Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Mencegah Polusi.

manfaat tanaman lidah mertua

manfaat tanaman lidah mertua

Manfaat Tanaman Lidah Mertua – Sansevieria (snake plant), atau lidah mertua menjadi salah satu tanaman hias yang cukup populer. Tanaman ini seringkali dijadikan sebagai pajangan di dalam rumah karena bisa tumbuh dalam keadaan yang sedikit air dan sinar matahari.

Karakter bentuk dari lidah mertua adalah memiliki daun yang tegak panjang, keras, sukulen, dengan ujung meruncing. Alasan tanaman ini memiliki nama lidah mertua, yaitu karena bentuknya yang tajam. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, lidah mertua memiliki manfaat luar biasa yang mana sanggup menghisap berbagai jenis polusi udara.

Tetapi, manfaat lidah mertua tidak cuma itu. Dirangkum dari beberapa sumber, manfaat luar biasa lainnya dari tanaman lidah mertua yang mungkin tidak Anda sangka adalah untuk kesehatan tubuh.

Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat tanaman lidah mertua yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Kesehatan dan Mencegah Polusi yang Wajib Anda Ketahui

1. Pembersih Udara Alami Terbaik

Daripada kebanyakan tanaman dalam ruangan lainnya, lidah mertua memiliki kemampuan untuk memurnikan udara lebih baik. Jadi tidak heran jika banyak orang memilih tanaman ini sebagai opsi yang sangat baik untuk pencinta tanaman hias serta orang yang sadar kesehatan.

Karbon monoksida dalam jumlah berlebihan dapat diresap oleh tanaman lidah mertua. Selain itu, lidah mertua dapat mengeluarkan oksigen serta menyaring racun lain dari udara seperti benzena, xilena, trikloroetilen, dan formaldehida.

2. Penghilang Polusi Udara Dalam ataupun Luar Ruangan

Diklaim sebuah studi bahwa polusi udara dalam ruangan bisa sama mematikannya dengan polusi udara luar ruangan. Ada banyak cara untuk mengurangi polusi udara di dalam ataupun di luar ruangan dan cara terbaik adalah dengan menanam lidah mertua baik di dalam ataupun luar ruangan.

Lidah mertua bisa tumbuh dengan baik dalam kedua keadaan tersebut dan bisa mentolerir sinar matahari langsung yang sangat sedikit tanaman dalam ruangan yang dapat melakukannya.

3. Pemasok Oksigen Melimpah

Diterbitkan di Universitas Harvard, sebuah laporan teoritis menunjukkan bahwa lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak memberi oksigen. Sehingga, manfaat tanaman ini bagi kesehatan manusia tidak bisa disangkal.

Lidah mertua secara efisien meresap racun dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Tanaman bisa melepaskan kelembapan di udara dan mengurangi risiko alergi di udara secara efektif.

manfaat tanaman lidah mertua

Sumber: https://www.99.co

4. Tanaman Anti Kanker

Kemampuan lidah mertua seperti yang digambarkan sebelumnya yaitu dapat meresap dan menyingkirkan lingkungan dari agen penyebab kanker dan polutan udara beracun. Zat beracun tersebut seperti benzena, formaldehida, xilen, dan toluena menjadikannya opsi yang efektif untuk mengobati dan mencegah penyakit mematikan ini.

5. Penyerap Karbondioksida Malam Hari

Lidah mertua juga dapat mengurangi karbondioksida (CO2) pun di malam hari. Hal ini disebabkan oleh Crassulacean Acid Metabolism (CAM).

CAM memiliki kemampuan untuk melakukan jenis fotosintesis tertentu yang umumnya dilakukan oleh tanaman yang toleran kekeringan, iklim kering dan tanaman sukulen. Tamanan tersebut akan membuka stomata pada malam hari untuk meminimalkan kehilangan air dalam keadaan iklim panas. 

6. Meresap Radiasi

Secara aktif, lidah mertua juga untuk membantu perembesan radiasi. Salah satu perembesan radiasi tersebut adalah radiasi yang ditimbulkan oleh barang-barang elektronik. Oleh karena itu, tanaman ini sangat ideal untuk diletakkan di area meja ruang tamu atau ruang keluarga yang sering kali dijadikan untuk berkumpul.

7. Meresap Bau

Bunga lidah mertua memiliki bau yang khas dan kemampuan untuk menghisap seluruh sesuatu yang tidak baik bagi manusia. Lidah mertua pun dijadikan sebagai parfum di beberapa negara maju seperti Perancis dan China.

Oleh karena itu, sangat cocok meletakkan lidah mertua di kamar mandi dan dapur ataupun berbagai tempat lainnya yang meninggalkan bau-bau menyengat.

8. Sebagai Antiseptik

Lidah mertua adalah tanaman dengan bahan kandungan antiseptik alami yang memiliki sifat anti racun yang baik. Tanaman ini sangat baik digunakan sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri.

9. Sebagai Bahan Tonik Rambut Alami

Sama seperti lidah buaya, manfaat alami untuk rambut juga dimiliki oleh lidah mertua ini. Membantu yang ingin memiliki rambut halus dan menawan secara alami. Anda hanya perlu mengambil gel yang ada di daun lidah mertua dan oleskan ke rambut Anda.

10. Mengobati Ambeien

Tanaman lidah mertua rupanya juga bisa digunakan sebagai bahan obat ambeien yang adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya susah menjalani buang air besar. Lidah mertua berfungsi untuk membantu melancarkan proses pembuangan.

11. Menyembuhkan Sakit Kepala

Sakit kepala akan sangat mengganggu seseorang dikala melakukan aktivitas baik ringan ataupun berat. Dengan membakar tanaman pendang-pedangan ini terlebih dulu, lidah mertua dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala.

12. Menurunkan Resiko Diabetes

Lidah mertua juga ampuh mengatasi penyakit degeneratif seperti diabetes. Rebus terlebih dahulu daun lidah mertua kemudian diminum agar bisa menjadi pentralisir tingginya kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah sebagai Media Perawatan. Check It!