10 Manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan

manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan
manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan
Ilustrasi manfaat tidur siangĀ 

Manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan yang menakjubkan dan jarang diketahui orang. Tidur merupakan aktivitas mengistirahatkan seluruh anggota badan termasuk mata, otak, dan Indra lainnya. Kita setidaknya dianjurkan untuk mendapatkan waktu tidur selama 7 jam perhari di mana 7 jam tersebut bisa dilakukan pada siang dan malam hari. Selain tidur malam, salah satu waktu tidur yang ternyata cukup baik untuk kesehatan adalah tidur siang. Memang tidak semua dari kita bisa mendapatkan waktu tidur siang karena kesibukan.

Akan tetapi bagi Anda yang memiliki waktu luang tersebut sebaiknya tidak menyia-nyiakannya meskipun hanya setengah jam. Karena ternyata ada banyak manfaat tidur siang untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja manfaat tidur siang untuk kesehatan mari simak ulasannya berikut ini:

1. Meningkatkan konsentrasi

Mengistirahatkan tubuh terutama tidur siang ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan konsentrasi. Saat otak kita merasa capek maka kemampuannya dalam berpikir dan konsentrasi akan menurun. Setelah melakukan istirahat seperti tidur siang otak akan kembali fresh dan lebih fokus. Manfaat tidur siang untuk kesehatan ini bisa anda dapat jika anda meluangkan waktu setidaknya setengah jam perhari untuk tidur.

2. Mencegah penuaan dini

Ternyata meluangkan waktu tidur di siang hari bukan hanya baik untuk meningkatkan konsentrasi, akan tetapi juga membantu dalam mencegah penuaan dini. Penuaan dini ditandai dengan munculnya garis-garis halus atau keriput di wajah. Selain gejala tersebut kurang elastisitasnya kulit juga menjadi salah satu hal yang menjadi tanda-tanda penuaan. Manfaat tidur siang untuk mencegah penuaan dini ini dapat dari efek relaksasi yang diberikan oleh tidur siang setelah lelah beraktivitas. Untuk itu sebaiknya anda tidak melupakan waktu tidur siang meskipun hanya sebentar.

3. Meremajakan kulit

Memiliki kulit yang sehat dan indah merupakan dambaan setiap wanita, bahkan banyak di antara wanita yang mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan kulit cantik tersebut. Padahal sebenarnya ada cara yang cukup simpel untuk membantu mendapatkan kulit sehat alami yaitu dengan tidur siang. Salah satu manfaat tidur siang untuk kesehatan ini didapat karena saat istirahat sel-sel tubuh kita akan melakukan regenarasi termasuk kulit. Dan saat kita melakukan tidur siang maka kita akan memberikan waktu tambahan bagi tubuh untuk melakukan regenarasi tersebut.

4. Menyeimbangkan hormon

Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh kita ada berbagai macam hormon, dimana ketidakseimbangan hormon tersebut dapat menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan seperti jerawat. Oleh sebab itu sangat penting sekali bagi anda untuk menjaga keseimbangan hormon. Untungnya salah satu manfaat tidur siang untuk kesehatan adalah membantu hormon agar tetap seimbang. Sehingga berbagai macam masalah kesehatan seperti jerawat dan masalah yang ditimbulkan oleh ketidakseimbangan hormon lainnya bisa diminimalisir.

5. Mencegah stres

Di era modern ini dimana aktivitas dan mobilitas seseorang menjadi semakin padat akan memungkinkan seseorang mengalami stres. Hal ini diperparah dengan gaya hidup yang kurang sehat seperti kurangnya waktu berolahraga dan mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan. Ternyata stres bisa dicegah dengan melakukan aktivitas sederhana yaitu tidur siang. Dengan tidur siang anda akan memberikan waktu kepada tubuh dan otak untuk beristirahat setelah lelah bekerja. Meluangkan waktu tidur siang setidaknya 30 sampai 45 menit per hari akan membantu tubuh dan otak anda pulih sehingga bisa mencegah stres.

6. Meningkatkan produktivitas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang ternyata dapat meningkatkan produktivitas seseorang dalam melakukan pekerjaan. Hal ini dikarenakan dengan mengistirahatkan tubuh maka berbagai macam organ akan bisa berfungsi dengan baik termasuk otak yang digunakan untuk berpikir dan pemecahan masalah. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada produktivitas seseorang.

Maka dari itu bagi Anda yang saat ini menjabat sebagai pimpinan atau atasan di sebuah perusahaan, sebaiknya berikan waktu luang bagi karyawan untuk melakukan istirahat atau tidur siang setidaknya setengah jam terutama bagi mereka yang mengharuskan banyak menghabiskan waktu dengan berpikir.

7. Meningkatkan energi tubuh

Bagi Anda yang memiliki aktivitas berat seperti kuli bangunan atau sejenisnya maka sangat dianjurkan untuk melakukan tidur siang meskipun hanya sebentar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan energi tubuh yang berkurang saat melakukan aktivitas berat tersebut. Meskipun tidur siang memiliki banyak manfaat tetapi sebaiknya anda tidak berlebihan dan batasi hanya sekitar 1 jam per hari saja, karena kelebihan tidur terutama di siang hari akan menyebabkan kita menjadi malas.

8. Meminimalisir efek buruk insomnia

Insomnia atau susah tidur merupakan salah satu masalah yang cukup menyiksa. Selain sangat mengganggu, insomnia atau susah tidur juga dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan karena kurangnya waktu istirahat bagi tubuh. Hal ini bisa diminimalisir dengan melakukan tidur siang. Selain membantu meringankan insomnia Anda tidur siang juga akan meminimalisir efek buruk yang ditimbulkan dari insomnia tersebut. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 lalu menemukan bahwa meluangkan waktu tidur di siang hari dapat memberikan kebugaran yang lebih pada mereka yang mengalami insomnia.

9. Meningkatkan fungsi kognitif

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 lalu yang diterbitkan dalam Journal Of Sport Science menemukan bahwa melakukan tidur siang yang cukup (tidak berlebihan) dapat meningkatkan kinerja mental dan fisik seseorang. Manfaat tidur siang untuk kesehatan ini tentunya mempertegas bahwa meluangkan waktu istirahat di siang hari akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental anda.

10. Memperbaiki mood

Manfaat tidur siang yang terakhir adalah memperbaiki mood. Siapa menyangka jika tidur siang ternyata dapat memperbaiki mood seseorang. Hal ini mungkin disebabkan saat seseorang mendapatkan waktu tidur yang cukup akan membuat otak menjadi fresh dan mencegah stres. Stres dapat merusak mood seseorang.