Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Pembangunan Sosial

apa yang kamu ketahui tentang pembangunan sosial

apa yang kamu ketahui tentang pembangunan sosial

Apa yang kamu ketahui tentang pembangunan sosial – Pembangunan sosial merupakan rencana pembangunan yang memadukan faktor sosial dan ekonomi. Konsep ini memperkenalkan pembangunan sosial sebagai suatu sistem pergantian sosial perubahan yang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, di mana pembangunan yang dikerjakan saling melengkapi sistem pembangunan ekonomi.

Baca Juga: Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer Untuk

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Pembangunan Sosial

Edi Suharto mendeskripsikan Pembangunan Sosial sebagai pendekatan pembangunan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia secara paripurna, yaitu dengan memenuhi keperluan manusia yang terentang mulai dari keperluan fisik sampai sosial. Secara kontekstual pembangunan sosial lebih berorientasi pada komitmen keadilan sosial ketimbang pertumbuhan ekonomi.

Beberapa program yang jadi pusat pehatian pembangunan sosial mencakup pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, perumahan, dan pengentasan kemiskinan. Pembangunan sosial tidak hanya terfokus pada kemajuan faktor ekonomi. Konsep ini berasal dari kritik pembangunan yang terlalu fokus pada kemajuan ekonomi dan tidak memperhatikan faktor sosial.

apa yang kamu ketahui tentang pembangunan sosial

Konsep yang berkembang pada tahun 1980-an ini menawarkan kesejahteraan di bidang ekonomi dan juga kesejahteraan di bidang sosial pada beraneka tingkatan. Pola yang diperkenalkan oleh pembangunan sosial adalah adanya usaha harmonisasi kebijakan sosial dengan pengukuran yang dirancang untuk memajukan pembangunan ekonomi.

Pembangunan sosial sebagai salah satu pendekatan dalam pembangunan, pada awal perkembangannya, sering kali dipertentangkan dengan pembangunan ekonomi. Hal ini mengenai dengan pemahaman orang banyak yang menggunakan istilah pembangunan yang dikonotasikan sebagai pergantian ekonomi yang diakibatkan oleh industrialisasi.

Pembangunan Sosial

Pada awal tahun 1980-an, rencana pembangunan sosial mulai hadir dalam lingkup pekerjaan sosial. Kemunculan rencana pembangunan sosial merupakan refleksi atas evaluasi pada jalannya pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi dinilai menyisakan distorsi masalah sosial seperti kemiskinan. Era industrialisasi telah mendorong kemajuan kapitalisme yang mengedepankan pada pertumbuhan ekonomi supaya aspek-aspek sosial tidak terabaikan.

Seiring dengan kemajuan kapitalisme, meningkat pula tekanan masalah sosial supaya menyadarkan bakal pentingnya rencana pembangunan yang tidak hanya memiliki tujuan meningkatkan kualitas hidup manusia dari faktor fisik, tapi termasuk merespon masalah pembangunan yang terdistorsi.

Pembangunan terdistorsi dianggap sebagai residu pembangunan yang keluar dikarenakan paradigma yang salah tentang pembangunan di mana pembangunan yang berjalan tidak untuk berorientasi pada kesejahteraan manusia. Oleh karena itu, rencana pembangunan sosial ada untuk melengkapi sistem pembangunan ekonomi. Di Indonesia sendiri, rencana pembangunan sosial sempat diadaptasi dalam program perbaikan kampung MHT III, Jakarta, lebih kurang tahun 1993.

apa yang kamu ketahui tentang pembangunan sosial

Tujuan pembangunan sosial pada dasarnya dikerjakan untuk meningkatkan taraf hidup manusia lewat upaya-upaya untuk mengangkat manusia dari keterbelakangan menuju kesejahteraan. Pembangunan sosial memiliki tujuan meningkatkan kapasitas perseorangan dan institusi mereka, memobilisasi dan mengelola sumber kekuatan peranan membuahkan perbaikan yang berkesinambungan dan merata dalam kualitas hidup sesuai dengan aspirasi mereka sendiri demi mendapatkan hasil yang lebih baik dan meraih keadilan sosial.

Manusia merupakan makhluk biopsikososial yang terdiri dari faktor biologis (tubuh), psikis (kejiwaan), dan lingkungan sosial. Oleh dikarenakan itu, pemenuhan faktor fisik saja dianggap tidak memenuhi keperluan manusia. Pembangunan ekonomi yang berjalan selama ini sesungguhnya lebih terlalu fokus pada pembangunan fisik seperti pertumbuhan produk nasional bruto (PNB, GNP) dan pembangunan gedung-gedung, saat pemerataan hasil pembangunan dan penjagaan lingkungan kurang diperhatikan, sistem pembangunan justru menciptakan jarak jadi lebar pada yang kaya dan miskin, dan juga mengancam keberlangsungan lingkungan.

Strategi Pembangunan Sosial

Menurut Midgley, pembangunan sosial punya tiga siasat besar yaitu:

Pembangunan Sosial oleh Individu

apa yang kamu ketahui tentang pembangunan sosial

Pembangunan sosial oleh individu, dikenal sebagai pendekatan individualis atau perusahaan. Akar ideologinya adalah liberal atau individualis, di mana ideologi selanjutnya mengedepankan pada pentingnya kebebasan individu dalam memilih.

Pendekatan individualis atau perusahaan sebenarnya saat ini tidak terlalu dikenaal dalam pembangunan sosial. Pendekatan ini dipromosikan lewat peningkatan fungsi sosial individu dan hubungan antarpribadi. Dalam hal ini, para individu dalam masyarakat secara swadaya membentuk usaha layanan yang berperanan untuk memberdayakan masyarakat.

Pembangunan Sosial oleh Komunitas

Pembangunan sosial oleh komunitas dikenal sebagai pendekatan komunitarian. Pendekatan komunitarian sendiri diperkuat oleh ideologi populis.

Strategi ini percaya bahwa pada masyarakat dan komunitas punya kebolehan untuk memastikan bahwa keperluan dasar mereka terpenuhi, masalah sosial mereka teratasi, dan kesempatan untuk maju tersedia. Untuk mendapatkan hal tersebut, masyarakat dan komunitas perlu saling bekerja sama lewat pengembangan komunitas lokalnya.

Pembangunan Sosial oleh Pemerintah

Pembangunan sosial oleh pemerintah dikenal sebagai pendekatan statis. Pendekatan statis didasari oleh ideologi kolektivis atau sosialis di mana ia mengedepankan pada pentingnya kolektivitas. Kumpulan ini dibangun dari asosiasi masyarakat yang punya sumber kekuatan secara kolektif dan membagi wewenang untuk membuat keputusan.

Melalui siasat tersebut, pembangunan sosial dikerjakan oleh lembaga-lembaga atau organisasi dalam pemerintahan. Di samping adanya partisipasi individu dan masyarakat, pemerintah punya tanggung jawab untuk memastikan apakah kebijakan pembangunan sosial diimplementasikan dan apakah kebijakan sosial dan ekonomi diselaraskan.

Nah, itu adalah beberapa informasu mengenai pembangunan sosial. Setelah membaca informasi di atas apa yang kamu ketahui tentang pembangunan sosial? nah semoga dengan informasi di atas membantu kamu untuk menjawab pertanyaan itu. Seemoga bermanfaat dan terima ksih sudah membaca.

About Neizam Taufiq

Menulis atau memberi informasi adalah salah satu hal yang bisa membuat seseorang dikenal oleh orang lain. Tulisakan apa yang ingin dituliskan dan lakukan apa yang ingin di lakukan.

View all posts by Neizam Taufiq →