Pengertian Teks Ulasan, Contoh, serta Strukturnya

pengertian teks ulasan
pengertian teks ulasan
Pengertian teks ulasan

Pengertian Teks Ulasan, Contoh, serta Strukturnya yang mungkin belum anda ketahui. Teks ulasan merupakan salah satu materi yang ada dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA dengan kurikulum 2013. Pada umumnya, guru akan menayangkan sebuah film pendek untuk mendukung materi ini. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan teks ulasan itu? Bagaimana strukturnya dan apa saja contohnya? Berikut ini uraian lebih lengkapnya.

 

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah sebuah teks yang mengulas suatu karya sastra, baik drama maupun film. Tujuan utama diberikannya teks ulasan ini adalah memberikan pandangan penulis terhadap sebuah drama atau film agar lebih maju lagi. Untuk itulah, sikap kritis harus Anda miliki saat menghadapi sebuah karya sastra yang ingin diulas. Dengan begitu, segala hal yang terdapat pada drama atau film tersebut, baik tersirat maupun tersurat, dapat dinilai secara lebih mendalam.

 

Ciri-ciri Teks Ulasan

Setelah kita mengetahui mengenai pengertian teks ulasan mari kita belajar mengenai ciri-ciri dari teks ulasan tersebut. Teks ulasan sangat berbeda dengan teks cerita sejarah. Berikut ini ciri-ciri teks ulasan:

  1. Mempunyai struktur tertentu.
  2. Berisi opini penulis terhadap karya yang diulas.
  3. Opini tersebut didasarkan pada fakta yang ada, kemudian diinterpretasikan.
  4. Teks ulasan juga sering disebut resensi.

 

Struktur Teks Ulasan

Membuat teks ulasan tidak boleh asal menulis. Ada struktur tertentu yang harus Anda patuhi, sehingga apa yang Anda sampaikan dapat mengena di hati pembaca. Apa yang dimaksud dengan struktur teks ulasan itu? Struktur ulasan adalah bagian-bagian teks yang harus ada hingga teks ulasan tersebut terbentuk secara utuh. Berikut ini beberapa struktur dari teks ulasan:

1. Orientasi

Bagian ini akan menyajikan sebuah gambaran umum dari sebuah drama atau film yang akan diulas. Dengan adanya orientasi ini, diharapkan pembaca mempunyai gambaran latar belakang dari apa yang akan diulas.

2. Tafsiran

Bagian ini merupakan gambaran dari isi drama atau film secara lebih mendetail, mulai dari keunikannya, keunggulannya, sisi lain yang bisa digali, maupun kualitasnya secara keseluruhan. Pada bagian ini, pembaca diajak untuk lebih mengkaji secara mendalam dari drama maupun film yang sedang dibahas tersebut.

3. Evaluasi

Setelah diberikan tafsiran secukupnya, selanjutnya berikan evaluasi terhadap karya tersebut. Berbagai sudut pandang perlu Anda ungkapkan pada bagian ini. Baik kelebihan maupun kekurangannya juga perlu Anda tuliskan.

4. Rangkuman

Bagian ini berisi kesimpulan dari apa yang sudah Anda bahas sebelumnya mengenai karya tersebut. Di bagian inilah Anda akan menilai apakah karya tersebut berkualitas atau tidak berdasarkan analisis yang Anda kemukakan baik pada tafsiran maupun evaluasi.

 

Contoh Teks Ulasan

Untuk lebih jelasnya mengenai teks ulasan sekaligus strukuturnya, berikut diberikan contoh teks ulasan dari sebuah karya film. Kali ini, film yang akan diulas berjudul “Di Balik ‘98”.

1. Orientasi

Pada film yang diproduksi MNC Pictures ini, kita akan diingatkan kembali pada tragedi Mei 1998, di mana kerusuhan terjadi di mana-mana. Panasnya suhu politik saat itu ternyata tidak hanya berdampak pada runtuhnya Orde Baru, sekaligus turunnya tahta kepresidenan Soeharto, namun juga kondisi sebuah keluarga yang ada di lingkungan pemerintahan. Banyak sekali nilai kemanusiaan yang bisa dipetik dari film ini.

2. Tafsiran

Sebuah keluarga dengan berbagai latar belakang menjadi fokus dari film ini. Diana yang diperankan Chelsea Islan merupakan seorang mahasiswi Trisakti yang sangat getol menjadi anggota demonstran. Kondisi politik dan kebijakan pemerintah yang saat itu dirasa sangat menyudutkan rakyat, membuat Diana semakin semangat untuk menentang pemerintahan dengan berbagai demonstrasi. Dia sangat tahu bahwa pilihannya tersebut tidak menguntungkan baginya. Sebab, saat ini ia tinggal bersama kakaknya, Salma yang diperankan Ririn Ekawati, yang merupakan pegawai Istana Negara. Begitu juga suami Salma, Bagus yang diperankan Donny Alamsyah, yang menjadi Angkatan Darat dengan pangkat Letnan Dua. Namun, kondisi tidak menguntungkan itu tidak menjadi penghalang bagi Diana untuk terus melakukan demonstrasi, hingga akhirnya terjadilah penembakan atas empat orang mahasiswa Trisakti dalam sebuah kerusuhan pada tanggal 13 hingga 14 Mei.

Peristiwa ini tidak hanya membuat Diana menjadi marah, namun juga Bagus. Bagus sangat marah karena istrinya yang sedang hamil tua pergi mencari Diana yang beberapa hari tidak pulang. Sementara, Bagus tidak bisa berbuat apa-apa karena harus mengamankan beberapa titik di Jakarta.

Keadaan semakin kacau saat pacar Diana, Daniel yang diperankan Boy William, dan merupakan keturunan Tionghoa terjebak sweeping. Belum lagi ayah dan adik Diana yang hilang akibat kerusuhan tersebut.

3. Evaluasi

Meskipun dibalut kondisi perpolitikan yang panas kala itu, sebenarnya film ini bukan film politik. Film yang dirilis pada tahun 2015 ini lebih mengangkat tema drama keluarga, percintaan, dan sosial. Sang sutradara sangat pandai dalam mengemas film ini hingga menghadirkan cerita yang sangat menyentuh hati. Hal ini semakin dikuatkan dengan akting para pemain yang cukup mumpuni. Masing-masing pemain mendalami karakter dari tokoh yang diperankannya dengan sangat baik.

4. Rangkuman

Film ini bukan hanya menarik dalam hal alur ceritanya. Bagi Anda yang tidak mengalami langsung peristiwa di tahun ’98 itu akan mendapatkan gambaran nyata kondisi saat itu. Dengan kata lain, film ini sangat direkomendasikan bagi Anda.

Demikian tadi info yang bisa kami sajikan seputar Pengertian Teks Ulasan, Contoh, serta Strukturnya. semoga bermanfaat.