Manfaat Kunyit Untuk Lambung, Benarkah Terbilang Ampuh?

Manfaat kunyit untuk asam lambung

Manfaat kunyit untuk lambung- Kunyit yaitu salah satu bumbu masak yang mempunyai banyak manfaat. Rempah berwarna kuning ini acap kali dipakai untuk mengobati banyak penyakit, termasuk problem perut dan pencernaan. Penggunaan kunyit dalam pengobatan diklaim bisa menolong mengobati asam lambung. Segera, benarkah manfaat kunyit untuk asam lambung terbilang ampuh?

Ampuhkah kunyit untuk asam lambung?

Manfaat kunyit untuk lambung

Kunyit kaya akan senyawa antiradang dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kunyit acap kali dipakai untuk meredakan nyeri arthritis dan melancarkan haid. Jenis rempah yang satu ini juga telah dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan fungsi hati.

Kunyit mengandung bahan aktif yaitu kurkumin. Bahan inilah yang memberi manfaat kesehatan pada kunyit. Kurkumin yaitu antioksidan polifenol, yang mempunyai kesanggupan sebagai antivirus, antibakteri, dan antikanker yang kuat.

Menurut sebuah penelitian mengenai asam lambung, dan juga penyakit refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux dan biasa disebut dengan GERD mungkin saja disebabkan oleh peradangan dan juga stres oksidatif. Penelitian ini memperlihatkan bahwa GERD wajib diobati dengan antioksidan dan antiradang.

manfaat kunyit untuk lambung

Penelitian lain juga telah memperlihatkan bawah efek dari antiradang kurkumin dapat mencegah peradangan kerongkongan (esofagus). Kunyit dan juga ekstrak kurkumin dikatakan memiliki sifat antioksidan dan juga antiradang. Karena itu, kunyit bisa menolong meredakan gejala GERD.

Menurut sebuah studi yang dilakukan sekitar pada tahun 2007, refluks asam lambung dan juga penyakit GERD mungkin disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif. Studi ini memperlihatkan GERD wajib diobati dengan antioksidan dan antiradang.

Sebuah studi terpisah memperlihatkan efek antiradang kurkumin mencegah peradangan kerongkongan. Kunyit dan ekstrak kurkumin keduanya dikatakan mempunyai sifat antioksidan dan antiradang. Karena itu, kunyit berpotensi meredakan GERD. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan apakah kunyit betul-betul ampuh dalam mengobati gejala asam lambung.

Kemungkinan Risiko yang Timbul Saat Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit yaitu pengencer darah alami. Oleh karena itu, kamu tidak disarankan untuk mengkonsumsi kunyit jika sedang mengkonsumsi obat yang berfungsi untuk pengecer darah atau jika kamu akan menjalani sebuah operasi dalam kurun waktu dekat. Kunyit juga dipercaya dapat menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, dan bahkan membuat problem kantung empedu semakin parah.

Selain itu, beberapa orang juga telah melaporkan bahwa kunyit dapat menyebabkan asam lambung memburuk. Ini mungkin sebab rasa pedasnya. Mengkonsumsi kunyit untuk jangka waktu yang cukup lama atau dalam dosis tinggi bisa saja meningkatkan risiko gangguan pencernaan, mual, dan diare.

Baca juga: Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Tahu. Yuk, Wajib Baca!

Wanita yang hamil atau menyusui wajib tidak mengaplikasikan kunyit dalam jumlah berlebihan. Dalam format apa bahkan, tidak boleh mengkonsumsi kunyit lebih dari yang biasa Anda gunakan untuk memasak.

Konsumsi kunyit mungkin bisa menimbulkan tanggapan alergi. Bila Anda mengalami gejala seperti gatal-gatal, jantung berdenyut kencang, atau kesulitan bernafas setelah mengaplikasikan kunyit, Anda wajib menghentikan pemakaian. Bila gejala Anda parah, seketika periksa ke dokter.

Lantas, bolehkah mengaplikasikan kunyit untuk asam lambung?

manfaat kunyit untuk lambung

Walaupun baru sedikit bukti bahwa kunyit bisa menolong asam lambung, sah-sah saja jika Anda berkeinginan mencoba kunyit untuk asam lambung. Kebanyakan orang bisa mendapatkan kunyit dengan bagus dalam format makanan dan suplemen.

Tubuh tidak bisa meresap kandungan kunyit (kurkumin) dengan bagus sebab dimetabolisme di hati dan usus secara kencang. Oleh sebab itu dibutuhkan piperine untuk meningkatkan absorpsi kurkumin di tubuh. Piperine bisa ditemukan di lada hitam. Bila Anda memilih untuk mengkonsumsi suplemen kunyit maka sebaiknya lihat apakah terdapat ekstrak lada hitam dalam suplemen hal yang demikian.

Ada beberapa hal yang perlu diingat jika Anda berencana mengaplikasikan kunyit untuk asam lambung:
  • Untuk hasil yang terbaik, gunakan kunyit bersama lada hitam atau pilih suplemen yang mengandung piperin didalamnya.
  • Kunyit bisa berperilaku sebagai pengencer darah. Anda tidak boleh mengkonsumsi kunyit bersama obat antikoagulan atau obat pengencer darah.
  • Kamu mungkin akan mengalami efek samping jika mengkonsumsi kunyit sebanyak kurang lebih 1.500 miligram atau lebih per harinya.
  • Mungkin dibutuhkan beberapa minggu untuk memandang apakah kunyit menolong gejala Anda. Bila gejala
  • Anda tidak membaik atau justru memburuk, Anda wajib menghentikan pemakaian dan berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • Sangat perlu untuk diingat keberhasilan pengobatan GERD tidak hanya bergantung dengan obat yang telah dikonsumsi, tapi juga pola hidup yang penting untuk diubah. Misalnya membiasakan makan sedikit tapi acap kali, tidak tidur tengadah setelah makan, stop merokok, dan tidak mengaplikasikan baju yang ketat untuk menghindari penekanan daerah perut.