Pengertian dan arti kata Abstrak serta contohnya dalam kalimat

arti kata Abstrak
arti kata Abstrak
arti kata Abstrak

Pengertian dan arti kata Abstrak serta contohnya dalam kalimat. Dalam kalimat bahasa Indonesia, ada kata yang bersifat abstrak dan ada yang konkret. Kedua sifat ini saling bertolak belakang dalam hal maknanya. Berikut ini pengertian dari abstrak, konkret, sekaligus contohnya dalam kalimat.

 

Pengertian Abstrak

Arti kata abstrak sebenarnya mempunyai sifat tidak nyata. Dibutuhkan sebuah rujukan konsep yang jelas sebelumnya. Pendalaman pemahaman juga perlu dilakukan agar dapat mengartikan kata tersebut. Dengan kata lain, kata tersebut tidak bisa langsung dirasakan oleh pancaindra. Kesepakatan pengertian dari kata tersebut harus dilakukan.

 

Pengertian Kata Konkret

Kata konkret merupakan kebalikan dari kata abstrak, yaitu kata yang mempunyai sifat nyata. Tanpa harus melakukan pemahaman lebih mendalam, orang sudah bisa mengerti maksud dari kata tersebut. Sebab, ciri dari kata konkret adalah segala hal yang dapat dirasakan oleh pancaindra, seperti dilihat, diraba, dicium, dan didengar.

 

Contoh Kata Abstrak dan Konkret 

Untuk lebih memahami pemahaman, berikut ini beberapa contoh kata “abstrak” dan “konkret” dalam kalimat:

1. Contoh kata-kata abstrak dalam kalimat dan maknanya:

  • Pak Andre termasuk orang kaya di daerahnya (Kaya mempunyai makna orang yang mempunyai harta berlebih).
  • Berderma kepada orang miskin merupakan perbuatan yang terpuji. (Miskin mempunyai makna orang yang tidak mempunyai harta sama sekali).
  • Pameran kerajinan tangan sangat digemari masyarakat Indonesia. (Kerajinan mempunyai makna sesuatu yang diciptakan berdasarkan kreativitas seseorang).
  • Dia mempunyai bakat musik yang sudah terpendam sejak kecil. (Bakat mempunyai makna suatu kemampuan khusus dalam diri seseorang).
  • Kejahatan ini sudah tidak bisa dimaafkan lagi. (Kejahatan mempunyai makna suatu tindakan yang tidak menyenangkan, bahkan mencelakai orang lain).

2. Contoh kata-kata konkret dalam kalimat dan maknanya:

  • Rumahnya terendam banjir selama dua hari. (Rumah adalah tempat tinggal seseorang).
  • Mobil keluaran terbaru itu ternyata sangat diminati masyarakat. (Mobil adalah salah satu transportasi roda empat).
  • Ia mempunyai berhekta-hektar sawah. (Sawah adalah area tanah yang biasa digunakan untuk menanam padi).
  • Akhirnya kesepakatan tercapai setelah dilakukan perundingan dalam waktu lama. (Perundingan merupakan kata konkret yang berarti kegiatan negosiasi yang dilakukan beberapa orang).

Demikian tadi pengertian dan arti kata Abstrak serta contohnya dalam kalimat. Semoga bisa menambah pengetahuan anda.