cara menghilang kan jerawat di hidung

Cara Menghilang kan Jerawat di Hidung

Posted on

cara menghilang kan jerawat di hidung

Cara Menghilang kan Jerawat di Hidung – Salah satu tempat wajah yang paling sering diserang oleh masalah jerawat ialah area sekitar hidung. Jerawat di area hidung, khususnya dibagian dalam, dapat menjadi salah satu pertanda bahwa muncul suatu infeksi di dalam indra penciuman Anda, lho. Apalagi kondisi tersebut dapat menggangu aktifitas Anda, dan menimbulkan rasa nyeri yang teramat di rongga hidung.

Lantas, apa penyebab adanya jerawat dibagian hidung ini dan bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkannya?

BACA JUGA : Foundation Focallure Skin Evolution

Penyebab Jerawat di Hidung

cara menghilang kan jerawat di hidung
Sumber : https://statik.tempo.co/

Sama halnya seperti penyebab jerawat lainnya yang terdapat di area wajah, jerawat di bagian hidung biasanya muncul akibat terjadi penumpukan sel kulit mati dan pori-pori kulit yang tersumbat sebab produksi minyak berlebih. Selain itu, bagian hidung termasuk dalam salah satu bagian T-zone.

T-zone merupakan area wajah yang lebih rentan terkena jerawat, adapun area T-zone lainnya ialah bagian dahi, hidung, hingga dagu. Area-area ini cenderung memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan bagian wajah lainnya. Sehingga, bagian hidung dan sekitarnya tak jarang ditumbuhi oleh jerawat. bedbugs ivermectin

Pada beberapa kasus yang telah ada, keadaan ini tak hanya dapat disebabkan oleh acne vulgaris (pertumbuhan jerawat itu sendiri), tetapi juga dapat disebabkan oleh rosacea. Rosacea adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya gejala pembengkakan disertai ruam kemerahan pada bagian sekitarnya.

Saat mengalami gejala tersebut, hidung Anda mungkin akan terlihat membesar, hal ini merupakan dampak dari adanya peradangan dan kemudian jerawat akan muncul di atas kulit yang terkena ruam kemerahan tersebut.

BACA JUGA : Review SK-II Facial Treatment Essence

Cara Menghilang kan Jerawat di Hidung

cara menghilang kan jerawat di hidung
Sumber : https://bisikan.com/

Pada dasarnya, jerawat di bagian hidung ini dapat diobati dengan mudah menurut penyebab yang mendasarinya. Jika seandainya Anda menjumpai jerawat dampak acne vulgaris, Anda dapat gunakan beberapa cara perawatan satu ini, berdasarkan petunjuk dokter.

1. Obat jerawat

Salah satu cara yang cukup ampuh dan sangat efektif dalam menghilangkan jerawat khususnya di area hidung, ialah dengan menerapkan obat jerawat. Obat jerawat tersedia dalam beraneka bentuk, mulai dari obat minum, krim, hingga salep khusus jerawat.

Berikut ini bebrapa jenis obat yang biasa dipakai untuk mengobati jerawat yang sedang Anda alami.

  • Retinoid dapat digunakan untuk mencegah penyumbatan folikel rambut yang menjadi penyebab munculnya jerawat.
  • Benzoil peroksida sebagai obat antibakterial untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat.
  • Asam azelaic dan asam salisilat berguna untuk melawan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Dapsone untuk jerawat yang mengalami peradangan, dan menimbulkan rasa nyeri.
  • Antibiotik sebagai pereda gejala kemerahan dan melawan bakteri penyebab jerawat.
  • Isotretinoin obat yang lebih aktif dan biasanya digunakan untuk pasien yang tidak mempan menggunakan pengobatan lainnya.

Perlu diingat, Anda semestinya selalu menerapkan obat-obatan di atas sesuai dengan aturan pakai yang terdapat di dalam produk dan sesuai anjuran dokter.

2. Pilih Pembersih Wajah yang Lembut
Sumber : https://statik.tempo.co/

Selain menerapkan obat, kebiasaan lainnya seperti mencuci muka juga perlu diperhatikan untuk menunjang proses menghilangkan jerawat serta bekasnya. Usahakan untuk membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut dan bebas dari bahan berbahaya, Anda dapat mencuci muka Anda paling tidak sebanyak dua kali dalam sehari.

Serta, cobalah untuk hindari produk kecantikan tertentu, misalnya seperti scrub wajah dan astringen. ivermectina e ibuprofeno Sebab, produk-produk tersebut dapat mengiritasi kulit Anda dan akan memperparah keadaan jerawat di bagian hidung.

BACA JUGA : Cara Penggunaan Lidah Buaya untuk Wajah

3. Hindari Paparan Cahaya Matahari Secara Langsung

Bagi beberapa orang, paparan cahaya matahari secara langsung dapat memperparah kondisi jerawat mereka. Selain itu, obat jerawat yang dipakai terkadang juga dapat membuat kulit sekitar wajah menjadi lebih sensitif kepada cahaya matahari. can you give a dog ivermectin for tapeworms Oleh karenanya, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah obat yang Anda pakai termasuk jenis obat tersebut atau tidak.

Jika seandainya iya, usahakan untuk menghindari paparan cahaya matahari secara langsung. Anda juga dapat melindungi kulit Anda dengan menggunakan tabir surya. Pastikan pula untuk mengamati apakah produk tersebut berlabel non-acnegenic (tidak menyebabkan jerawat) atau non-comedogenic (tidak menyebabkan komedo).

4. Kompres Hidung dengan Air Hangat
Sumber : https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/

Jika seandainya Anda merasakan nyeri yang teramat di bagian hidung yang mengalami jerawat, cobalah untuk mengompres area tersebut dengan menggunakan kain hangat. Mengompres jerawat dengan kain hangat dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sakit dampak dari jerawat tersebut.

Anda dapat mengompres hidung yang sedang berjerawat sebanyak 3 kali dalam sehari, selama kurang lebih 1–2 menit.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau

Demikian ulasan singkat tentang cara menghilang kan jerawat di hidung dengan mudah dan terbukti efektif untuk mengurangi rasa nyerinya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu menyembuhkan jerawat Anda.

Baca juga  Semangka Mengandung Vitamin?