Menanam Kangkung Di Air

Posted on

Kangkung adalah salah satu sayuran yang sangat populer di Asia. Selain memiliki rasa yang lezat, kangkung juga sangat mudah diolah dan bisa dimakan dalam berbagai bentuk. Namun, tahukah kamu bahwa kangkung juga bisa ditanam di media air? Berikut adalah 35+ cara menanam kangkung media air yang perlu kamu ketahui!

1. Persiapan Benih

Sebelum menanam kangkung, pastikan kamu sudah mempersiapkan benih dengan benar. Cuci benih kangkung dengan air bersih dan biarkan hingga kering. Setelah itu, rendam benih kangkung dalam air selama 24 jam sebelum ditanam di media air.

kangkung

2. Persiapan Bak Penanaman

Untuk menanam kangkung di media air, kamu membutuhkan bak penanaman yang cukup besar. Jangan lupa untuk membersihkan dan sterilkan bak penanaman sebelum digunakan. Isi bak penanaman dengan air bersih yang sudah didiamkan selama minimal 24 jam sebelum menanam kangkung.

3. Penempatan Bibit Kangkung

Setelah semua persiapan sudah selesai, saatnya menempatkan bibit kangkung di dalam bak penanaman. Letakkan bibit kangkung pada jarak yang cukup jauh satu sama lain dan ruas batang bibit tersebut harus terendam dalam air minimal 2 cm.

4. Perlakuan Air

Agar kangkung tumbuh dengan baik di media air, perhatikan kualitas air. Pastikan air selalu dalam kondisi bersih dan jernih, serta cukup terpapar sinar matahari. Setiap 2-3 hari, kamu bisa menukar air pada bak penanaman kangkung. Kamu juga bisa menambahkan nutrisi pada air agar kangkung tumbuh lebih cepat.

5. Pemeliharaan Kangkung

Untuk memelihara kangkung di media air, pastikan kamu selalu menjaga kualitas air. Jangan biarkan air menjadi keruh atau tercemar karena bisa mempengaruhi pertumbuhan kangkung. Selain itu, pastikan kangkung mendapatkan nutrisi yang cukup dengan memberikannya pupuk secara berkala. Pemangkasan daun yang sudah tua juga perlu dilakukan agar kangkung tumbuh lebih subur.

Baca juga  Pesan Cerita Timun Mas

Itulah beberapa cara menanam kangkung di media air yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *