10 Manfaat kolang kaling untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

manfaat kolang-kaling untuk kesehatan
manfaat kolang-kaling untuk kesehatan
image from wikimedia.org

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan dan kandungan nutrisi didalamnya. Kolang kaling merupakan salah satu jenis buah yang memiliki beragam sebutan di berbagai daerah di indonesia. Kolang-kaling begitu populer terutama pada saat ramadan tiba karena buah ini sering digunakan sebagai campuran es. Banyak orang yang sudah mengetahui mengenai rasa kolang-kaling akan tetapi tidak banyak dari mereka yang benar-benar paham apa saja manfaat kolang kaling untuk kesehatan. Bagi anda yang ingin mengetahui selengkapnya mengenai manfaat kolang-kaling bisa membaca artikel berikut ini:

1. Sumber vitamin bagi tubuh

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang pertama adalah sumber vitamin bagi tubuh. Kolang-kaling ternyata memiliki berbagai macam vitamin yang cukup melimpah diantara vitamin tersebut adalah vitamin A, C, B dan K yang kesemuanya tentu sangat baik untuk kesehatan kita. Vitamin tersebut berguna mencegah berbagai macam masalah kesehatan yang bisa menyerang tubuh kita. Sehingga mengkonsumsi kolang kaling secara rutin sangat baik sekali untuk kesehatan kita.

2. Membantu mengurangi gatal-gatal pada tubuh

Ternyata kolang-kaling memiliki kemampuan dalam mengurangi gatal-gatal di tubuh kita meskipun getah pada buah aren tersebut dapat menyebabkan gatal. Manfaat kolang kaling yang satu ini masih dipertanyakan akan tetapi beberapa orang mengaku gatal-gatal mereka mulai berangsur membaik setelah mengkonsumsi kolang kaling.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah akan membuat penyakit mudah menyerang sehingga anda perlu memperhatikan nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kolang-kaling memiliki kandungan vitamin c yang sudah kita ketahui bersama dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita. Manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang satu ini sangat cocok di gunakan terutama pada musim ramadan. Pastikan anda tidak menggunakan pewarna saat menggunakan kolang kaling agar tidak merusak khasiatnya.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kolang-kaling sangat baik untuk kesehatan pencernaan karena mengandung tinggi serat. Kandungan serat dalam kolang-kaling mencapai 39%. Selain serat kolang-kaling juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga sangat baik sekali untuk melancarkan pencernaan terutama dalam mengatasi susah buang air besar. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa kolang-kaling sangat baik dikonsumsi saat berbuka. Karena biasanya pada waktu berpuasa seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

5. Membantu mengontrol berat badan

Kolang-kaling memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sekaligus kalori yang cukup rendah sehingga dapat membantu anda menurunkan berat badan. Syarat dapat membuat kita kenyang lebih lama dan akan mengurangi kebiasaan ngemil yang pada gilirannya akan membantu menjaga berat badan tetap terjaga.

6. Menjaga kesehatan kulit

Bagi anda yang ingin memiliki kulit sehat alami mungkin bisa menikmati manfaat kolang kaling untuk kesehatan ini. Kolang-kaling memiliki kandungan vitamin E dan B yang ternyata sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan kulit kita kedua vitamin ini bekerja sama dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit. Selain vitamin E kandungan kalium dalam kolang-kaling juga dapat memperbaiki kerusakan sel kulit akibat sengatan sinar matahari.

7. Menjaga elastisitas kulit anda

Elastisitas kulit akan menurun seiring bertambahnya usia hal ini dikarenakan kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen mulai menurun. Kolang-kaling memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu memproduksi kolagen. Sehingga mengkonsumsi kolang kaling juga berkontribusi untuk meningkatkan elastisitas kulit. Jadi bagi anda yang ingin memiliki kulit cantik alami sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C dan mungkin kolang-kaling juga bisa menjadi alternatif.

8. Menjaga kesehatan gigi

Gigi kita memiliki tugas yang cukup berat selain mengunyah makanan gigi kadang juga digunakan untuk membuka sesuatu sehingga menjaga kekuatannya sangat diperlukan. Kabar baiknya kolang-kaling ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup baik untuk menjaga kekuatan gigi kita. Meskipun demikian kandungan kalsium dalam kolang-kaling tidak begitu besar akan tetapi mungkin bisa digunakan sebagai tambahan sumber kalsium.

9. Membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh mereka yang memasuki usia di atas 50. Meskipun demikian kadang orang yang berada di usia 30-an juga bisa mengalami osteoporosis. Cara mencegah osteoporosis adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, magnesium, dan vitamin K. Kandungan kalsium dalam kolang kaling bisa menjadi pilihan yang cukup menarik karena selain menyediakan kalsium kolang-kaling juga sangat rendah lemak sehingga cocok dikonsumsi bagi para lansia.

10. Sebagai obat radang sendi alami

Siapa yang menyangka jika ternyata kolang-kaling bisa dimanfaatkan sebagai obat radang sendi alami. Hal ini dikarenakan di dalam kolang-kaling terdapat beberapa zat yang berguna meringankan radang sendi zat tersebut dinamakan galaktomanan. Manfaat kolang kaling untuk kesehatan sendi ini bisa didapat dengan cara mengkonsumsi setidaknya 100 gram kolang-kaling setiap hari secara rutin.

Demikian tadi informasi atau ulasan mengenai manfaat kolang kaling untuk kesehatan semoga dapat menambah wawasan anda.