makanan ikan guppy

Makanan Ikan Guppy

Posted on

makanan ikan guppy

Makanan Ikan Guppy – Apakah Anda mempunyai rencana untuk memelihara ikan guppy di rumah? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui apa saja makanan ikan guppy supaya cepat besar.

Makanan ikan guppy di alam liar sendiri sangat bervariasi. Hal ini karena mereka kategori hewan omnivora alias pemakan segala, yaitu mulai hewan-hewan kecil sampai ganggang, semua dimakan.

Lantas, bagaimana dengan ikan guppy yang dipelihara di rumah? Makanan apa saja yang terbaik untuk tumbuh kembang ikan guppy?

Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan ikan guppy yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan Ikan Guppy Terbaik

Banyak orang yang memelihara ikan guppy sebagai ikan hias di rumah. Hal ini karena ikan guppy mempunyai warna sisik yang begitu indah.

Dikarenakan omnivora, terdapat banyak jenis makanan yang dapat diberikan untuk ikan guppy Anda di rumah. Berikut ini adalah rekomendasi makanan ikan guppy terbaik yang perlu Anda ketahui, yaitu:

makanan ikan guppy

1. Pelet Khusus Ikan Guppy

Jika Anda tidak suka ribet, Anda dapat memberikan pelet khusus ikan guppy sebagai pakannya. Terdapat sejumlah merek yang dianjurkan, yaitu seperti Ocean Free Super Guppy dan Hikari Tropical Fancy Guppy.

Pelet-pelet tersebut telah memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi yang diperlukan oleh ikan guppy. Sehingga, tidak masalah apabila Anda hanya memberikan pakan jenis ini. Makanan ikan guppy alami lainnya dapat Anda jadikan sebagai selingan saja. how to administer pour-on ivermectin to dogs for heartworm control

Baca Juga: Makanan Ular

makanan ikan guppy

2. Kutu Air

Salah satu makanan alami ikan guppy yaitu kutu air. Kutu air ini dapat Anda temukan di sungai yang beraliran tenang, daerah persawahan, maupun selokan.

Jika Anda malas untuk mencarinya sendiri atau memang tinggal di daerah yang tidak mempunyai daerah perairan, Anda dapat memperolehnya dengan mudah di toko hewan.

Kandungan protein pada kutu air cukup tinggi, yaitu sekitar 66%. Sehingga, menjadi alasan mengapa banyak orang membuat kutu air sebagai pakan utama ikan, termasuk ikan guppy. Terlebih, kutu air dianggap mampu mencerahkan warna sisik ikan.

makanan ikan guppy

3. Daphnia Magna

Meskipun namanya terdengar keren, Daphnia Magna adalah jenis kutu air yang asalnya dari Amerika. Hewan ini banyak dikembangbiakkan peternak Indonesia sebagai pakan ikan.

Sama halnya seperti kutu air lokal, Daphnia Magna memiliki kandungan protein rendah lemak dan air. Jika ingin ikan guppy Anda cepat besar, Anda dapat memberinya ini. ivermectin albendazole nitazoxanide lyme klinghardt

Baca Juga: Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan?

makanan ikan guppy

4. Jentik Nyamuk

Anda juga dapat memberikan jentik nyamuk sebagai makanan ikan guppy. Tidak hanya membelinya di toko hewan, Anda juga dapat mencarinya sendiri di sekitar rumah Anda, khususnya apabila Anda mempunyai tempat genangan air.

Banyak yang menilai bahwa jentik nyamuk cocok sebagai pakan ikan guppy anakan. Jentik nyamuk sendiri baik untuk pertumbuhan karena mempunyai kadar protein yang tinggi. Jentik nyamuk juga bisa meningkatkan nafsu makan ikan guppy, sebab pergerakannya yang mengundang.

Namun, jentik nyamuk tidak dapat bertahan lama, sebab ia akan bermetamorfosis menjadi nyamuk yang kerap menjadi musuh utama manusia.

5. Cacing Beku (Bloodworm)

Anda juga dapat memberikan cacing beku atau dalam Bahasa Inggris diketahui sebagai bloodworm. Walaupun namanya cacing, sebenarnya bloodworm adalah larva nyamuk Chironomus!

Diberi nama seperti itu sebab sekilas bentuknya seperti cacing yang tengah bergerombol. Terlebih, warnanya juga kemerahan. Penjual cacing ini biasanya akan menyediakannya dalam kondisi seperti namanya, yaitu beku supaya lebih awet dan praktis.

Dengan kadar lemak 10% dan protein 62.5%, cacing beku sangat cocok untuk makanan ikan guppy agar cepat beranak.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membudidayakan Tanaman Buah Pala?

6. Artemia/Brine Shrimp

Mungkin nama artemia sedikit terdengar asing di telinga Anda. Artemia adalah semacam udang kecil dengan warna merah yang lebih kecil dari kutu air.

Artemia atau Brine Shrimp ini adalah salah satu makanan favorit dari ikan guppy, sebab memiliki kandungan beberapa nutrisi yang mereka perlukan. Dikarenakan sangat kecil, Artemia sangat cocok sebagai pakan ikan guppy yang baru lahir.

Penjual pakan alami ini biasanya menjual artemia dalam bentuk yang masih telur. ivermectin spray horse chemical burn Sehingga, Anda harus untuk menetaskannya terlebih dahulu sebelum memberikannya ke ikan guppy. Daripada dengan jenis pakai ikan guppy yang lainnya, Artemia mempunyai harga yang paling mahal.

7. Cacing Sutra

Hewan yang paling biasa dijadikan sebagai makanan ikan yaitu cacing sutra karena harganya yang murah meriah. Ikan guppy juga sangat doyan dengan cacing sutra ini.

Terlebih, cacing sutra memiliki kandungan kadar protein yang cukup tinggi. Bahkan, pakan satu ini tersedia dengan harga yang murah. Namun ingat, Anda perlu memberikan cacing sutra dalam keadaan bersih guna meminimalisir adanya penyakit.

Tidak hanya itu, cacing sutra umumnya tidak mampu bertahan lama sehingga jangan membelinya dalam porsi yang terlalu banyak.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Tanaman Dalam Pot?

8. Microworm

Jenis cacing lain yang dapat Anda jadikan sebagai ikan guppy yaitu microworm. Microworm juga memiliki kandungan kadar protein yang tinggi. Microworm mempunyai ciri-ciri berwarna putih serta kecil.

Selain protein, microworm juga memiliki kandungan beberapa nutrisi lain yaitu seperti Asam Organik, Lipids, Gilicogen, dan lainnya.

Microworm adalah pakan alami ikan guppy yang tergolong murah. Microworm termasuk hewan yang mudah berkembang biak, sehingga Anda dapat membudidayakannya di rumah.

9. Grindal Worm

Jika Anda sedang mencari cacing yang ukurannya sedikit besaran sedikit, maka Anda dapat memilih Grindal Worm yang satu ini.

Kandungan nutrisi pada Grindal Worm tidak kalah dengan berbagai jenis cacing sebelumnya. Anda dapat menemukan Grindal Worm dengan mudah di toko hewan ataupun toko online.

Baca Juga: Tanaman Sayuran yang Diambil Manfaatnya pada Bagian Bunga

10. Vinegar Eel

Makanan lain yang dapat Anda jadikan alternatif sebagai pakan ikan guppy yaitu Vinegar Eel. Mereka dapat bertahan di lingkungan dengan range kadar keasaman yang luas, mulai pH 1,6 hingga 11.

Anda dapat mengembangbiakkan Vinegar Eel dengan memakai media cuka apel sehingga tidak perlu kerap membelinya di toko hewan.

11. Sayuran

Mungkin sedikit aneh, namun Anda juga dapat memberikan sayuran sebagai makanan ikan guppy, lho. Sejumlah sayuran yang dapat Anda berikan yaitu bayam, selada, mentimun, hingga wortel. Cara pemberiannya yaitu dengan memotongnya kecil-kecil supaya ikan guppy dapat memakannya dengan mudah.

Untuk mentimun, Anda harus membersihkan bijinya terlebih dahulu. Untuk wortel, Anda harus merebusnya hingga agak lunak, sebab wortel cukup keras untuk dimakan ikan guppy.

Itulah beberapa jenis makanan ikan guppy agar cepat besar yang dapat Anda berikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Sifat ikan guppy yang omnivora ini dapat memudahkan kita untuk mencari variasi makanannya, sehingga ikan guppy tidak merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Pencarian terkait:

  • sayuran untuk ikan guppy

Baca juga  Bagaimana Cara Membudidayakan Tanaman Buah Pala?