Cara Membuat Baglog Jamur Tiram

Posted on

Sedang galau cari alternatif untuk mengurangi pengeluaran? Bagaimana dengan mencoba bercocok tanam jamur tiram sendiri di rumah? Di bawah ini kami akan memberikan langkah-langkah sederhana untuk membuat baglog jamur tiram yang bisa dicoba di rumah. Nikmati hasil panen kamu sendiri dan hemat pengeluaran, yuk!

Cara membuat baglog jamur tiram:

bahan membuat baglog jamur tiram

Langkah pertama adalah persiapan bahan dan alat yang diperlukan. Kamu memerlukan:

  • 2 buah air biru 5 liter
  • Sekitar 1-2 kg gandum
  • 3 kg jerami padi
  • Baglog jamur tiram
  • Ember, gunting, laminating wrap, dan serutan kayu

Cara membuat campuran media:

Langkah selanjutnya adalah membuat campuran media jamur tiram dengan cara sebagai berikut:

  1. Ambil 3 kg jerami padi, rendam selama minimal 3 jam hingga terendam air.
  2. Tambahkan sekitar 1-2 kg gandum ke dalam air tersebut, aduk rata.
  3. Ratakan jerami yang telah dibasahi di atas ember atau baskom yang telah dipasangi cetakan untuk mengepress jerami. Pastikan setiap lapisan jerami ditekan dengan kuat agar terpadat dan semua bagian terbasahi.
  4. Setelah selesai ditekan, lakukan pemotongan jerami menjadi 1/3 bagian atas dan 2/3 bagian bawah, simpan dengan posisi menumpuk.
  5. Bungkus dengan laminating wrap secara rapat dan diamkan selama 24 jam.

Cara mensterilkan media:

Setelah media selesai direndam dan dibentuk menjadi baglog, maka tahapan selanjutnya adalah mensterilkan media jamur tiram tersebut. Tahapan sterilisasi berguna untuk membunuh bakteri atau jamur yang sudah ada di dalam media jamur tersebut. Caranya, ikuti langkah berikut ini:

  1. Rendam media jamur dalam air mendidih selama 3-4 jam.
  2. Setelah media selesai direbus, segera angkat dan dinginkan dengan cara diperas.
  3. Siram dengan air bersih dan diamkan selama kurang lebih 2-3 jam sebelum ditaburi bibit jamur tiram.
Baca juga  Jamur Di Kemaluan Pria

Cara membuat baglog:

Setelah media jamur siap, tahap selanjutnya adalah membuat baglog. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat baglog jamur tiram:

  1. Persiapkan baglog yang telah steril. Taruh baglog tersebut pada sebuah baskom atau kotak kayu yang telah dibasahi dengan air mendidih.
  2. Selanjutnya, buatlah tusuk untuk membuat lubang pada baglog, caranya dengan menggunakan gunting atau benda tajam lainnya. Lubang dibuat sepanjang 1-2 cm dan kedalaman 2-3 cm dari permukaan baglog.
  3. Setelah seluruh baglog ditusuk, berikan sedikit serutan kayu pada setiap lubang. Berikan kain atau kertas pada permukaan baglog agar tetap lembab.
  4. Simpan baglog pada suhu yang tepat (25-30 derajat Celsius) dan perhatikan untuk memastikan kelembaban media tetap terjaga.

Tips dan Trik:

  • Pilih waktu pembuatan baglog yang tepat, biasanya saat musim pancaroba. Namun, bila menggunakan sistem greenhouse, jamur tiram dapat ditanam kapan saja.
  • Cek media secara rutin, jangan sampai kekeringan ataupun terlalu basah.
  • Berilah media urea sebagian kecil pada media jamur agar media tetap subur.
  • Setelah sekitar 3 minggu, baglog akan terlihat menutupi permukaan dengan bercak-bercak putih. Tanda bahwa jamur telah mulai menyebar dan siap untuk panen.
  • Setelah panen, pangkas media baglog hingga tersisa 1-2 cm dari permukaan baglog. Diamkan selama 1 minggu untuk memulai proses pengiriman spora. Baglog yang telah menyelesaikan proses ini dapat digunakan ulang atau dibuang.

Itulah cara mudah untuk membuat baglog jamur tiram secara sederhana. Semoga artikel ini bisa membantu dan menginspirasi kamu untuk mencoba bercocok tanam jamur tiram sendiri di rumah.

Baca artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Baca juga  Infeksi Jamur Di Jari Kaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *