Jumlah pemain rugby, aturan main dan ukuran lapangannya

Jumlah pemain rugby
image by wikimedia.org

Jumlah pemain rugby, aturan main, ukuran lapangan dan bedanya dengan American football yang dibahas secara lengkap.

Rugby merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat populer di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Permainan ini sekilas mirip dengan American football akan tetapi memiliki keamanan yang lebih minim dibandingkan dengan olahraga tersebut.

Permainan rugby awalnya dikenal pada abad ke-19 yang pertama kali dimainkan di Inggris. Peraturan dalam permainan rugby diatur Oleh Internasional Rugby Board yang telah didirikan sejak tahun 1886 lalu.

Seperti halnya olahraga lain pada umumnya, permainan rugby juga membutuhkan dua tim untuk bisa bertanding. Biasanya jumlah pemain rugby dalam satu tim adalah 15 sehingga untuk memainkan olahraga yang satu ini setidaknya dibutuhkan 30 orang.

Secara umum cara kerja permainan rugby hampir mirip dengan American football yaitu membawa bola ke garis pertahanan lawan. Dan seperti biasa tim yang mencetak poin paling banyak akan keluar menjadi pemenang.

Sejarah permainan rugby

Menurut Catatan sejarah permainan rugby diciptakan oleh bangsa Inggris seperti yang diungkapkan oleh Tony Biscombe dan Peter Drewett. Sejarah permainan rugby dimulai saat seorang anak laki-laki yang bernama William Webb mengambil sebuah bola kemudian membawanya berlari hingga ke garis pertahanan lawan. 

Apa yang telah dilakukan William tersebut akhirnya menginspirasi penemuan permainan ini. Seiring berjalannya waktu permainan ini semakin populer di dunia dan banyak diminati khususnya di beberapa negara Amerika dan Eropa. Akan tetapi di Indonesia olahraga rugby masih kurang begitu populer.

Meskipun demikian, tampaknya olahraga ini mulai sedikit dikenal di Indonesia. Dan mulai ada beberapa orang yang memainkan rugby meskipun masih belum begitu banyak. 

Peraturan permainan rugby

Peraturan permainan rugby dibuat oleh IRB atau Internasional Rugby Board. Sedangkan di Indonesia olahraga ini dinaungi di bawah Persatuan Rugby Union Indonesia atau PRUI yang telah didirikan sejak tahun 2004 lalu.

Berikut beberapa aturan baku permainan rugby yang perlu anda ketahui:

Durasi permainan

Permainan rugby secara umum terdiri dari dua babak dimana masing-masing babak berdurasi 40 menit, sehingga total permainan rugby adalah 80 menit. Untuk jeda istirahat dalam olahraga ini diberikan waktu 15 menit.

Jumlah pemain rugby

Dalam satu tim rugby Union biasanya terdiri dari 15 pemain. Untuk aturan pergantian pemain dalam permainan rugby diperbolehkan hingga 8 kali dalam satu kali pertandingan. 

Menurut aturan yang dibuat oleh Internasional Rugby Board Posisi pemain dalam olahraga rugby terbagi menjadi dua yaitu pemain yang ada di depan (penyerang) dan pemain yang ada di belakang (bertahan). 

Ukuran bola rugby

Dalam permainan rugby tentu kita membutuhkan bola, bola yang digunakan memiliki bentuk bulat lonjong atau oval. Bola ini memiliki panjang kurang lebih 280 sampai 300 mm dengan keliling ujung ke ujung sekitar 740 sampai 770 mm, sedangkan lingkar dari lebarnya berkisar antara 580 hingga 620 mm.

Bola dalam permainan rugby biasanya memiliki berat sekitar 410 gram hingga 460 gram dengan tekanan udara antara 65,71 sampai 68,75 kpa. 

Ukuran lapangan rugby

Lapangan rugby memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar antara 68 hingga 70 meter dan panjang 94 sampai 100 m. Di dalam lapangan tersebut terdapat sebuah garis yang menandai zona terjadinya goal yang disebut sebagai goal Line.

Sedangkan di belakang garis gawang terdapat sebuah zona tambahan yang dikenal dengan end zone atau touch in goal line. Untuk gawang yang digunakan dalam permainan rugby yaitu sebuah tiang yang memiliki tinggi kurang lebih 3,4 meter dengan jarak masing-masing tiang sekitar 5,6 meter.

Skorsing dalam permainan rugby

Ada berbagai macam cara untuk memperoleh nilai dalam permainan rugby, hal ini seperti yang dicantumkan dalam aturan resmi olahraga ini. Cara yang berbeda dalam mencetak angka akan memberikan poin berbeda pula. Berikut beberapa rincian skorsing dalam permainan rugby:

Try

Try akan diperoleh sebuah tim saat mereka mampu mendaratkan bola di garis belakang pertahanan lawan. Poin untuk try ini berjumlah 5.

Konversi

Konversi merupakan sebuah cara mencetak angka ketika pemain rugby mampu melewati garis belakang pertahanan lawan dan menendangkan bola ke palang atau gawang dengan jarak yang tidak ditentukan, jadi asalkan pemain mampu melewati goal line dia sudah boleh menendangnya ke arah gawang. Untuk poin yang diperoleh saat pemain berhasil melakukannya adalah 2 angka. Sehingga total poin yang akan diperoleh pemain yang mampu melakukan try sekaligus konversi adalah 7. 

Penalti

Hampir mirip dengan permainan sepak bola pelanggaran berat dalam olahraga rugby juga akan mendapat ganjaran penalti. Biasanya penalti akan diberikan dengan cara membiarkan lawan melakukan tendangan ke arah gawang. Jumlah poin untuk tendangan penalti ini adalah 3.

Drop goal 

Drop goal merupakan sebuah angka yang akan didapat ketika seorang pemain menjatuhkan bola kemudian menendangnya dan menjadi gol. Tendangan bisa dilakukan dengan cara menjatuhkan bola ke tanah. Jumlah angka untuk drop goal adalah 3.

Perbedaan rugby dan American football

Bagi orang awam mungkin akan sedikit sulit membedakan antara permainan rugby dan American football.  Secara umum memang permainan rugby hampir mirip dengan American football akan tetapi ada beberapa perbedaan mendasar diantaranya adalah:

Perbedaan pada bola

Sekilas memang bola yang digunakan dalam permainan rugby dan American football hampir sama. Akan tetapi jika dilihat lebih jeli ada perbedaan di antara keduanya. Permainan American football menggunakan bola berbentuk elips di mana pada bagian ujungnya agak lancip. Sedangkan pada permainan rugby bola yang digunakan bagian ujung sedikit lebih bulat. 

Kostum yang digunakan

Dalam permainan American football seorang pemain harus menggunakan kostum yang lengkap dengan pelindung kepala dan tubuh. Sedangkan dalam permainan rugby pemain hanya mengenakan kostum biasa tanpa pelindung. Sehingga permainan American football secara umum lebih aman dibanding dengan rugby.

Jumlah pemain

Dalam permainan rugby membutuhkan 15 orang dalam satu regu, sedangkan di permainan American football satu tim yang hanya terdiri dari 11 pemain saja. Selain itu, pergantian pemain dalam American football tidak dibatasi jumlahnya sedangkan dalam permainan rugby ada batasan pergantian pemain.

Perbedaan waktu pertandingan

Seperti yang sudah kita ketahui dalam permainan rugby dibagi menjadi 2 babak di mana masing-masing babak terdiri dari 40 menit dengan waktu istirahat 15 menit. Sedangkan dalam American football permainan dibagi menjadi empat babak dan masing-masing terdiri dari 15 menit dengan waktu istirahat 5 menit.

Selain itu permainan American football hanya dimainkan di Amerika serikat sedangkan rugby bisa ditemukan di beberapa negara eropa, bahkan di Indonesia.

Demikian tadi ulasan mengenai jumlah pemain rugby, aturan main serta ukuran lapangannya lengkap.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →