Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Membuatnya !!

manfaat minyak kemiri untuk rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut- Kemiri tak hanya mempunyai kegunaan sebagai bumbu dapur semata. Ternyata kemiri mempunyai manfaat lain, yakni untuk kesehatan rambut.

Sudah sejak dulu, minyak kemiri dipercayai mampu menuntaskan berbagai macam jenis problem rambut yang sering kali dialami, seperti rambut kering dan rontok, malah sampai ketombe.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang bisa kamu dapatkan itu berasal dari berbagai jenis kandungan yang terkandung didalam minyak kemiri, seperti asam linoleat, gliserida, protein, mineral, vitamin E, dan vitamin B1 yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Baca juga: Ciri-Ciri Darah Rendah dan Cara Mengatasinya dengan Benar !!

Oleh karena itulah kenapa, sekarang banyak sekali produk perawatan rambut yang menggunakan kemiri sebagai salah satu bahan utamanya.

Kamu juga dapat membuat sendiri minyak kemiri di rumah dengan cara yang cukup mudah dan juga kamu bisa menghemat karena tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membelinya.

Nah, setelah kamu membuat sendiri, kamu juga dapat merasakan berbagai manfaat apa saja dari minyak kemiri.

Berikut ini penjelasan sebagian manfaat dari minyak kemiri untuk rambut.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

1. Manfaat minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut

manfaat minyak kemiri untuk rambut

Sekiranya Anda mempunyai problem dengan kerontokkan atau tipis, dapat memakai minyak kemiri untuk menolong mengatasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut mampu menolong menuntaskan kerontokkan karena dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak kemiri sebagai perawatan rambut yang dipakai secara teratur juga ternyata dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan kembali rambut menjadi lebih kuat dan tentunya lebih sehat dari sebelumnya.

2. Manfaat minyak kemiri untuk rambut rontok

manfaat minyak kemiri untuk rambut

Sekiranya Anda mempunyai problem rambut rontok, dapat memakai minyak kemiri untuk mengtasinya. Manfaat dari minyak kemiri untuk rambut ini juga bisa didapat dari adanya kandungan protein dan juga mineral yang terkandung di dalam kemiri.

Minyak kemiri mampu menguatkan rambut dari akar sampai ujung rambut.

3. Memperkuat akar rambut

manfaat minyak kemiri untuk rambut

Satu di antaranya penyebab dari rambut yang mudah rontok dapat diakibatkan oleh akar rambut yang rapuh. Untuk memperkuat akar rambut yan menyebabkan rambut rontok, kamu juga bisa saja memanfaatkan minyak kemiri sebagai salah satu perawatan rambutmu.

4. Menghitamkan rambut

Mempunyai rambut hitam berkilau dan sehat yakni dambaan tiap-tiap orang. Tapi, tak semua orang mujur mendapatkannya semenjak lahir.

Sekiranya Anda mau mendapatkan rambut lebih tebal, dapat memakai minyak kemiri. Minyak kemiri dapat membuat rambut kembali bercahaya tanpa perlu mewarnainya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat memakai minyak kemiri secara rutin dan tabah menanti kesudahannya.

5. Mengurangi peradangan dampak ketombe

Minyak kemiri mampu mengurangi peradangan dampak ketombe. Manfaat ini didapat dari adanya asam linoleat, yang yakni tipe asam lemak tak jenuh omega-6 yang mempunyai fungsi sebagai antiinflamasi.

Selain bersifat sebagai antiinflamasi, kandungan hal yang demikian diketahui tepat sasaran untuk mengurangi peradangan kulit kepala dampak ketombe.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala yang meradang atau semua komponen kulit kepala. Setelahnya, pijat selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

6. Mencegah timbulnya uban

satu di antara problem rambut yang menyita perhatian yakni uban. Terutama jikalau uban timbul pada umur muda.

Munculnya uban di umur muda diyakini termasuk sebagai satu di antara petunjuk penuaan dini. Tapi, sebaiknya tak perlu kuatir karena problem hal yang demikian dapat dituntaskan dengan minyak kemiri.

Manfaat minyak kemiri untuk mencegah uban didapat dari adanya kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi mencegah petunjuk-petunjuk penuaan dini, satu di antaranya rambut beruban.

Untuk mendapatkan manfaat satu ini, Anda dapat mengerjakan perawatan rutin dengan memakai minyak kemiri ke semua batang sampai ujung rambut secara rutin. Dengan seperti itu, uban akan secara pelan menghilang.

7. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat dari kemiri untuk rambut selanjutnya, yakni menutrisi rambut. Caranyapun cukup mudah yaitu dengan mengambil minyak kemiri secukupnya kemudian oleskan secara merata pada rambut dan juga kulit kepala.

Lakukan pijatan dengan rambut dan biarkan semalaman. Keesokan harinya bilas dengan sampo. Lakukan hal itu secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal yaitu rambut yang subur dan juga tebal.

Cara Praktis Membuat Minyak Kemiri

 

A. Cara Membuat Minyak kemiri dengan Disangrai

manfaat minyak kemiri untuk rambut

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkelupas sempurna dari cangkangnya.

2. Sangrai biji kemiri dalam wajan tanpa minyak hingga berwarna kecoklatan atau matang.

3. Biji kemiri yang telah disangrai, lalu ditumbuk sampai halus atau di-blender.

4. Setelah biji kemiri dihaluskan, peras memakai air.

B. Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dibakar

Cara membuat kemiri dengan cara dibakar tak susah. Tapi, karena dibakar, saat pengaplikasian wajib berhati-hati agar tak terkena baju.

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkelupas sempurna dari cangkangnya.

2. Kemudian bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti arang.

3. Setelah biji kemiri sudah berwarna hitam atau gosong, dan kemudian lanjutkan dengan menghluskan biji kemiri menggunakan blender hingga mengeluarkan minyak.

4. Masukkan minyak kemiri dalam wadah tertutup.

C. Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Diperas

Kekurangan dari cara yang satu ini adalah minyak kemiri yang dihasilkan lebih sedikit dan juga memerlukan waktu yang lebih lama. Tapi, minyak yang dihasilkan akan jernih sehingga tak akan mengotori apa malah.

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkelupas sempurna dari cangkangnya.

2. Anda dapat memilih dengan cara memarut biji kemiri atau dengan mem-blender.

3. Setelah biji kemiri sudah diparut atau di-blender, peras biji kemiri dengan menambahkan air sedikit demi sedikit.

4. Simpan air dari perasan biji kemiri kedalam wadah yang tertutup selama tidak kurang dari 24 jam.

5. Lalu, masak air perasan biji kemiri sampai keluar minyaknya.