Dibawah Ini Merupakan Salah Satu Bentuk Simbiosis Jamur Yaitu

Posted on

Jamur adalah organisme yang sering kita kenal sebagai sumber bahan makanan, di mana jamur dikonsumsi sebagai suplemen nutrisi. Akan tetapi, jamur memiliki banyak manfaat lain untuk kehidupan manusia. Salah satu manfaatnya adalah sebagai agen penyubur tanaman yang efektif. Selain itu, jamur juga memiliki kemampuan untuk membentuk simbiosis dengan berbagai jenis organisme lainnya, seperti tumbuhan dan bakteri. Simbiosis jenis ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, karena mampu meningkatkan produktivitas dan kesehatan organisme yang terlibat.

Bentuk Simbiosis Jamur dengan Tumbuhan

Bentuk Simbiosis Jamur dengan Tumbuhan

Jamur memiliki kemampuan untuk membentuk simbiosis dengan tumbuhan melalui hubungan mutualisme. Dalam hubungan ini, jamur membentuk hubungan koloni dengan akar tanaman, di mana jamur dapat memperoleh sumber karbon dari tumbuhan, dan tumbuhan mendapatkan nutrisi tambahan dari jamur. Simbiosis jenis ini disebut dengan micorhiza, dan memiliki beberapa jenis, yaitu endomikoriza, dan eksomikoriza.

Endomikoriza adalah jenis simbiosis jamur dengan tumbuhan yang terjadi di dalam sel tumbuhan. Hubungan ini terjadi pada tumbuhan angiosperma dan gymnosperma, di mana jamur membentuk hubungan dengan akar tanaman. Kebanyakan jenis jamur yang terlibat dalam simbiosis endomikoriza adalah dari famili Glomales. Bentuk simbiosis ini sangat penting untuk pertumbuhan tumbuhan, karena jamur dapat membantu mengambil mineral dan nutrisi lainnya yang tersedia di dalam tanah. Selain itu, jamur juga dapat membantu tanaman dalam proses adaptasi terhadap lingkungan yang berbeda, seperti kekurangan air, garam dan pH yang rendah.

Eksomikoriza adalah jenis simbiosis jamur dengan tumbuhan di mana hubungan terjadi di luar sel tumbuhan, yaitu pada lapisan epidermis akar tanaman. Jenis simbiosis ini terjadi pada variasi jenis tumbuhan, di mana akar tanaman membentuk bintil putih atau krem, yang terdiri dari banyak benang halus jamur. Jamur yang terlibat dalam simbiosis ini seringkali berasal dari famili Basidiomycota dan Ascomycota. Simbiosis jenis ini dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas tanaman, karena jamur dapat menyediakan fosfor tambahan, membuat tanaman lebih tahan terhadap penyakit, dan mampu meningkatkan resistensi terhadap cekaman lingkungan.

Baca juga  Cara Mencuci Baju Jamuran

Bentuk Simbiosis Jamur dengan Bakteri

Bentuk Simbiosis Jamur dengan Bakteri

Selain membentuk hubungan simbiosis dengan tumbuhan, jamur juga mampu membentuk simbiosis dengan berbagai jenis bakteri. Simbiosis ini disebut dengan asosiasi jamur-bakteri, dan memiliki beberapa bentuk. Salah satu bentuk simbiosis jamur-bakteri adalah dengan membentuk lapisan biofilm, yaitu koloni sel mikroba yang terdiri dari bakteri dan jamur. Biofilm ini dapat membantu meningkatkan produktivitas organisme yang terlibat, serta melindungi dari stres lingkungan yang berbahaya.

Bentuk simbiosis lainnya adalah jamur dapat menjadi agen symbiotic bagi bakteri dalam mengendalikan populasi serangga. Bentuk simbiosis ini seringkali terjadi pada jamur entomopatogenik dan bakteri entomopatogen. Keduanya mampu membentuk koloni pada serangga, sehingga memberikan efek pengendalian serangga secara alami. Efek ini dapat bermanfaat bagi pertanian, karena dapat mengurangi penggunaan pestisida kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

Dalam simbiosis jamur-bakteri lainnya; jamur dapat menjadi pentranspor karbon bagi bakteri, di mana bakteri dapat memperoleh karbon dari simbiosis dengan jamur. Transpor karbon ini terjadi pada jamur endofit yang terdapat pada tumbuhan, di mana jamur dapat memberikan karbon hasil fotosintesis tumbuhan lainnya. Simbiosis jenis ini sangat bermanfaat pada pertanian, karena dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman melalui keterlibatan mikroorganisme dlam transportasi nutrisi.

Kesimpulan

Simbiosis jamur dengan organisme lainnya dapat menjadi faktor yang penting dalam keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan. Bentuk micorhiza yang terjadi antara jamur dan tumbuhan, sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Sedangkan, bentuk simbiosis jamur-bakteri mampu membantu membentuk biofilm dan mengendalikan serangga alami, sehingga lingkungan tidak tercemar dengan pestisida kimia.

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Baca juga  Hubungan Antara Jamur Penicillium Dengan Bakteri Disebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *