Pengertian media pembelajaran menurut para ahli serta fungsi & jenisnya

Pengertian Media Pembelajaran
Pengertian media pembelajaran
image radiopoder.com

Pengertian media pembelajaran menurut para ahli serta fungsi dan jenis-jenisnya yang diulas secara lengkap dalam sebuah artikel.

Bagi anda yang berkecimpung di dunia pendidikan pasti sudah tidak asing lagi dengan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sangat penting sekali untuk menunjang proses belajar mengajar. 

Jadi bisa dikatakan media pembelajaran merupakan sesuatu yang tidak bisa terpisahkan dari proses belajar mengajar itu sendiri. Dengan menggunakan media maka proses belajar mengajar diharapkan mampu menciptakan sebuah pengalaman yang lebih baik bagi siswa.

Terciptanya media pembelajaran sebenarnya merupakan sebuah sistem kreatif yang dirancang khusus untuk mempermudah sekaligus mempercepat proses pembelajaran. 

Lantas tahukah anda apa definisi dari media pembelajaran tersebut?. 

Pengertian media pembelajaran

Untuk mengetahui definisi dari media pembelajaran ada baiknya anda tahu terlebih dahulu mengenai apa itu media. Menurut pengertiannya media berasal dari bahasa latin yang merupakan jamak dari medium yang memiliki arti perantara.

Pengertian media

Sedangkan menurut kamus besar bahasa indonesia media merupakan sebuah pengantar atau perantara termasuk juga bisa diartikan sebagai penghubung untuk berkomunikasi antara sesuatu dengan sesuatu lainnya. Ada banyak contoh media yang saat ini bisa kita temukan seperti majalah, televisi, radio atau website.

Menurut santosa s. Hamijaya media adalah segala sesuatu yang bisa menyalurkan pesan melalui penangkapan indra entah itu pendengaran, penglihatan, atau peraba dalam proses komunikasi.

Sedangkan menurut syaiful bahri djamarah media merupakan sebuah alat atau sesuatu yang bisa membantu dalam memberikan pesan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. 

Pengertian pembelajaran

Pembelajaran merupakan sebuah sistem atau proses yang bertujuan untuk mendidik serta membantu manusia dalam mempelajari sesuatu. Pembelajaran ini juga bisa berbentuk sebuah peristiwa tertentu yang disusun untuk mempengaruhi serta mendukung terjadinya proses manusia dalam belajar.

Sebuah proses pembelajaran yang baik sebaiknya harus bisa membuat anak benar-benar memahami mengenai materi yang disampaikan bukan hanya sekedar menghafal. Inilah salah satu yang menjadikan pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran.

Karena dengan adanya media maka siswa diharapkan bisa lebih memahami materi yang disampaikan dengan memanfaatkan teknologi atau peralatan yang bisa membantu memperjelas materi. 

Pengertian media pembelajaran menurut para ahli

Berikut kami rangkum beberapa pengertian media pembelajaran menurut para ahli:

Secara istilah media pembelajaran adalah sebuah alat yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran ini sangat penting sekali untuk mempermudah sekaligus membuat proses belajar mengajar lebih efisien dan interaktif. Sedangkan menurut para ahli media pembelajaran adalah:

Media pembelajaran menurut miarso adalah “sebuah media pembelajaran adalah segala sesuatu yang bisa digunakan atau dimanfaatkan dalam menyalurkan sebuah pesan dan bisa merangsang perasaan, pikiran, perhatian, serta kemauan si pelajar sehingga akan mendorong terjadinya sebuah proses belajar”.

Sedangkan media pembelajaran menurut ali (1992) adalah “media merupakan berbagai macam jenis komponen yang ada di dalam sebuah  lingkungan siswa yang bisa memberikan rangsangan bagi mereka untuk belajar”.

Pengertian media pembelajaran menurut gagne (1990) adalah “sebuah kondisi yang berbasis media (termasuk alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan) meliputi jenis penyajian yang disampaikan kepada para siswa atau sasaran pembelajaran dengan pengurutan, penjadwalan serta pengorganisasian.

Sedangkan menurut arif S. Sadirman (1984) media pembelajaran adalah “media merupakan segala sesuatu yang berupa alat fisik, dimana alat tersebut mampu menyajikan atau memberikan pesan sekaligus merangsang para pembelajar untuk belajar seperti buku, video dan kaset. 

Pengertian media pembelajaran menurut heinich, molenida, dan russel (1993) adalah “sebuah teknologi atau media yang difungsikan sebagai penerapan ilmiah dalam proses belajar pada manusia (siswa) dalam sebuah tugas praktis belajar mengajar.

Pengertian multimedia pembelajaran

Pengertian multimedia pembelajaran
Pengertian multimedia pembelajaran

Sebenarnya multimedia pembelajaran hampir sama dengan media pembelajaran itu sendiri. Sesuai namanya pengertian multimedia pembelajaran adalah sebuah media yang bisa memberikan banyak fungsi untuk proses pembelajaran. Secara istilah multimedia pembelajaran merupakan sebuah gabungan atau penyatuan dari beberapa media yang difungsikan sebagai alat atau sarana untuk proses belajar mengajar.

Salah satu contoh penggunaan multimedia pembelajaran adalah website. Di mana di dalam website menggabungkan beberapa media berupa suara, teks, gambar, serta animasi menjadi satu yang ditujukan untuk proses belajar mengajar.

Jadi kesimpulannya adalah multimedia pembelajaran sebenarnya adalah bagian dari media pembelajaran itu sendiri hanya saja multimedia bersifat lebih kompleks. 

Manfaat dan fungsi media pembelajaran

Tentunya sebuah media digunakan untuk mempermudah proses belajar mengajar. Dengan adanya media diharapkan proses belajar mengajar bisa lebih cepat dan efisien. Berikut beberapa kegunaan atau fungsi media pembelajaran:

  • Dengan adanya media pembelajaran diharapkan guru bisa lebih mudah dalam menyampaikan materi kepada siswa.
  • Dengan adanya media pembelajaran membuat guru juga lebih produktif
  • Media pembelajaran juga akan membuat para guru akan lebih kreatif.
  • Membuat proses belajar mengajar lebih efisien dan tertata dengan rapi.
  • Media pembelajaran dapat menjelaskan sesuatu yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Contohnya saja penggunaan peta sebagai media pembelajaran untuk menjelaskan letak geografis suatu wilayah.
  • Media pembelajaran khususnya penggunaan multimedia akan lebih mempermudah dalam proses pendeskripsian sesuatu. Hal ini tentu akan membuat proses belajar mengajar lebih mudah interaktif dan juga efisien waktu.
  • Media pembelajaran juga akan membuat pemahaman siswa menjadi lebih baik, lantaran yang dirangsang bukan hanya pendengaran melainkan juga visual dari apa yang mereka lihat dari sebuah video atau animasi.

Contoh media pembelajaran

Media pembelajaran memiliki beberapa jenis diantara contoh dari media pembelajaran yang sering digunakan adalah:

Media pembelajaran teks

Media pembelajaran jenis ini merupakan salah satu jenis media paling klasik dan banyak digunakan. Penggunaan media teks secara umum sangat diperlukan meskipun terkadang sudah mulai digantikan oleh penggunaan multimedia.

Media pembelajaran audio

Sesuai namanya media pembelajaran audio lebih menekankan pada proses rangsangan indra pendengaran. Beberapa contoh media pembelajaran audio adalah tape recorder, radio, atau penggunaan lab bahasa.

Media pembelajaran visual

Media pembelajaran visual lebih menekankan pada rangsangan indra penglihatan. Contoh media pembelajaran visual yang paling sering digunakan adalah grafik, peta, bagan dan juga diagram.

Media pembelajaran audio visual

Media pembelajaran audio visual menggabungkan antara penggunaan audio serta visual untuk digunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar. Salah satu contoh media pembelajaran audio visual adalah penggunaan video.

Media pembelajaran manusia

Jika anda berpikir jika media pembelajaran hanya berupa alat atau benda mati maka anda salah. Karena guru atau seorang pengajar juga bisa dikatakan sebagai sebuah media pembelajaran. Karena secara istilah media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesan atau rangsangan kepada siswa untuk proses pembelajaran. 

Nah demikian tadi ulasan mengenai pengertian media pembelajaran menurut para ahli serta beberapa jenis media pembelajaran yang mungkin belum anda ketahui. Semoga artikel diatas bisa membantu anda lebih memahami apa saja fungsi serta contoh dari media pembelajaran.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →