6 Manfaat jonghe untuk kesehatan dan pengobatan

tanaman
manfaat jonghe
image from viva.co.id

Manfaat jonghe untuk kesehatan dan pengobatan yang patut diperhitungkan. Tanaman jonghe atau bisa disebut dengan tempuh wiyang adalah sejenis tanaman yang tumbuh subur di kawasan asia, ternyata manfaat jonghe untuk kesehatan telah diketahui dan digunakan oleh masyarakat sejak jaman dahulu.

 

Tanaman jonghe atau tempuh wiyang

Tanaman tempuh wiyang atau jonghe adalah tanaman yang tumbuh liar di kawasan Asia terutama banyak ditemukan di Asia Tenggara, tanaman ini juga telah banyak disebarluaskan di daerah Amerika untuk menjadi bahan obat-obatan. Tanaman jonghe bisa kita temukan dengan mudah di pekarangan rumah, selokan, ataupun di rerumputan. Di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda tiap daerahnya seperti jonghe, jombang, dalgiu, centongan, tespog, kemondelan, serubung gelang, dan juga tempuh wiyang. Tanaman jonghe termasuk dalam family Asteraceae dan termasuk dalam tanaman gulma, sehingga tanaman ini terkadang dibersihkan oleh masyarakat karena mengganggu tanaman budidaya.

 

Ciri-ciri tanaman jonghe

Tanaman jonghe memiliki tinggi antara 40 sampai 120 cm, batangnya cenderung memanjang dan memiliki ukuran yang kecil. Tanaman jonghe memiliki beberapa kepala bunga yang berwarna merah muda ataupun keunguan, tidak heran jika kita menemui tanaman ini dalam keadaan bergerombol karena satu tanaman memiliki banyak batang dan kepala bunga. Untuk daunnya tanaman ini sangatlah unik dimana daun tanaman jonghe memiliki bentuk segitiga dan cenderung memanjang dan tersebar serta berkumpul pada tangkai, untuk warna daunnya tentu saja hijau muda. Tanaman jonghe ternyata memiliki buah yang sangat kecil, cenderung berwarna coklat dan berbentuk memanjang.

 

Beragam manfaat jonghe

Manfaat jonghe untuk kesehatan memang banyak sekali, bahkan tanaman yang satu ini disebut dengan obat abadi karena telah digunakan sejak jaman dahulu. Bukan hanya itu bahkan di era modern ini tanaman jonghe banyak digunakan untuk campuran obat-obatan, nah berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari tanaman jonghe.

1. Mengatasi demam

Tanaman jonghe memiliki kandungan yang sangat bagus untuk membantu meringankan deman, sebut saja pilek, sakit tenggorokan, hingga panas dalampun bisa diatasi dengan memakan tanaman jonghe ini.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat yang berikutnya adalah mengatasi masalah pencernaan, seperti mual, sakit perut, susah buang air besar, dan dapat mengatasi masalah lainnya pada pencernaan kita.

3. Mengatasi kanker

Kanker memang menjadi penyakit yang banyak ditakuti oleh kita, namun ternyata tanaman jonghe dapat mengatasi kanker yang dialami seperti kanker payudara.

4. Mengatasi masalah organ dalam

Tanaman jonghe atau tempuh wiyang ternyata juga sangat ampuh dalam mengatasi masalah organ vital yang ada di dalam tubuh kita, seperti hati, jantung ataupun ginjal. Tanaman ini dapat membantu melindungi serta mengatasi masalah yang terjadi pada organ vital kita tersebut.

5. Mengatur sistem metabolisme

Bukan hanya itu tanaman ini juga berguna untuk mengatur metabolisme tubuh kita, dan juga dapat membantu mengurangi minyak dalam muka bahkan dapat juga menghilangkan bau badan, tanaman ini juga dapat menghilangkan timbunan lemak sehingga cocok untuk makanan diet. Tentu saja manfaat ini sangatlah bagus bagi kita yang ingin memperbaiki tampilan tubuh kita.

6. Infeksi dan anti biotik

Manfaat yang paling utama dari tanaman jonghe adalah keampuhannya dalam menangani luka baik luka dalam ataupun luka luar, hal ini dikarenakan tanaman jonghe memiliki anti biotik sehingga dapat mengatasi masalah infeksi yang mungkin berbahaya bagi kita tentunya. Menurut pebelitianpun tanaman ini sudah terbukti ampuh sehingga banyak digunakan dalam ilmu farnasi dan digunakan sebagai bahan obat-obatan.

 

Cara menggunakan tanaman jonghe sebagai obat

Tanaman jonghe atau bisa juga disebut tempuh wiyang memang memiliki banyak sekali manfaat serta khasiat yang mengagumkan, hal ini membuat tanaman ini sebagai salah satu bahan alternatif jika kita mengalami berbagai masalah kesehatan. Nah untuk menggunakan tanaman ini sebagai obat sangatlah mudah untuk dilakukan yaitu dengan mencucinya lalu digunakan sebagai lalapan, namun jika kita tidak suka makanan mentah maka kita bisa merebusnya terlebih dahulu. Lain halnya jika tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan luka luar, karena kita tidak perlu memakannya melainkan hanya dengan menumbuk lalu dioleskan pada luka yang diderita, tanaman ini akan melindungi kita dari infeksi dan akan membuat luka cepat kering serta cepat sembuh karena memang manfaat jonghe untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.