyesuaikan cara operasi terupdate, tetapi smartphone kamu masih memakai OS Android KitKat 4.4 atau pun di bawahnya?

Apabila tersebut tentunya dapat mengakibatkan aplikasi tidak kompatibel dengan cara operasi android yang kamu gunakan. Salah satu solusinya yaitu mengupgrade cara operasi android kamu, demikian ini caranya:

  1. Buka menu settings
  2. Cari about unduh
  3. Pilih check system update
  4. Apabila tersedia upgrade, pilih menyelesaikan
  5. Tunggu hingga proses download upgrade selesai
  6. Setelah selesai, timbul tombol konfirmasi untuk proses re-boot, pilih restart.

7. Factory Reset

Cara ini yaitu cara paling cocok jika semua cara sudah kalian lakukan dan tetap gagal mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri secara tiba-tiba.

Untuk menjalankan back up data khususnya dahulu, karena setelah dilakukan factory reset berarti segala data di smartphone juga akan hilang seperti layaknya smartphone baru. Berikut ini cara untuk menjalankan factory reset.

  1.  Masuk ke menu Penguasaan
  2. Klik Back-Up & Reset
  3. Pilih Factory Data Reset dan Reset Unduh (atau All files on the phone)
  4. Tunggu hingga selesai dan ponselmu pun sudah kembali baru.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk anda semua, Semoga berhasil.