Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

apa manfaat olahraga bagi tubuh

 

apa manfaat olahraga bagi tubuh
Caraprofesor.com

Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh – Olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan otot dan tulang, serta agar membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Olahraga yang dapat Anda lakukan sendiri antara lain seperti berlari, berenang, bersepeda, atau jalan cepat dilingkungan sekitar rumah. Sedangkan olahraga yang dilakukan bersama orang lain ialah seperti sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, basket dan masih banyak lagi.

Salah satu jenis olahraga yang bisa Anda lakukan tetap hanya dirumah saja ilah senam. Senam sendiri sangat banyak jenisnya, mulai dari senam irama, senam lantai, dan lain sebagainya.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara singkat mengenai manfaat melakukan olahraga bagi tubuh. Penasaran apa manfaat olahraga bagi tubuh? Yuk simak ulasanya berikut ini.

BACA JUGA : Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Cek Apasaja Manfaatnya!

Apa Manfaat Rutin Melakukan Olahraga bagi Tubuh?

1. Membuat Kulit Sehat
Sumber : https://d1vbn70lmn1nqe.cloudfront.net/

Berharap kulit nampak sehat dan glowing? Olahraga dapat kamu jadikan solusi. Pasalnya, dengan melakukan olahraga secara teratur bisa meningkatkan aliran darah sekaligus akan memproduksi antioksidan alami pada tubuh.

Antioksidan sendiri berfungsi dalam melindungi sel-sel, termasuk salah satunya sel kulit. Sudahannya kulit akan menjadi sehat dan glowing dengan melakukan olahragga secara rutin.

Selain melakukan olahraga dengan rutin, kalian juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi beragam sayuran dan buah yang kaya akan antioksidan.

BACA JUGA : 8 Manfaat olahraga untuk kesehatan mental anda

2. Bagus Untuk Kesehatan Otak dan Ingat
apa manfaat olahraga bagi tubuh
Sumber : https://www.lifebuoy.co.id/

Terkesan sepele, melainkan dengan berolahraga dapat memperbaiki fungsi otak dan daya ingat.

Secara teknis, melakukan olahraga akan meningkatkan detak jantung yang kemudian juga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Di sisi lain, kesibukan fisik ini akan menstimulasi produksi hormon yang memperbanyak pertumbuhan sel otak.

Dengan selalu melakukan olahraga secara rutin, Anda bisa membenarkan fungsi otak dan melindungi daya ingat dalam berpikir. Sebaliknya, bila Anda malas berolahraga dan kurang menjaga asupan makanan yang memiliki banyak nutrisi, maka akan menjadikan tubuh obesitas. Jika sudah begitu, bukan tak mungkin lagi, jika tubuh dapat terserang masalah hipertensi, diabetes, atau stroke.

BACA JUGA : Cara Turunkan Berat Badan dengan Jeruk Nipis

3. Membantu Relaksasi
Sumber : https://akcdn.detik.net.id/

Ketegangan yang terjadi selama di tempat karja bisa membuat Anda merasa lelah, pusing, bahkan mengganggu waktu tidur Anda. Banyak orang menyepelekan gejala kurang tidur ini, namun jika dirasakan saat Anda bangun di pagi harinya tubuh akan lesu hingga kepala akan teras pusing.

Hal terburuknya ialah dapat membuat emosi Anda tak stabil, relasi dengan rekan kerja dan keluarga terganggu, sampai mempengaruhi psikis diri sendiri.

Hal yang Anda perlukan hanyalah sedikit relaksasi. Relaksasi bisa Anda temukan dengan cara berolahraga.

Dengan berolahraga bisa tubuh akan lebih aktif bergerakdan menstimulasi untuk memiliki kualitas tidutr yang baik. Peningkatan temperatur suhu tubuh selama berolahraga juga dianggap akan meningkatkan mutu tidur.

BACA JUGA : Fungsi Utama Program Microsoft Excel Adalah

4. Lebih Bahagia dan Semangat
apa manfaat olahraga bagi tubuh
Sumber : https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Manfaat selanjutnya dari rutin melakukan olahraga ialah dapat menambah sensitivitas otak untuk hormon serotonin, norepinefrin, dan endorfin.

Hormon-hormon tersebut sangat mempengaruhi mood, yaitu dapat membikin seseorang bergembira, semangat, dan mengurangi tekanan stress.

Bagi pasien yang menderita gejala mudah gelisah dan panik, sangat direkomendasikan untuk Anda, mulai sekarang rutin melakukan kegiatan berolahraga. Karena dengan rutin melakukan kesibukan fisik, rasa resah dapat dikurangi, tak peduli seberapa tinggi intensitas gerakan olahraga yang Anda lakukan, manfaatnya tetap sama.

5. Menambah Energi
apa manfaat olahraga bagi tubuh
Sumber : https://asset.kompas.com/

Olahraga bisa membuat seseorang merasa lelah. Namun di sisi lain, dengan rutin melakukan olahraga dan juga latihan fisik, juga bisa menambah energi dalam tubuh.

Hal ini tentu harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang sesuai dan situasi tubuh masing-masing, serta umur. Dengan melakukan olahraga secara teratur, dengan sendirinya tubuh akan terlatih dan akan menambah energi, terutama bagi orang-orang yang menderita sindrom mudah kelelahan kronis.

BACA JUGA : Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi

Nah itulah, manfaat darii rutin melakukan olahraga bagi tubuh, selalu rutinlah berolahraga. Paling tidak tiga kali dalam sepekan, dengan begitu kesehatan Anda akan terjaga dan daya tahan tubuh makin kuat.