Manfaat Jahe dan Sereh

Manfaat Jahe dan Sereh, Untuk Kesehatan Tubuh…

Posted on

Manfaat Jahe dan Sereh

Manfaat Jahe dan Sereh-Serai dan jahe menjadi rempah yang kerap digunakan dalam beragam kuliner. Jahe tidak hanya digunakan untuk bubu dapur saja melainkan, serai dan jahe juga dapat menjadi minuman menyehatkan. Serai dan jahe yang direbus yaitu minuman herbal yang kaya manfaat.

Air rebusan serai dan jahe memiliki rasa enak dan menghangatkan pada saat diminum. Minum air rebusan serai dan jahe dapat memberi rasa hening di tubuh dan pikiran. Kandungan gizi pada rempah serai dan jahe juga kapabel meningkatkan kesehatan. Minum air serai dan jahe ini pun dapat menambah kekebalan dan stamina tubuh.

Berikut 12 manfaat air rebusan serai dan jahe, wajib anda tahu !

Manfaat air rebusan serai dan jahe

Wewangian serai dapat membantu mengurangi kecemasan. Menyeruput air rebusan serai dengan juga bisa membuat tubuh lebih rileks dan hening. Jahe juga membantu meningkatkan mood dan menghilangkan stres.

Manfaat Jahe dan Sereh Menurunkan kolesterol

Serai dan jahe juga diketahui khasiatnya untuk menurunkan kolesterol. Sejumlah studi mengungkapkan konsumsi jahe dan serai dapat menampilkan pengurangan kolesterol sempurna dan trigliserida darah. Tingginya kadar LDL lipoprotein (kolestrol jahat) terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

1.Mencegah infeksi

Manfaat Jahe dan Sereh

Dari hasil penelitian menampilkan bahwa serai memiliki sebagian kecakapan pencegahan infeksi.

Sementara jahe, mengandung Gingerol yang dapat menghambat pertumbuhan bermacam variasi kuman. Ini betul-betul efektif melawan kuman mulut yang dihubungkan dengan penyakit radang pada gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. Jahe segar juga efektif melawan virus RSV, penyebab awam infeksi saluran pernafasan.

Baca juga  Cara Menghilang kan Jerawat di Hidung
2.Menjaga kesehatan mulut

Manfaat Jahe dan Sereh

Jahe dan serai memiliki sifat antimikroba yang berfungsi membantu melawan kuman Streptococcus mutans, kuman yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi. Dengan meminum air sisa rebusan serai dan jahe bisa membantu meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga mulut tetap bersih.

Serai dan jahe memiliki efek pereda rasa sakit. Minum air rebusan serai dan jahe terbilang sangat membantu meredakan nyeri pada saat sedang haid, nyeri sendi nyeri otot, hingga sakit kepala. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa jahe dapat mengurangi rasa sakit sama efektifnya dengan obat asam mefenamat dan ibuprofen.

3.Tingkatkan kekebalan

Jahe terdapat dua senyawa yaitu, citral dan geranial, memiliki manfaat anti-inflamasi. Senyawa-senyawa dipercaya bisa membantu menghentikan pelepasan penanda-penanda penyebab peradangan tertentu dalam tubuh dan menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, antioksidan dalam jahe dapat memperkuat kekenalan tubuh. Menghirup uap air serai dan jahe juga dapat membantu meringankan hidung tersumbat dan situasi sulit pernafasan lainnya seperti flu dan pilek.

Serai juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh untuk melancarkan metabolisme. Sifat diuretiknya cakap mendorong metabolisme sehat yang dapat menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, jahe juga bisa meningkatkan perasaan begah dan mengurangi rasa lapar. Ini dapat membikin tubuh tak mengonsumsi banyak kalori.

4.Kontrol gula darah

Air serai berfungsi sebagai detoksifikasi yang dapat memurnikan pankreas dan memurnikan fungsinya. Kecuali itu, jage juga dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah, mengurangi A1C, insulin, dan trigliserida di antara penderita diabetes variasi 2.

5.Jahe dan Sereh Bisa Mencegah Kanker

Manfaat Jahe dan Sereh

Serai memiliki citral yang berfungsi untuk mencegah kanker yang kuat terhadap sebagian garis sel kanker. Ini terjadi bagus dengan menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Gingerol pada jahe juga diteliti memiliki sifat antikanker.

Baca juga  Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan sampai Kecantikan. Check It!

Air serai dan jahe bisa digunakan untuk terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi. Pastinya dengan tuntunan seorang spesialis onkologi.

Efek diuretik pada serai cakap memecahkan begah pada perut. Secangkir air serai dan jahe juga merupakan obat alternatif untuk memecahkan sakit perut, kram perut, dan situasi sulit pencernaan lainnya.

Minyak atsiri daun serai juga dapat membantu melindungi lapisan perut terhadap kerusakan dari aspirin dan etanol. Jahe juga dapat menyehatkan pencernaan dengan membantu memecahkan gangguan pencernaan kronis.

6.Detoksifikasi

Serai memiliki efek diuretik yang berkhasiat untuk detoks tubuh. Detoksifikasi tubuh membantu membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Kecuali itu sifat antimikroba pada jahe mewujudkan minuman ini sebagai detoksifikasi yang efektif. Air rebusan serai dan jahe juga berkhasiat untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

7.Membantu Tidur Nyenyak 

Air rebusan serai dan jahe membantu menenangkan tubuh, membikin tidur lebih lelap. Minuman ini juga dapat membantu meringankan insomnia dan perasaan lekas berang. Jahe juga diteliti dapat memengaruhi kadari serotonin dalam tubuh yang membantu memecahkan stres berlebihan.

Nah bagaimana kapan anda kan mencoba mengkonsumsi jahe dan sereh? Sangat banyak manfaatnya loh..