Manfaat Lemon Infused Water Untuk Kesehatan Dan Diet, Check It!

manfaat infused water lemon

Manfaat lemon infused water- Jika kamu adalah termasuk salah satu  orang yang aktif beraktifitas saat di luar maupun di dalam rumah, pasti sering kan merasa lelah dan juga membutuhkan asupan yang cukup bergizi untuk mengimbangi rutinitasmu yang padat. Salah satu solusinya ialah kamu bisa saja mengonsumsi minuman sehat yang berupa infused water yang menggunakan bahan dasar lemon agar kamu kembali bertenaga. Sudah tahu apa saja manfaat dari infused water lemon? Simak yuk daftar manfaatnya berikut ini.

Apa itu Infused Water?

Infused water adalah air putih biasa yang sudah dicampur dengan beberapa potongan buah ataupun herbal. Kamu juga tentunya bisa memakai buah apa saja yang sesuai dengan seleramu masing-masing.

Akan tetapi, penting untuk diperhatikan yaitu hindari penggunaan buah yang tekstur dagingnya mudah hancur ketika direndam dalam air seperti contohnya pisang, alpukat, mangga, semangka, atau pepaya. Jenis buah yang cocok untuk dijadikan infused water antara lain yaitu pir, anggur, mentimun, kiwi, apel, jeruk, melon, bluberry, stroberi, dan lemon.

Manfaat Lemon Infused Water

manfaat infused water lemon

Bagi kamu sebagai penggemar minuman yang segar namun sedang dilema untuk memilih antara minuman segar dan juga membatasi konsumsi gula dan minuman bersoda, maka kamu tak perlu bingung lagi. Pasalnya, kamu tetap bisa meminum minuman segar yang banyak akan manfaatnya, yakni dengan minuman infused water lemon.

Infused water lemon juga dikenal sebagai air yang berfungsi untuk detoks alami yang kaya akan manfaat. Tidak hanya rasanya yang memang enak dan tentunya juga menyegarkan. Infused water lemon juga merupakan kombinasi yang cukup hebat untuk membantumu menurunkan berat badan.

Baja juga: Manfaat Air Lemon Hangat Saat Dikonsumsi Di Pagi Hari, Yuk Simak!

Infused water lemon mengandung nol kalori jadi sangat layak jika dijadikan sebagai minumanmu sehari-hari. Semakin banyak kamu menambahkan bahan ke dalam infused water lemonmu, maka akan semakin banyak pula manfaatnya.

Berikut adalah manfaat infused lemon water  bagi tubuh, antara lain:

1. Membantu Proses Pencernaan

manfaat infused water lemon

Salah satu manfaat lemon infused water yaitu dapat memberikan asupan cairan yang cukup, sehingga dapat membantu proses pencernaan menjadi mudah dan tentunya lancar. Jika kamu mengalami masalah pencernaan, maka tidak ada salahnya untuk mulai memilih minuman ini sebagai alternatif pengobatan alami jika dibandingkan dengan obat-obatan di apotek.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat infused water lemon

Infused water lemon adalah pilihan yang sempurna untuk membantumu menurunkan berat badan. Sebab tidak hanya rasanya yang enak dan tentunya segar, tapi juga dapat membantu menurunkan berat badanmu dengan menggunakan bahan alami yang menyegarkan.

Ketika keinginanmu untuk makan muncul, segera minum infused water lemon. Hal ini yang akan membuat rasa ingin makan lagi akan segera hilang. Waktu yang tepat untuk meminum infused water lemon adalah saat pagi hari dan sesaat ketika sebelum tidur agar proses penurunan berat badan menjadi lebih efektif.

Tidak hanya memberikan manfaat yang bersumber  dari dalam. Infused water lemon juga dapat digunakan di area luar tubuh seperti wajah misalnya atau area kulit lainnya. Caranya adalah dengan mengoleskannya langsung ke kulit atau bekas luka yang ada di tubuhmu.

3. Membantu Detoksifikasi (Menghilangkan Racun)

manfaat infused water lemon

Manfaat infused water lemon lainnya adalah dapat membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun yang cukup berbahaya dari dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini akan membantu kinerja hati (liver), ginjal dan juga sistem pencernaan lainya dalam membuang kotoran. Kandungan asam sitrat yang ada didalam lemon juga dapat berfungsi untuk membantu memaksimalkan enzim yang dapat menstimulasi atau merangsang kerja hati.

4. Sumber yang Kaya Vitamin C

Lemon juga  merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Selain baik untuk bagian yang ada didalam tubuh, jenis vitamin ini juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulitmu.

Tidak hanya untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuhmu, infused water lemon juga dapat berfungsi untuk merangsang produksi kolagen dalam jumlah yang banyak . Collagen sendiri adalah protein penting yang ada dalam tubuh manusia. Kolagen sendiri juga sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tulang, gigi dan bahkan pembuluh darah. Vitamin C juga tentunya baik untuk orang-orang yang mempunyai kadar zat besi rendah karena dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah.

5. Mengatur Kadar pH dalam Darah

Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa setiap sel tubuh kita didominasi terdiri dari air sehingga menjaga kadar ph memang sangatlah penting. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat membantu mempertahankan pH dalam jumlah yang ideal. Oleh karena itu, ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya penambahan berat badan, penyakit jantung, dan juga penyakit yang berhubungan dengan masalah jantung lainnya.

6. Meningkatkan Energi

manfaat infused water lemon

Minuman sehat yang satu ini juga dapat digunakan mendongkrak energimu, terlebih setelah kamu lelah beraktivitas. Bila kamu termasuk salah satu orang yang cepat merasa lelah ataupun selalu merasa lemas seharian. Coba yuk untuk minum infused water yang berbahan dasar lemon ini yang fugsinya yaitu mengambalikan energi dan juga dapat memperbaiki mood mu. Infused water yang berbahan dasar stroberi juga dapat kamu jadikan alternatif lainnya kalau menginginkan manfaat yang hampir sama.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Asam sitrat yang terkandung didalam buah lemon dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Ginjal memaglah sangat penting untuk mengatur jumlah cairan yang ada didalam tubuh agar tetap stabil, mengatur tekanan darah, dan juga mengeluarkan kotoran yang ada di tubuh.

Jika kamu mempunyai batu ginjal, ginjal tidak dapat berfungsi dengan sempurna. Batu ginjal biasanya terbentuk dikarenakan adanya bekas kotoran dari kalsium oksalat dan juga asam urat yang mengkristal. Asam sitrat yang terkandung didalam buah lemon dapat mencegah kristalisasi ini. Dimana hal ini juga memungkinkan tubuhmu untuk mendetoksifikasi dan bahkan dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

8. Memerangi Kanker

Sebuah studi yang sudah diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition menunjukkan bahwa makanan seperti buah lemon misalnya dapat membantu mengurangi berat badan dan juga dapat menghambat penambahan lemak. Penelitian ini juga difokuskan pada polifenol lemon, sejenis antioksidan yang ada didalam lemon. Selain berfungsi untuk memperlambat penambahan berat badan, peningkatan asupan lemon juga akan memperbaiki pengendalian glukosa dalam darah dan fungsi insulin.

Dalam sebuah studi yang lain diterbitkan dalam Journal of Research in Medical Sciences juga menemukan bahwa ekstrak dari kulit jeruk mampu membantu menurunkan dan mencegah oksidasi LDL alias kolesterol jahat. Kolesterol sendiri termasuk ke dalam radikal bebas yang juga dapat meningkatkan risiko peradangan dan bahkan risiko kanker.