Sejarah bola voli dunia dan Indonesia serta awal mula penemuannya

Sejarah bola voli dunia
Sejarah bola voli
image volleybox.net

Bola voli adalah olahraga yang cukup populer di Indonesia. Olahraga ini memang sangat merakyat dan bisa dimainkan di mana saja dan tidak membutuhkan tempat yang luas.

Meskipun tidak setenar sepak bola, tetapi olahraga voli cukup banyak diminati terutama oleh segala kalangan usia. Permainan bola voli juga relatif lebih ringan jika dibandingkan sepak bola, sehingga sangat cocok dimainkan hanya sekedar untuk berolahraga saja.

Lantas Tahukah Anda seluk beluk serta sejarah bola voli di dunia? Dan bagaimana olahraga yang satu ini bisa sampai setenar seperti saat ini?. 

Sejarah awal ditemukannya bola voli

Sebelum bola voli sampai seperti saat ini ada banyak hal yang mungkin masih belum Anda ketahui mengenai siapa yang menemukannya dan bagaimana prosesnya. Sejarah bola voli dimulai ketika ditemukannya pertama kali oleh William G Morgan pada tahun 1895 tepatnya pada tanggal 9 Februari.

William G Morgan sebenarnya merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani di holyoke, Massachusetts, Amerika serikat.  Sebelum bernama bola voli, olahraga ini dulunya bernama mintonette yang diperkenalkan oleh Morgan pada sebuah organisasi yang bernama Young Men’s Christian Association atau disingkat YMCA.

Penemuan bola voli pertama kalinya sebenarnya bisa dikatakan terinspirasi oleh permainan bola basket yang telah dulu ditemukan oleh James Naismith. Pada awalnya, Morgan bertemu dengan penemu bola basket James Naismith tersebut kemudian dia berpikir untuk bisa menemukan sebuah olahraga baru yang pada waktu itu diberi nama mintonette (sekarang disebut bola voli). Morgan menemukan permainan bola voli sekitar 4 tahun setelah penemuan bola basket oleh James naismith tersebut.

Kabarnya dalam menemukan permainan bola voli Morgan telah menggabungkan serta mengadopsi beberapa olahraga sejenis seperti bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan. Dari olahraga tersebutlah kemudian morgan memiliki ide untuk membuat olahraga voli yang hingga saat ini kita kenal.

Sejarah penamaan bola voli

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa dalam perjalanan sejarahnya bola voli awalnya bernama mintonette. Lantas Bagaimana nama tersebut bisa berubah menjadi volleyball atau bola voli?.

Perubahan nama dari mintonette menjadi bola voli terjadi pada tahun 1896. Perubahan ini terjadi ketika para anggota YMCA telah beranjak dewasa dan mengenalkan nama volly ball untuk pertama kalinya di sebuah event Internasional YMCA Training School.

Pada waktu itu, Morgan mencoba untuk menjelaskan mengenai olahraga barunya tersebut yang diberi nama volleyball (bola voli) kepada seluruh instruktur olahraga. Morgan juga menyertakan 2 dua tim khusus yang nantinya akan memperagakan permainan bola voli. Masing-masing tim terdiri dari 5 orang hingga jumlah keseluruhannya adalah 10 orang pada waktu itu.

Morgan juga menjelaskan bahwa permainan bola voli adalah salah satu jenis olahraga yang mudah untuk dimainkan di mana saja baik di dalam maupun di luar ruangan. Dia juga mengatakan bahwa permainan bola voli bisa saja dilakukan lebih dari 5 orang. Dan seperti yang anda ketahui saat ini bahwa bola voli dimainkan oleh 6 orang.

Organisasi induk bola voli dunia adalah fivb atau federation international de volleyball. Sedangkan induk organisasi bola voli di Indonesia yaitu PBVSI atau persatuan bola voli seluruh Indonesia. Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak terdapat klub-klub yang memiliki kualitas pemain cukup bagus untuk bisa bersaing di level internasional.

Sejarah bola voli di Indonesia

Setelah permainan bola voli yang diciptakan oleh Morgan telah terkenal di seluruh dunia akhirnya olahraga yang satu ini juga masuk ke Indonesia. Sejarah bola voli di Indonesia pertama kali muncul pada tahun 1928 dimana pada waktu itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda.

Pada waktu itu, permainan bola voli tidak bisa dimainkan oleh sembarang orang melainkan hanya beberapa orang tertentu saja khususnya dari kalangan bangsawan Belanda. Hingga pada akhirnya lama-kelamaan olahraga ini menjadi populer lantaran Indonesia mencoba untuk mengembangkan olahraga jasmani di mana salah satunya adalah bola voli tersebut. 

Sejak diperkenalkan pertama kalinya, olahraga bola voli awalnya sering dimainkan oleh para tentara yang tinggal di asrama. Permainan bola voli juga sering dilakukan di area terbuka lantaran lebih luas dan memiliki ruang gerak yang bebas. Seiring berjalannya waktu, olahraga bola voli bukan hanya ditujukan untuk meningkatkan kebugaran tapi juga dipertandingkan antara beberapa regu.

Sejarah bola voli di indonesia

Karena olahraga ini sangat menyenangkan, maka tidak heran jika lama-kelamaan banyak masyarakat yang tertarik untuk memainkannya dan menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati di Indonesia hingga saat ini. 

Seiring dengan animo masyarakat yang semakin menyukai olahraga bola voli, maka organisasi induk bola voli diciptakan pada tahun 1955 tepatnya pada tanggal 22 Januari. Organisasi tersebut diberi nama PBVSI atau persatuan bola voli seluruh Indonesia.

Setelah organisasi induk bola voli di Indonesia didirikan, maka ada banyak event yang mempertandingkan permainan bola voli antar regu hingga membuatnya semakin berkembang pesat hingga saat ini.

Peraturan permainan bola voli

Setelah kita belajar banyak mengenai sejarah bola voli di dunia dan Indonesia Sekarang kita akan sedikit belajar mengenai permainan yang satu ini dari sisi aturan mainnya. 

Sebelum anda memainkan permainan bola voli tentu hal yang paling penting adalah mengetahui aturan mainnya. Mengetahui peraturan dalam permainan bola voli bisa membuat anda meminimalisir pelanggaran. 

Penskoran dalam permainan bola voli

Secara umum permainan bola voli terdiri dari format dua kali kemenangan atau maksimal 3 set. Permainan akan dinyatakan selesai jika salah satu tim bisa mengalahkan lawannya dua set langsung. Akan tetapi jika skor imbang 1-1 maka akan diadakan set ketiga untuk menentukan siapa yang menjadi pemenang.

Untuk jumlah poin nya sendiri dalam masing-masing set permainan bola voli terdiri dari 25 poin dan perhitungan skor nya menggunakan sistem rally point. Itu artinya satu tim yang lebih dulu mendapatkan 25 poin akan memenangkan sebuah game tersebut.

Akan tetapi apabila terjadi skor yang imbang di point terakhir seperti 24-24 maka akan diberikan tambahan poin hingga salah satu dari kedua tim bisa mengungguli lawannya sampai selisih 2 poin. 

Aturan main voli

Berikut beberapa daftar peraturan bola voli:

  • Permainan bola voli standar harus terdiri dari 6 orang dalam satu tim dimana masing-masing tim harus memiliki 4 pemain yang memiliki peran sebagai Libero, defender spiker dan tosser.
  • Dalam permainan bola voli setidaknya satu tim minimal harus memiliki 4 orang pemain.
  • Seperti halnya sepak bola, dalam permainan bola voli untuk menentukan siapa yang lebih dulu melakukan servis diadakan sebuah undian dengan melempar koin.
  • Servis dalam permainan bola voli harus dilakukan dari luar garis belakang (area permainan sendiri) dan harus bisa melewati net dan tidak boleh keluar dari garis area permainan lawan.
  • Setelah dilakukan undian, servis dalam permainan bola voli selanjutnya akan dilakukan oleh tim yang terakhir mendapatkan poin, begitu seterusnya.
  • Bola akan dinyatakan out apabila keluar dari area lapangan yang telah dibuat batas menggunakan garis. 
  • Passing dalam permainan bola voli harus dilakukan di area sendiri. Itu artinya seorang pemain tidak boleh melakukan passing di area permainan lawan. Hal ini termasuk tangan atau kaki yang menerobos ke area lawan akan dinyatakan sebagai sebuah pelanggaran.
  • Bola akan dinyatakan masuk apabila jatuh di area permainan lawan. Dan apabila bola keluar kita juga tetap akan mendapatkan poin jika bola sebelumnya menyentuh tangan dari lawan.
  • Seorang pemain voli tidak diperkenankan untuk menangkap bola seperti halnya dalam permainan basket. Jadi seorang pemain boleh mengoperkan dengan cara memukul langsung dan tidak boleh menahannya.
  • Secara umum semua bagian tubuh diperbolehkan untuk menghalau bola termasuk menggunakan kaki atau kepala. Akan tetapi yang tidak diperbolehkan adalah memantulkan bola dengan cara menendangnya.
  • Seorang pemain dalam olahraga voli tidak diperkenankan menyentuh net entah itu disengaja atau tidak saat pertandingan berlangsung.
  • Dalam permainan bola voli seorang pemain hanya diperkenankan untuk memukul bola 1 kali dan langsung mengoperkan nya. Jadi 1 orang pemain tidak boleh memukul bola dua kali secara berurutan. 
  • Dalam permainan bola voli Masing-masing tim hanya diperbolehkan mengoper bola sebanyak tiga kali. Jadi bola ketiga harus sudah diarahkan ke area pertahanan lawan.

Ukuran lapangan bola voli

Ukuran lapangan voli

Lapangan bola voli memiliki bentuk persegi panjang yang mirip dengan lapangan tenis atau bulu tangkis. Di tengah-tengah lapangan juga terdapat jaring yang difungsikan sebagai net atau pembatas. Bedanya ukuran net bola voli jauh lebih tinggi dibandingkan dengan olahraga sejenis seperti bulu tangkis dan tenis.

1. Lapangan bola voli

Lalu berapa ukuran lapangan bola voli yang sesuai standar? Berikut rinciannya:

  • Lapangan bola voli
  • Panjang lapangan bola voli yaitu 18 m
  • Sedangkan untuk lebarnya yaitu 9 m
  • Lebar garis lapangan voli kurang lebih 5 cm
  • Area Serang lapangan bola voli berjarak 3 m dari garis tengah.
  • Untuk panjang area servis di lapangan bola voli yaitu 3 meter di belakang garis

2. Net bola voli

Sama dengan olahraga sejenis dalam permainan bola voli juga dibutuhkan net atau pembatas yang berada di tengah lapangan. Net ini memiliki bentuk seperti jaring dengan lubang yang sedikit besar. Ketentuan ukuran net bola voli sebagai berikut:

  • Tinggi net permainan voli putra yaitu 2,43 meter
  • Tinggi net permainan voli putri yaitu 2,24 meter
  • Panjang net voli untuk putra dan putri sama yaitu 9 meter
  • Lebar net permainan voli yaitu 1 meter
  • Untuk ukuran lebar pita tepian pada net berkisar 5 cm
  • Sedangkan ukuran lubang jaring net kira-kira 10 cm
  • Dan ukuran tinggi antena pada net yaitu 80 cm

3. Ukuran bola voli

Salah satu peralatan yang wajib dimiliki untuk bermain voli adalah bola. Tidak sembarangan karena bola yang digunakan harus sesuai standar dengan kriteria khusus seperti berikut:

  • Bola yang digunakan untuk permainan voli harus memiliki bahan kulit atau yang sintetis
  • Bentuk bola yang akan digunakan untuk permainan voli harus bulat sempurna
  • Diameter standar bola voli sekitar 18 sampai 20 cm
  • Keliling lingkaran bola voli yaitu 65 sampai 67 cm.
  • Berat bola berkisar antara 260 sampai 280 gram.
  • Tekanan udara yang ada di dalam bola voli harus berkisar antara 4,26 sampai 4,61 hpa/psi

Teknik dasar permainan bola voli

Seperti yang sudah kita lihat dari sejarah bola voli, permainan ini diilhami oleh Morgan dari permainan bola basket sehingga dalam permainannya pun hampir mirip yaitu menggunakan tangan sebagai tumpuan utama. Lantas Bagaimana teknik dasar permainan bola voli yang harus dikuasai oleh setiap pemain? 

1. Teknik servis

Sebelum permainan bola voli dimulai seorang pemain harus melakukan servis terlebih dahulu. Servis ini sangat penting sekali karena jika Anda bisa melakukannya dengan baik maka akan cukup efektif untuk menambah poin. Servis yang baik harus dilakukan dengan kencang sekaligus tepat sasaran. Berikut beberapa jenis servis dalam permainan bola voli yang umum dilakukan:

Servis atas

Sesuai namanya, servis atas dilakukan dengan cara melempar bola ke atas kemudian memukulnya dengan cara melompat. Teknik servis atas juga bisa dilakukan dengan cara floating.

Servis bawah

Servis bawah sangat cocok sekali dilakukan terutama bagi mereka yang baru pertama kali belajar permainan bola voli. Servis ini secara umum lebih mudah dilakukan terutama bagi pemula. Meskipun terlihat lemah, jika kita bisa menggunakan teknik yang baik sebenarnya servis bawah juga cukup mematikan. 

Cara melakukan servis bawah yang baik adalah, pertama Anda harus memegang bola dengan tangan kiri dan memposisikan di depan. Setelah itu ayunkan tangan kanan anda (dalam keadaan mengepal) dan pukul bola dari bawah ke atas. Inti untuk melakukan servis bawah adalah kontrol yang baik bukan hanya sekedar tenaga.

Floating servis

Floating servis atau yang dikenal dengan servis mengapung bisa dilakukan dengan cara melambungkan bola ke atas kemudian langsung memukulnya ke depan hingga melewati net.

Jumping servis

Sesuai namanya charming servis harus dilakukan dengan cara melompat untuk memukul bola. Tujuannya agar pukulan yang dihasilkan lebih tajam dan keras. Untuk melakukannya pertama-tama Anda harus melambungkan bola terlebih dahulu kemudian melompat sambil memukul bola dengan kuat.

2. Teknik passing

Setelah anda bisa melakukan servis dengan baik teknik selanjutnya yang harus anda kuasai dalam permainan bola voli adalah passing. Teknik passing ini sangat penting sekali terutama untuk mengontrol permainan.

Dengan passing yang baik maka anda bisa mengatur rencana untuk menyerang. Tujuan teknik passing adalah untuk menangkis, menerima, serta mengembalikan serangan dari lawan. Selain itu, passing juga bisa digunakan untuk memberikan umpan kepada rekan yang nantinya akan dieksekusi dengan melakukan smash. Lantas Bagaimana cara melakukan passing yang benar:

Passing bawah

Teknik passing bawah bisa dilakukan dengan satu atau dua tangan sesuai kebutuhan. Teknik passing bawah biasanya dilakukan saat bola sudah berada di posisi yang rendah atau di bawah kepala.

Passing atas

Sesuai namanya passing atas adalah teknik passing yang dilakukan saat bola masih dalam keadaan di atas. Passing ini biasanya digunakan untuk memberikan umpan kepada rekan yang akan melakukan smash. Cara melakukan passing atas adalah dengan menggunakan kedua telapak tangan kemudian melambungkannya ke arah yang diinginkan.

Passing bawah dua tangan

Passing bawah dua tangan bisa dilakukan dengan cara merendahkan dua tangan untuk menerima bola yang jatuh ke bawah. Setidaknya ada dua teknik yang bisa dilakukan untuk melakukan passing bawah dua tangan tersebut. Yang pertama yaitu the dig dan yang kedua thumb over palm dilakukan dengan cara mengepalkan tangan.

Teknik passing The dig bisa dilakukan dengan cara tangan kanan diletakkan pada telapak kiri. Kemudian ibu jari tangan kiri menggenggam jari jari tangan kanan anda. Sedangkan teknik passing Thumb Over Palm sedikit berbeda yaitu dengan cara  mengepalkan tangan.

Tangan kiri dalam posisi mengepel kemudian diletakkan pada telapak tangan kanan. Setelah itu jari-jari pada tangan sebelah kanan menggenggam seolah-olah menutup kepalan tangan kiri. Dan ibu jari kedua tangan berada di bagian atas.

3. Teknik smash atau spike

Salah satu teknik yang paling sering dipelajari oleh pemain bola voli adalah smash. Teknik ini memang cukup penting dimiliki terutama untuk pemain penyerang. Salah satu modal terpenting untuk melakukan smash adalah insting dan kekuatan.

Sebenarnya secara umum teknik melakukan smash hampir mirip saat melakukan jumping servis. Yaitu dengan cara melompat dan memukul bola sekeras mungkin. Akan tetapi bedanya terkadang saat melakukan smash kita berada didekat net yang itu artinya sangat rawan bola akan out jika tidak berhati-hati.

Beberapa jenis atau teknik yang umum dilakukan saat melakukan smash dalam permainan bola voli adalah:

Quick smash

Sesuai namanya quick smash merupakan teknik smash yang mengandalkan kecepatan. Quick smash bisa dilakukan dengan cara seorang pemain melompat terlebih dahulu kemudian rekannya memberikan umpan dan melakukan smash.

Open smash

Open smash merupakan salah satu teknik smash paling umum dalam permainan bola voli. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara setelah ada pemain lain yang memberikan umpan kita bisa mengambil awalan dengan langkah lebar lalu melompat ke arah bola. Saat bola tepat berada di atas maka kita bisa memukulnya dengan sekeras mungkin.

Semi smash

Teknik semi smash bisa dilakukan dengan cara seorang spiker berjalan sedikit lambat menuju ke arah jatuhnya bola, kemudian saat bola berada di atas net sekitar 1 m maka spiker langsung melompat dan memukul bola ke arah lawan.

4. Teknik blocking

Teknik terakhir dalam permainan bola voli yang tidak kalah penting adalah blocking. Teknik blocking yang baik bisa menjadi pertahanan untuk menghalau serangan lawan. Lantas Bagaimana cara melakukan teknik blocking yang baik?

Teknik blocking yang baik harus dilakukan oleh pemain dengan cara posisi siap berada di depan net, dan saat lawan melompat maka kita juga harus ikut melompat sambil mengangkat kedua tangan untuk menghalau laju bola. Kejelian serta kecepatan sangat penting sekali untuk melakukan teknik blocking yang baik dalam permainan bola voli.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai sejarah bola voli, teknik, serta ukuran lapangannya ya mungkin masih belum Anda ketahui.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →