Efek samping masker wortel serta manfaatnya untuk kulit wajah

Efek samping masker wortel

Efek samping masker wortel untuk kulit wajah serta manfaatnya yang sangat luar biasa plus bagaimana mengurangi efek samping tersebut.

Hampir semua dari kita pasti mengenal sayuran yang satu ini. Ya wortel memang sangat terkenal sekali memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan penggunaan wortel pada dunia kecantikan saat ini sudah mulai digandrungi oleh para wanita. Wortel sering sekali digunakan sebagai masker wajah yang memiliki banyak manfaat tentunya.

Manfaat masker wortel

Ingin tahu apa saja manfaat wortel untuk masker wajah? berikut ulasannya:

Mencegah penuaan

Anda ingin agar kulit cantik anda tetap awet muda terbebas dari tanda-tanda penuaan?. Mungkin menggunakan masker wortel bisa menjadi pilihan yang baik. Hal ini dikarenakan di dalam wortel terdapat banyak vitamin dan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. Munculnya tanda-tanda penuaan menjadi salah satu masalah paling utama terutama pada wanita di atas usia 35 tahun. Jadi dengan rutin menggunakan masker wortel maka anda bisa mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut.

Mengatasi kulit kering 

Kulit yang kering tentunya sangat mengganggu penampilan karena wajah akan terlihat tidak sehat. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena ada bahan alami yang dipercaya sangat ampuh untuk melembabkan kulit wajah anda, Bahan tersebut adalah wortel. Wortel bisa anda gunakan sebagai pelembab dengan memakainya sebagai masker wajah.

Selain lebih murah menggunakan wortel sebagai masker wajah juga relatif lebih aman dibandingkan dengan pelembab berbahan kimia yang tentu memiliki efek samping jauh lebih banyak. 

Mengurangi kelebihan minyak di wajah

Pada dasarnya minyak di wajah diperlukan untuk membuat kulit terbebas dari kering. Akan tetapi jika minyak tersebut berlebihan tentu akan sangat mengganggu karena wajah akan terlihat kotor. Untuk mengatasinya anda perlu masker wajah yang dapat menyerap kelebihan minyak tersebut. Cara mengatasi wajah berminyak dengan wortel cukup mudah, yaitu cukup menghaluskannya terlebih dahulu kemudian menerapkanny langsung ke kulit.

Salah satu bahan yang bisa anda gunakan adalah wortel. Masker wortel selain lebih aman dengan minim efek samping juga memberikan hasil yang cukup baik sehingga anda dapat mencobanya. 

Mencerahkan wajah

Memiliki kulit yang cerah pasti menjadi idaman hampir semua kaum hawa. Kulit yang cerah dikatakan sebagai salah satu indikasi jika kulit anda sedang dalam keadaan sehat. Meskipun kulit yang cerah tidak selamanya harus putih. 

Jika anda tertarik untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah secara alami menggunakan masker wortel bisa menjadi pilihan. Efek samping masker wortel relatif lebih sedikit dibandingkan dengan pencerahan berbahan kimia. Jadi anda bisa menggunakannya secara rutin, akan tetapi perlu diingat penggunaan secara berlebihan juga mungkin akan berakibat kurang baik.

Cara membuat masker wortel sangat mudah sekali. Pertama haluskan 1-2 potong wortel menggunakan blender. Setelah itu tambahkan bahan alami lainnya seperti minyak zaitun atau madu. Kemudian aduk hingga kedua bahan tadi merata setelah itu terapkan pada kulit wajah anda setidaknya selama 15 menit. Jika dirasa sudah cukup maka anda bisa mengangkatnya dan membersihkannya menggunakan air.

Efek samping masker wortel

Secara umum wortel merupakan bahan alami yang sangat aman digunakan sebagai masker wajah baik jangka pendek ataupun lama, meskipun demikian terlalu sering menggunakan masker wortel ke kulit wajah juga bisa memberikan efek samping tersendiri.

Sebenarnya efek samping masker wortel ini bisa dicegah selama anda tidak berlebihan dalam menggunakannya. Berikut efek samping umum yang di dialami saat terlalu berlebihan dalam menggunakan masker wortel:

Hilangnya minyak alami kulit

Terlalu sering menggunakan bahan alami sebagai masker wajah termasuk wortel ternyata juga memiliki efek samping tersendiri yaitu menghilangkan minyak alami kulit. Minyak secara alami diperlukan untuk menjaga ph kulit agar tetap seimbang. Jadi jika anda terlalu sering mencuci muka atau membersihkannya maka minyak yang seharusnya dibutuhkan oleh kulit tersebut menjadi hilang.

Resiko alergi

Selain itu, terkadang beberapa bahan alami juga dapat membuat kulit menjadi alergi meskipun kasus alergi terhadap wortel sangat jarang sekali terjadi. Untuk memastikan keamanannya sebaiknya selalu gunakan masker pada tangan anda terlebih dahulu sebelum menerapkannya pada kulit wajah. Hal ini sangat penting untuk mencegah efek samping yang jauh lebih buruk.

Demikian dari beberapa ulasan mengenai efek samping masker wortel serta manfaatnya untuk kesehatan kulit wajah. Semoga informasi di atas dapat memberikan wawasan kepada anda mengenai penggunaan wortel sebagai masker wajah.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →