Lemari Berjamur

Posted on

Lemari berjamur merupakan masalah yang sering kali ditemukan di rumah-rumah tinggal. Selain membuat ruangan terasa tidak nyaman, lemari berjamur juga bisa menyebabkan munculnya bau yang kurang sedap. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa menghilangkan jamur pada lemari dengan beberapa cara mudah berikut ini.

Cara 1: Membersihkan Lemari Berjamur dengan Cuka

Lemari Berjamur

Cuka bisa menjadi solusi untuk menghilangkan jamur pada lemari. Caranya cukup mudah, campurkan cuka putih dengan air secukupnya, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan tersebut di dalam lemari yang berjamur, lalu lap dengan kain yang bersih. Selain membersihkan jamur, cuka juga bisa menghilangkan bau tak sedap yang mungkin timbul karena adanya jamur pada lemari.

Cara 2: Menggunakan Baking Soda

Lemari Berjamur

Baking soda bukan hanya sebagai bahan pengembang kue, tetapi juga bisa digunakan sebagai pembersih jamur pada lemari. Campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga menghasilkan pasta yang kental. Oleskan pasta tersebut pada lemari yang berjamur, lalu biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan pasta baking soda pada lemari dengan kain yang bersih dan kering hingga tak ada sisa pasta yang tersisa.

Cara 3: Penggunaan Minyak Kayu Putih

Lemari Berjamur

Minyak kayu putih selain berfungsi sebagai pengharum ruangan, juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur pada lemari. Caranya dengan menuangkan minyak kayu putih pada kapas, lalu tempatkan kapas tersebut pada lemari. Biarkan selama beberapa jam hingga minyak kayu putih meresap ke dalam lemari dan membunuh jamur pada lemari. Setelah itu, bersihkan lemari dengan kain yang bersih.

Baca juga  Cara Membuat Sup Jamur

Cara 4: Membersihkan Lemari Secara Rutin

Lemari Berjamur

Untuk mencegah timbulnya jamur pada lemari, maka sebaiknya membersihkan lemari secara rutin. Hal yang perlu dilakukan yaitu mengeringkan barang yang akan dimasukkan ke dalam lemari atau bahkan mengeringkan lemari secara teratur. Jangan biarkan pakaian atau barang yang masih basah untuk ditaruh di dalam lemari karena dapat memicu tumbuhnya jamur pada lemari. Selain itu, pastikan ruangan tempat lemari berada selalu tercukupi sirkulasi udara.

Cara 5: Menggunakan Pengering Lemari

Lemari Berjamur

Pengering lemari atau wardrobe dehumidifier adalah alat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kelembaban pada lemari. Pada umumnya, alat ini menggunakan silica gel atau bahan khusus yang dapat menyerap kelembaban sehingga udara dalam lemari tetap kering dan bebas dari jamur. Jadi, penggunaan pengering lemari bisa menjadi solusi untuk mencegah munculnya jamur pada lemari Anda.

Itulah lima cara mudah menghilangkan jamur pada lemari yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selalu perhatikan kebersihan dan kelembaban lemari agar terbebas dari jamur pada lemari. Selamat mencoba!

Temukan postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *