10 Cara mengatasi rambut bercabang secara alami dan mudah

cara mengatasi rambut bercabang
cara mengatasi rambut bercabang

Cara mengatasi rambut bercabang secara alami sekaligus tips bagaimana mencegah rambut agar tidak mudah kering dan bercabang. Rambut bercabang biasanya juga dibarengi dengan masalah rambut kering. Rambut bercabang biasanya disebabkan oleh kurangnya nutrisi dan kondisi tertentu seperti rambut kering.

Penyebab rambut bercabang

Memberikan kecukupan nutrisi sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi menjadi salah satu cara untuk mencegah rambut bercabang. Selain itu, penggunaan bahan kimia secara berlebihan pada rambut termasuk pewarna rambut juga dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering dan bercabang. Sehingga Anda perlu menghentikannya. Penggunaan gel secara berlebihan, paparan sinar UV , debu dan polusi menjadi salah satu penyebab umum munculnya rambut bercabang.

Cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana mengatasi rambut bercabang berikut tipsnya untuk anda:

1. Telur

Cara mengatasi rambut bercabang secara alami yang pertama adalah menggunakan telur. Caranya: campurkan putih telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun, madu dan minyak almond. Terapkan ramuan ini sebagai masker rambut kemudian cuci setelah 30 sampai 45 menit. Kesemua bahan tadi akan memberikan kelembaban alami pada rambut bercabang sehingga akan mengatasi masalah tersebut.

Cara kedua, campur beberapa butir telur dengan 2 sendok air. Gunakan sebagai sampo alami untuk rambut Anda. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Anda bisa menggunakan conditioner setelahnya untuk menghilangkan bau amis pada rambut.

2. Buah pepaya

Cara mengatasi rambut bercabang dengan buah pepaya cukup dengan mencampurkan setengah cangkir buah pepaya matang dengan yoghurt. Haluskan kedua bahan tadi dengan blender, setelah itu aplikasikan pada rambut selama 30 menit. Bersihkan dengan cara membilasnya dengan air, lakukan tips di atas setidaknya 2-3 kali sebulan untuk memberikan perawatan pada rambut bercabang. Selain membantu mengatasi rambut bercabang, penggunaan pepaya juga berguna meningkatkan kilau alami pada rambut.

3. Madu murni

Cara mengatasi rambut bercabang yang selanjutnya adalah menggunakan madu. Caranya lakukan pemijatan pada rambut Anda menggunakan madu selama 3 sampai 4 menit. Biarkan setidaknya 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Ramuan ini akan membantu mengembalikan kesehatan rambut ada sekaligus mencegahnya dari kerusakan.

 

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan perawatan rambut yang sangat mengagumkan. Cara mengatasi rambut bercabang dengan minyak zaitun cukup dengan menerapkan minyak zaitun ke kulit kepala anda. Melakukan pemijatan ringan setelah itu biarkan selama 20 menit di kepala anda. Sebelum anda menerapkan minyak zaitun sebaiknya hangatkan terlebih dahulu untuk memberikan hasil yang maksimal.

 

5. Buah alpukat

Haluskan buah alpukat sampai benar-benar memiliki tekstur seperti pasta. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar lebih encer. Jika kedua bahan tadi sudah menyatu dengan baik balurkan ke seluruhan rambut dan kulit kepala anda sambil sedikit melakukan pemijatan ringan. Tunggu hingga 30 menit setelah itu bilas rambut Anda sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk mengatasi rambut bercabang dan kering secara alami.

 

6. Minyak jojoba

Manfaat minyak jojoba untuk kecantikan sangat luar biasa, salah satunya adalah mengatasi rambut bercabang dengan cepat. Caranya pijatkan minyak jojoba ke kulit kepala anda sampai ke rambut hingga merata. Lakukan secaa rutin agar hasilnya bisa cepat terlihat. Untuk mendapatkan rambut yang halus dan berkilau, Anda juga bisa mencampurkan minyak jojoba dengan shampo atau conditioner yang anda miliki.

 

7. Buah pisang

Pisang diperkaya dengan mineral dan vitamin penting yang sangat baik untuk kesehatan rambut Anda. Menggunakan pisang sebagai bahan perawatan rambut dapat mengatasi masalah rambut kering dan bercabang secara alami. Caranya: campur 1 buah pisang berukuran sedang dengan putih telur dan 2 sendok makan madu. Oleskan pasta ini ke rambut Anda dan diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

 

8. Biji fenugreek

Anda bisa mengatasi rambut bercabang dengan mudah menggunakan biji fenugreek. Caranya cukup merendam beberapa biji fenugreek selama semalaman. Pada keesokan harinya Anda tinggal menghaluskannya. Tambahkan biji fenugreek tadi dengan yoghurt kemudian terapkan pada rambut bercabang. Lakukan setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu untuk mengatasi rambut kering dan bercabang.

 

9. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak kegunaan, diantaranya adalah meningkatkan kesehatan rambut secara alami. Menerapkan lidah buaya secara rutin di rambut Anda dapat membantu mengurangi gatal sekaligus mencegah ketombe. Cara mengatasi rambut bercabang menggunakan lidah buaya cukup mudah. Pertama ambil gel lidah buaya setelah itu haluskan menggunakan blender. Tambahkan sedikit minyak zaitun kemudian aplikasikan ke rambut dan kulit kepala anda secara menyeluruh. Bilas rambut anda dengan air setelah 15 menit.

 

10. Minyak jarak

Campurkan beberapa sendok minyak jarak dengan minyak zaitun. Gunakan campuran ini untuk kulit kepala dan rambut yang bercabang. Berikan pemijatan selama kurang lebih 4 menit, setelah itu bilas dengan shampo. Lakukan secara rutin sampai masalah rambut bercabang teratasi. Selain dapat mengatasi rambut bercabang, penggunaan minyak jarak secara rutin juga berguna memanjangkan rambut secara alami.

 

Tips mencegah rambut bercabang

1. Hindari penggunaan pewarna pada rambut

Pewarnaan pada rambut dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan bercabang. Beberapa pewarna rambut bahkan menggunakan bahan kimia berbahaya yang bukan hanya dapat merusak rambut, tetapi juga membahayakan kesehatan. Untuk itu sebaiknya hindari penggunaan pewarna pada rambut untuk mencegah rambut bercabang.

2. Hindari terlalu lama di bawah sinar matahari

Sinar matahari berlebih dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan bercabang. Untuk itu sebaiknya gunakan jilbab untuk mencegah rambut bercabang. Tentu fungsi jilbab bukan hanya sekedar menutupi rambut anda, tetapi juka dalam rangka menjalankan syariat Islam.

3. Kurangi penggunaan hai dryer pada rambut

Penggunaan hair dryer secara berlebihan ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut, salah satunya adalah menyebabkan rambut bercabang. Selain itu, penggunaan hai dryer secara berlebihan juga dapat memicu rambut rontok. Jadi, anda harus berhati-hati saat menggunakannya.

4. Asupan nutrisi yang cukup

Untuk mendapatkan rambut sehat secara alami seperti yang Anda idamkan, tentu harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup. Rambut kering dan bercabang bisa terjadi jika rambut mengalami kekurangan nutrisi. Sehingga saat ada faktor yang menjadi penyebab rambut bercabang seperti sinar matahari, atau polusi maka rambut akan menjadi lebih mudah kering dan bercabang. Untuk itu, tingkatkan asupan buah dan sayur yang menjadi sumber vitamin dan mineral. Di mana kedua nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda secara keseluruhan.

Artikel terkait: 17 Cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami

5. Gunakan conditioner secara rutin

Menggunakan conditioner setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu setelah keramas dapat membantu mengurangi rambut kering dan bercabang. Pilihlah jenis conditioner yang berbahan alami untuk mencegah kerusakan semakin parah. Jika anda kesulitan, gunakan bahan seperti minyak zaitun untuk merawat rambut Anda. Campuran antara minyak zaitun dan susu bisa dijadikan sebagai conditioner alami untuk mencegah dan mengatasi rambut bercabang.

Pilih salah satu atau beberapa dari ke semua tips mengatasi rambut bercabang di atas, setelah itu lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Melakukannya secara konsisten, Insyaa Allah akan membantu Anda mendapatkan rambut sehat alami yang terbebas dari masalah.