Cara Pengobatan Stroke Dengan Bawang Putih

Posted on

Bawang putih adalah bahan dapur yang umum digunakan dalam masakan Indonesia. Namun, selain untuk masakan, bawang putih ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama untuk mengobati stroke.

Cara Pengobatan Stroke dengan Bawang Putih

ilustrasi bawang putih

Stroke adalah kondisi medis yang serius, yang disebabkan oleh adanya gangguan pada aliran darah ke otak. Kondisi ini bisa terjadi akibat penyakit hipertensi, diabetes, dan beberapa penyakit lainnya. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, dan kurang berolahraga juga bisa meningkatkan risiko terkena stroke.

Saat terkena stroke, segera cari perawatan medis. Namun, jika kamu ingin mencoba alternatif pengobatan yang alami, bawang putih adalah salah satunya. Berikut adalah cara pengobatan stroke dengan bawang putih:

1. Mengonsumsi Bawang Putih dalam Bentuk Mentah

Bawang putih mentah mengandung senyawa allicin yang bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Kamu bisa mengkonsumsi bawang putih mentah dengan cara memotongnya menjadi potongan-potongan kecil, dan menelannya seperti mengonsumsi pil. Namun, ini tentunya akan membuat aroma bawang putih sangat kuat, jadi pastikan kamu mencuci mulut setelah mengkonsumsi bawang putih mentah.

2. Membuat Kentang dan Bawang Putih sebagai Ramuan

Kentang dan bawang putih bersama-sama dapat membantu menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan aliran darah. Pertama, potong kentang kecil-kecil dan rebus dalam air selama 30 menit. Kemudian, hancurkan bawang putih dan campurkan dengan kentang yang telah direbus. Haluskan semua bahan dan tambahkan sedikit air. Konsumsi ramuan ini 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

Baca juga  Penyakit Pada Tanaman Cabai

3. Membuat Minuman Bawang Putih

Bawang putih juga bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman. Caranya, hancurkan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan air secukupnya. Kemudian, didihkan campuran ini selama 5-10 menit. Setelah itu, saring campuran tersebut dan biarkan dingin. Konsumsi minuman ini setiap hari untuk hasil yang optimal.

Peringatan

Sebagian orang mungkin memiliki alergi terhadap bawang putih. Jika kamu mengalami gejala seperti gatal-gatal, ruam, atau sesak napas setelah mengkonsumsi bawang putih, segera hentikan penggunaannya dan cari bantuan medis. Selain itu, jika kamu memiliki kondisi medis lainnya, konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba pengobatan alternatif dengan bawang putih.

Pesan Penutup

Bawang putih memang memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan bisa membantu meningkatkan kesehatan secara umum. Namun, terlepas dari manfaatnya, jangan lupa untuk menyeimbangkan penggunaan bawang putih dalam makanan dan konsumsi harian. Selalu ikuti resep yang benar dan konsultasikan dengan dokter jika kamu memiliki kondisi medis sebelum mencoba pengobatan alternatif dengan bawang putih.

Simak tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *