Cara Buat Pot Bonsai Penjing

Posted on

Bonsai adalah salah satu tanaman hias yang sangat diminati banyak orang. Selain memiliki bentuk yang unik dan indah, bonsai juga bisa menjadi hiasan cantik untuk ruangan Anda. Untuk menciptakan bonsai, Anda tidak hanya butuh tanaman saja, tetapi juga pot bonsai yang bisa dipilih sesuai selera. Namun, bagaimana cara membuat pot bonsai relief yang terlihat unik dan menarik? Berikut adalah beberapa langkah dan panduan yang bisa Anda ikuti.

Langkah-langkah Membuat Pot Bonsai Relief

1. Siapkan bahan-bahan

Pot Bonsai Relief

Untuk membuat pot bonsai relief, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti tanah liat, air, karet kurang lebih sepanjang 4 cm, tali rafia sepanjang 30 cm, ampelas kecil, dan alat ukur atau penggaris.

2. Potong dan Gabungkan Lembaran Tanah Liat

Pot Bonsai Relief

Yang pertama harus Anda lakukan adalah mengukur ukuran lembaran tanah liat yang akan digunakan. Kemudian potonglah lembaran tanah liat tersebut dengan menggunakan pisau yang tajam dan rapi. Setelah itu, gabungkan setiap potongan tanah liat dan ratakan permukaannya dengan alat bentuk atau ajir.

3. Membuat Cetakan Relief

Pot Bonsai Relief

Untuk membuat cetakan relief, Anda bisa menggunakan area penggilasan yang halus dengan menggunakan ampelas kecil. Pastikan area penggilasan tersebut berada di tengah pot apabila pot bonsai yang akan dihasilkan berukuran kecil. Setelah itu, siapkan cetakan yang terbuat dari karet dan ikatlah cetakan tersebut dengan tali rafia sehingga bisa melekat pada area penggilasan yang sudah dihaluskan.

4. Mengisi cetakan dengan campuran tanah liat dan air

Pot Bonsai Relief

Setelah cetakan halus terbentuk, buatlah campuran dari tanah liat dan air dengan perbandingan 1:1 hingga terlihat lembut dan kematangan yang cukup. Kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam cetakan sedikit demi sedikit hingga cetakan terisi penuh.

Baca juga  Bonsai Serut Taman Terbaik

5. Membentuk Struktur Pot

Pot Bonsai Relief

Setelah cetakan terisi dengan campuran, ratakan permukaannya hingga agak rata dan permukaan bagian dalam dilapisi plester (untuk menghindari celah pada tembok pot dan menghindari kebocoran air). Kemudian bentuk struktur pot hingga menjadi halus dan simetris dengan menggunakan alat ukur atau penggaris. Setelah itu, biarkan pot bonsai relief tersebut mengering hingga benar-benar kering.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat pot bonsai relief yang unik dan menarik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca postingan lainnya tentang Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *