Kangkung Rawa

Posted on

Hey, teman-teman! Hari ini kita bakal ngomongin tentang cara menanam kangkung darat di polybag. Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang sangat mudah untuk ditanam dan biasanya digunakan untuk menu masakan sederhana sehari-hari seperti kangkung saus tiram atau sambal goreng telur kangkung.

Langkah 1: Siapkan polybag

Kangkung Darat

Pertama-tama, kamu harus menyiapkan polybag atau kantung plastik yang cukup besar. Pilihlah polybag dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah kangkung yang ingin kamu tanam. Pastikan polybag tersebut bersih dan terbebas dari obyek tajam seperti potongan baja atau paku yang dapat merusak akar-akar kangkung. Jangan lupa untuk membuat lubang kecil pada bawah polybag agar air dapat mengalir keluar dan akar-akar kangkung bisa bernapas.

Langkah 2: Buat campuran tanah

Kangkung Darat

Campurkan tanah liat dengan kompos yang cukup banyak agar akar-akar kangkung bisa tumbuh dengan subur dan mendapatkan nutrisi yang cukup. Pastikan juga tanah tersebut terbebas dari hama dan gulma yang berbahaya bagi pertumbuhan kangkung kamu. Jangan lupa untuk menyiram tanah tersebut setiap hari atau dua hari sekali agar tetap lembab.

Langkah 3: Tanam kangkung

Kangkung Darat

Tanam kangkung dengan menaruh bibitnya di tengah-tengah polybag setelah kamu mengisi polybag tersebut dengan campuran tanah. Pastikan bibit tersebut ditanam dalam kedalaman yang cukup agar akar-akar kangkung bisa tumbuh dengan stabil. Selanjutnya, siram bibit kangkung dengan air hingga meresap ke dalam tanah. Diamkan beberapa menit hingga air benar-benar terserap ke dalam tanah.

Langkah 4: Penyiraman

Kangkung Darat

Lakukan penyiraman sekali atau dua kali sehari tergantung dari kebutuhan tanaman. Jangan terlalu sering menyiram kangkung karena terlalu banyak air bisa membuat kangkung cepat busuk dan mati. Hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhan kangkung menjadi sempurna.

Baca juga  Batang Kacang Panjang Bercabang Atau Tidak

Langkah 5: Pemupukan

Kangkung Darat

Untuk hasil yang maksimal, lakukan pemupukan yang cukup sehingga kangkung kamu bisa tumbuh lebih cepat dan lebih subur. Gunakan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan kangkung kamu. Jangan terlalu banyak memberikan pupuk karena bisa membuat campuran tanah menjadi terlalu asam dan membuat kangkung kamu tidak bisa tumbuh dengan baik.

Nah, itu dia beberapa cara menanam kangkung darat di polybag. Semoga bermanfaat dan sukses ya! Yuk, kita mulai menjaga lingkungan kita sekitar dengan menumbuhkan sayuran di halaman kita.

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *