Hewan yang Bernafas dengan Paru Paru

Hewan yang bernafas dengan paru paruSetiap makhluk hidup yang terdapat pada muka bumi ini memanglah mempunyai alat pernapasan yang berbeda. Manusia sendiri bernafas dengan menggunakan paru-paru. Sedangkan hewan bernafas dengan berbagai alat pernapasan seperti kulit, trakea, insang, pundi-pundi udara, dan ada juga yang menggunakan paru-paru. Dan utnuk tumbuhan biasanya bernafas menggunakan rambut akar, stomata, dan juga lentisel.

Alat pernapasan pada setiap makhluk hidup berbeda dikarenakan menyesuaikan habitat tempat tinggalnnya dan juga jenis dari makahluk hidup itu sendiri.

Teladan hewan yang bernapas dengan trakea merupakan belalang, yang bernapas dengan pundi-pundi udara seumpama merupakan burung, yang bernapas dengan kulit seumpama merupakan cacing dan yang bernapas dengan insang beberapa besar merupakan ikan walau tak segala jenis ikan bernapas dengan insang, seumpama paus bernapas dengan paru-paru sama seperti manusia.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai hewan yang bernafas dengan paru paru yang harus kamu ketahui dan juga pelajari.

Baca juga: Makanan Ular

Binatang yang Bernafas dengan Paru-paru

hewan yang bernafas dengan paru paru
Sumber: https://ecs7.tokopedia.net/

Sama halnya dengan manusia, hewan juga ada yang bernapas menerapkan alat pernafasan yang sama dengan manusia merupakan paru-paru.

Tahukah anda hewan-hewan apa saja yang bernapas dengan paru-paru? Berikut ini merupakan daftar Binatang Yang Bernapas Dengan Paru-paru, silahkan disimak :

1. Binatang Mamalia Bernapas dengan Paru-paru

Binatang mamalia merupakan termasuk hewan yang menyusui, memiliki tulang belakang, berdarah panas atau memiliki kelenjar mamae.

Perlu diketahui bahwa Binatang mamalia tak cuma hidup di darat tetapi juga ada yang hidup di dalam airair.

Teladan awam dari hewan mamalia yang bernapas dengan paru-paru merupakan lumba-lumba, kuda, gajah, kambing, harimau, kelelawar, monyet, paus, pesut, dan lain sebagainya.

Di dalam paru-paru terjadi peresapan oksigen, meskipun karbon-dioksida dan uap air dihembuskan keluar melalui hidung.

Umpamanya pada paus, paus bisa bernapas dengan paru paru karena lubang hidung paus berada di atas kepalanya karenanya dia bisa bernapas dengan paru paru dan mulutnya tetap berada di air.

2. Burung Bernapas dengan Paru-paru

Alat pernafasan burung sesungguhnya tak cuma berupa pundi-pundi udara, Burung bisa menghirup oksigen dengan melalui hidungnya lalu oksigen tersebut melalui batang tenggorokan, juga melalui alat pernafasan manusia juga merupakan paru-paru dan baru berkaitan dengan pundi-pundi udaranya.

Burung memiliki 5 pundi-pundi udara merupakan pundi-pundi udara pada pangkal leher, pundi-pundi udara antar tulang selangka bercabang membentuk pundi-pundi udara di dalam tulang lengan atas, pundi-pundi udara perut, pundi-pundi udara dada depan dan pundi-pundi udara dada belakang.

Ketika burung sedang berada di darat, tak dalam kondisi sedang terbang, udara dihirup burung melalui hidung dan tersalurkan ke batang tenggorokan menuju paru-paru meskipun pada ketika burung sedang terbang, burung akan mengepakkan sayap mereka dan udara juga akan masuk ke dalam pundi-pundi udara dengan melalui paru.

Baca juga: Makanan Ikan Guppy

Sumber: https://images.squarespace-cdn.com/

3. Reptile Bernafas dengan Paru-paru

Reptil merupakan hewan melata yang merupakan klasifikasi hewan vetebrata yang berdarah dingin dan ditandai dengan ciri-ciri memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptil terbagi atas 4 ordo merupakan sebagai berikut ini :

  • Crocodilia
  • Sphenodontia
  • Squamata
  • Testudinata
Fase Sistem Pernapasan Reptile

Reptil bernapas melalui paru-paru dimana dibedakan menjadi 2 fase dalam system pernafasan reptile merupakan sebagai berikut ini :

Fase Ide

Otot yang berada pada tulang rusuk di reptile berkontraksi. Kemudian rongga bagian dadanya akan membesar . Paru-parunnya akan mengembang dan oksigen akan masuk ke dalam memalui lobang hidung masuk ke dalam rongga mulut. Anak tekak serta trakea yang panjang san bronkiolus yang ada dalam paru-paru.

Lalu oksigen akan diangkut oleh darah menuju ke segala tubuh reptile.

Fase Ekspirasi

Otot tulang rusuk reptile berelaksasi, lalu rongga dada mengecil, paru-paru mengecil, karbondioksida dari jaringan tubuh menuju jantung melalui darah melalui paru-paru, bronkiolus, trakea yang panjang, anak tekak, ronggo mulut dan lubang hidung.

4. Amfibi Bernafas dengan Paru-paru

Amfibi merupakan hewan yang bisa hidup di dua alam merupakan air dan darat seumpama merupakan kodok.

Pada ketika kodok sudah dewasa, kodok akan bernapas dengan paru-paru berbeda dengan ketika kodok masih berupa berudu dia akan bernapas dengan insang bukan dengan paru-paru. Namun ketika berada di air, kodok akan bernapas melalui kulitnya.

Baca juga: Apa Makanan Kura-Kura?

Demikian ulasan lengkap mengenai hewan yang bernafas dengan paru paru yang harus kamu ketahui serta pelajari. Semoga bermanfaat!

Pencarian terkait:

  • Berikut ini hewan yang benapas menggunakan paru-paru adalah