manfaat lidah buaya untuk kesehatan

10 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan serta efek sampinya

Kecantikan, Kesehatan, tanaman
manfaat lidah buaya untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah yang mengagumkan serta informasi mengenai efek sampingnya yang perlu diketahui. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan anda. Tanaman ini memiliki bentuk yang cukup unik dengan daun yang panjang dan memiliki duri di sekitar tepi daunnya. Di dalam lidah buaya terdapat kandungan nutrisi yang sangat melimpah meliputi vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya yang berguna untuk perawatan kecantikan dan kesehatan. Pada umumnya lidah buaya sangat baik digunakan oleh banyak orang sebagai masker wajah atau digunakan secara internal.

 

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan juga kecantikan Anda berikut ulasannya:

1. Bahan alami untuk kulit wajah

Pasti Anda sudah pernah mendengar mengenai manfaat lidah buaya untuk perawatan kecantikan. Lidah buaya sering digunakan sebagai masker wajah ataupun campuran dari produk kecantikan wajah.

Diantara manfaat lidah buaya untuk wajah adalah membantu meningkatkan elastisitas kulit, melembabkannya, sekaligus mengurangi flek hitam di wajah. Penggunaan lidah buaya sangat cocok untuk berbagai macam jenis kulit. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif ataupun kulit yang biasa alergi dengan produk kecantikan berbahan kimia bisa mencoba menggunakan lidah buaya.

2. Mengobati sembelit secara alami

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang paling mengagumkan adalah kemampuannya dalam mengobati sembelit secara alami. Lidah buaya mengandung serat alami yang memiliki efek atas laksatif sehingga dapat meredakan sembelit. Penggunaan lidah buaya secara internal biasanya memerlukan waktu sekitar 8 sampai 10 jam.

Penggunaan lidah buaya sangat baik terutama saat dikonsumsi sebelum tidur dan anda akan merasa lebih baik di pagi harinya. Perlu diketahui, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi lidah buaya karena dapat menyebabkan diare.

3. Menstabilkan gula darah

Lidah buaya dikenal sebagai makanan yang baik untuk penderita penyakit gula darah. Mengkonsumsi jus lidah buaya secara teratur telah terbukti membantu menyeimbangkan kadar gula darah pada orang yang mengalami diabetes tipe 2. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan ini juga bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih. Jadi bagi Anda yang memiliki risiko tinggi mengalami penyakit diabetes sebaiknya tingkatkan asupan makanan seperti lidah buaya.

4. Mengurangi peradangan

Salah satu alasan kenapa lidah buaya sangat baik untuk menghilangkan jerawat adalah karena tanaman ini memiliki efek anti peradangan. Penerapan lidah buaya secara topikal biasanya dapat meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat peradangan termasuk radang sendi. Efek peradangan ini juga membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah termasuk jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya sangat mudah karena anda tinggal menggunakannya sebagai masker wajah.

5. Membantu menurunkan kolesterol

Bagi mereka yang memiliki kandungan kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan seperti lidah buaya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat menurunkan kolesterol. Seperti sebuah penelitian yang Diterbitkan dalam Journal of Nutrition Science and Vitaminology. Dimana dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi jus lidah buaya mengalami penurunan kadar kolesterol darah sebanyak 30%.

6. Sumber antioksidan yang baik

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan adalah karena adanya kandungan antioksidan di dalamnya. Dengan kandungannya tersebut, membuat lidah buaya berguna dalam mencegah penyakit kanker dan masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan radikal bebas. Selain mencegah berbagai macam penyakit, asupan antioksidan yang cukup dari makanan juga berperan penting dalam mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan juga flek hitam di wajah.

7. Menghilangkan kantung mata

Bagi Anda yang sering mengalami bengkak pada area bawah mata atau yang sering dikenal sebagai kantung mata, cobalah menggunakan lidah buaya. Efek pelembab alami yang dimiliki lidah buaya sangat baik untuk mengurangi bengkak pada area bawah mata tersebut. Selain menghilangkan bengkak pada kantung mata, penggunaan lidah buaya juga berfungsi menyamarkan kehitaman pada mata panda.

8. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Diantara manfaat lidah buaya untuk rambut yang perlu Anda coba adalah kemampuannya dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Lidah buaya memiliki banyak nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Penggunaan lidah buaya secara rutin akan membuat rambut tampak lebih tebal, berkilau, dan juga halus. Cara memanjangkan rambut pria dan wanita dengan lidah buaya sangat mudah, karena anda hanya perlu menggunakannya sebagai masker rambut secara rutin setidaknya 3 hari sekali.

9. Membantu mengurangi ketombe

Efek pelembab alami dalam lidah buaya berperan penting dalam mencegah munculnya ketombe di kulit kepala dan rambut. Ketombe sangat mengganggu penampilan karena serpihan putih ini akan menghiasi rambut Anda sehingga membuatnya tampak sangat buruk. Ketombe bisa dicegah dan dihilangkan dengan menggunakan lidah buaya secara rutin.

10. Mengurangi rasa sakit pada sendi

Bagi Anda yang sering menderita nyeri pada sendi menggosokkan gel lidah buaya sangat membantu dalam meringankan rasa sakit tersebut. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan adalah karena efek anti peradangan yang dimilikinya tersebut. Radang sendi terjadi akibat sendi mengalami peradangan sehingga menyebabkan rasa sakit.

 

Efek samping lidah buaya

Meskipun lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan akan tetapi ternyata saat digunakan secara berlebihan atau kurang tepat lidah buaya juga memiliki efek samping. Apa saja efek samping lidah buaya? berikut beberapa diantaranya:

1. Dapat menyebabkan kontraksi

Eefek samping lidah buaya yang pertama adalah menyebabkan kontraksi. Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi lidah buaya karena tanaman ini diketahui dapat menyebabkan kontraksi. Itu artinya lidah buaya sangat tidak baik untuk kondisi kehamilan anda.

2. Lidah buaya dapat meningkatkan adrenalin

Lidah buaya kurang cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung, anak kecil, dan juga lansia. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi lidah buaya dapat meningkatkan adrenalin secara signifikan. Peningkatan adrenalin akan menyebabkan detak jantung tidak teratur sehingga sangat berefek pada penderita penyakit jantung.

3. Berinteraksi dengan obat-obatan tertentu

Jika anda sedang menjalani perawatan medis atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu sebaiknya jangan menggunakan lidah buaya secara internal. Hal ini dikarenakan lidah buaya ternyata dapat mempengaruhi beberapa jenis obat. Selain dengan obat kimia, lidah buaya ternyata juga bisa bereaksi kurang baik pada beberapa tanaman herbal lain seperti fenugreek dan bawang putih.

4. Menyebabkan diare

Efek samping lidah buaya ini bisa dicegah jika anda tidak terlalu banyak mengkonsumsi nya. Diantara manfaat lidah buaya adalah meningkatkan kesehatan pencernaan dengan cara mencegah sembelit. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan mengakibatkan efek yang sebaliknya. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi lidah buaya.