Manfaat Jamu Beras Kencur, Untuk Kesehatan Tubuh Kita, Wajib Tahu !

Manfaat Jamu Beras Kencur

Manfaat Jamu Beras Kencur

Manfaat Jamu Beras Kencur- Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan jamu. Dari sekian banyak model jamu di pasaran, salah satu yang cukup terkenal adalah beras kencur. Usut mempunyai usut, jamu beras kencur menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, lho!

Sudah sejak dahulu, masyarakat percaya kegunaan jamu beras kencur bisa menangkal beragam penyakit dan tingkatkan kebugaran tubuh. Benarkah begitu?

Perlu diketahui, kencur sendiri merupakan keliru satu tanaman yang hidup di area tropis dan subtropis. Seperti namanya, bahan utama berasal dari jamu satu ini adalah beras bersama nama latin Oryza sativa dan kencur atau Kaempferia galanga L.

Nah, model jamu gendong ini sangat mudah ditemukan dan memiliki khasiat yang memadai banyak untuk tubuh. kegunaan jamu beras kencur bisa diketahui bersama mencermati pembahasan di bawah ini.

Manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan

Manfaat Jamu Beras Kencur

Beras kencur digunakan untuk stimulan aromatik, karminatif, dan cii-ciri bumbu seperti jahe. Tak hanya itu, kencur  seringkali dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, termasuk:

  1. Rematik
  2. Bisul
  3. Inkontinensia
  4. Demam
  5. Infeksi mikroba
  6. Bau mulut
  7. Batuk rejan
  8. Infeksi tenggorokan

Kencur memiliki rasa yang tidak sama dan khas aftertaste yang menyengat. Hal ini dikarenakan dalam ulasan ini terkandung beragam sumber nutrisi, seperti seng, paraeumarin, dan asam cinnamic.

Nah, beberapa manfaatkebugaran yang akan anda dapatkan berasal dari konsumsi beras kencur, seperti:

1.Manfaat jamu beras kencur yakni tingkatkan energi pada tubuh

Jamu beras kencur diketahui bisa membantu meningkatkan kebugaran atau kekuatan tubuh. Beras kencur jika dikonsumsi teratur setiap malam sebelum tidur untuk memperoleh khasiatnya secara maksimal. Selain meningkatkan energi, jamu beras kencur juga bisa mengatasi kelelahan.

Antioksidan yang ada didalam kencur bisa menyingkirkan radikal bebas dan virus pada manusia. Karena itu, teratur mengkonsumsi jamu satu ini bisa membantu peningkatan sistem kekebalan pada tubuh.

2.Menyembuhkan luka pasca persalinan

Manfaat Jamu Beras Kencur

Penelitian berasal dari UGM, mengatakan bahwa luka perineum akibat robekan bisa disembuhkan bersama konsumsi beras kencur. Jamu beras kencur memiliki komposisi utama beras dan rimpang kencur memiliki kadar senyawa fenolik yang diketahui berguna sebagai antioksidan.

Antioksidan dan komponen senyawa polifenol memiliki kapabilitas didalamnya mengurangi kondisi sel yang rusak. Kunyit yang terkandung pada beras kencur bisa mempercepat pengeringan pada luka dan memiliki kesibukan antimikroba dan antivirus.

3.Manfaat jamu beras kencur, mampu atasi tanda-tanda batuk dan kembung

Dari rempah-rempah aromatik, kencur yang dicampur dengan beras bisa jadi obat untuk atasi pertanda batuk. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, jamu beras kencur bisa dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari sampai tanda-tanda batuk sangat udah menghilang.

Tak hanya batuk, masalah kebugaran lainnya yang bisa disembuhkan secara teratur konsumsi beras kencur adalah perut kembung. Minum jamu sebanyak dua kali didalam sehari jadi salah satu solusi mengatasi kembung bersama mudah dan aman.

BACA JUGA :  Manfaat Daun Kumis Kucing, Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

4.Manfaat jamu beras kencur, Mengatasi Kanker

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa kencur atau Kaempferia galanga L bereaksi pada beragam garis sel kanker. Hal ini dikarenakan terkandung konstituen kimia aktif yang diidentifikasi, yakni meliputi galangin, 4-hydroxycinnamaldehyde, curcuminiods, dan diarylheptanoids.

Reaksi inilah yang memicu terjadinya permasalahan pada perkembangan tumor atau sel kanker pada tubuh. Karena itu, jamu beras kencur bisa segera anda konsumsi untuk memelihara kebugaran dan mencegah beragam macam penyakit berbahaya, termasuk kanker.

5.Cara membuat jamu beras kencur

Jaman dulu, jamu beras kencur biasanya dijual oleh ibu-ibu yang menggendong jualannya dengan berkeliling rumah. Namun, saat ini ini jamu sudah mudah sekali ditemukan di toko offline maupun online.

Nah, beberapa orang masih kurang paham, apa saja bahan yang digunakan untuk membuat jamu beras kencur? Selain beras dan kencur, jamu satu ini memerlukan bahan lain berbentuk jahe, gula merah, dan daun pandan.

6.Mempertahankan gula darah normal

Penelitian,dari departemen farmasi Universitas Tanjungpura mengatakan, bahwa beras kencur mampu menurunkan kandungan glukosa darah dan mempertahankannya agar selalu normal. Bahkan setelah anda stop minum jamu. Manfaat beras kencur satu ini tentu jadi angin fresh bagi para pendertita diabetes yang memiliki masalah cara mengendalikan kandungan gula darahnya.

Namun, bukti-bukti yang didapat sampai waktu ini tetap berupa penelitian skala kecil. Masih dibutuhkan bukti dari penelitian dengan skala yang lebih besar pada manusia untuk memastikan manfaat dan keamanannya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

7.Meredakan diare

Jamu beras kencur miliki manfaat sebagai obat diare alami. Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan, kencur mampu menunjang meredakan gejala diare karena kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang banyak. Studi tersebut menunjukkan gejala diare terhadap hewan cobalah yang diberikan ekstrak kencur berangsur membaik.

Lagi-lagi, bukti berasal dari manfaat beras kencur satu ini tetap diperoleh dari studi kecil yang dilakukan terhadap hewan. Belum tersedia penelitian besar-besaran yang dilakukan terhadap partisipan manusia dalam skala luas yang bisa memastikan manfaatnya.

Lalu, bagaimana langkah pembuatannya? Agar lebih paham, tersebut resep pembuatan jamu beras kencur dari cookpad.com yang anda bisa ikuti.

  1. Rendam beras semalaman. Cuci bersih beras dan buang airnya sesudah itu sangrai sampai kuning kecoklatan.
  2. Rebus gula bersama air 1 liter dan tambahkan pandan. Biarkan mendidih sampai gula sangat larut, matikan api, dan tunggu sampai sedikit dingin.
  3. Kupas kencur dan jahe. Setelah dikupas lanjutkan bersama membersihkan beras kedua bahan utama ini.
  4. Masukkan ke dalam blender. Blender sampai halus setelah itu saring dengan memanfaatkan kain dan peras.
  5. Masukkan ke didalam botol. Campurkan seluruh bahan tersebut, setelah itu masukkan ke dalam botol dan siap dikonsumsi.

Meski rasanya kadang-kadang menyengat dan tidak enak, anda bisa  memperoleh beragam kegunaan khususnya untuk kebugaran lho! Karena itu, mulailah teratur konsumsi jamu beras kencur untuk memelihara kebugaran tubuh.

Adapun Resep Yang Lain Yaitu Beras Kencur Dicampur Dengan Jeruk Nipis

Bahan membuat jamu beras kencur dengan jeruk nipis:
  1. 3 sdm beras
  2. 3 jari kencur, dibersihkan
  3. 1 sdm asam jawa
  4. 1 butir jeruk nipis, diperas
  5. 125 gram gula kelapa
  6. Sepotong besar jahe
  7. Sepotong kecil kunyit
  8. Sedikit daun pandan
  9. Garam secukupnya
  10. Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

1. Beras direndam bersama dengan air bersih selama tiga jam, ditiriskan.
2. Gula kelapa, asam, kencur, jahe, kunyit, dan daun pandan direbus dengan tiga gelas air, lantas disaring, air rebusan disisihkan.
3. Kencur, jahe, dan kunyit yang sudah direbus digiling bersama dengan beras hingga halus.
4. Air rebusan dituangkan ke dalam gilingan kencur, jahe, dan kunyit
sedikit demi sedikit, lantas disaring bersama dengan kain bersih.
5. Perasan jeruk nipis dan garam ditambahkan.

Petunjuk minum:
Jamu beras kencur mampu diminum selagi hangat atau bisa ditambah bersama dengan es. Jika merasa kurang manis, bisa ditambahkan gula pasir secukupnya.

Namun kecuali memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar masalah kebugaran lainnya silakan chat segera bersama dokter kami untuk konsultasi. Caranya, membuka aplikasi Grab setelah itu menentukan fitur Kesehatan, atau segera klik di sini.