Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan sampai Kecantikan. Check It!

manfaat jamu kunyit asam

manfaat jamu kunyit asam

Manfaat jamu kunyit asam Salah satu jamu yang banyak ditemui dan dikonsumsi penduduk Indonesia adalah jamu kunyit asam. Jamu kunyit asam terbuat dari bahan dasar kunyit dan dicampur dengan asam jawa. Minuman berwarna kuning dengan rasa asam manis ini sebenarnya dikenal sebagai salah satu minuman herbal yang kaya akan manfaat.

Manfaat jamu kunyit asam yaitu dapat mencegah panas dalam, obat untuk sariawan sampai bisa menurunkan asam lambung. Berikut ini beberapa manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan sampai kecantikan yang bisa Anda dapatkan setelah mengonsumsinya.

Berbagai Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Membersihkan Tubuh dari Racun

Salah satu manfaat jamu kunyit asam yang bisa Anda dapatkan setelah mengonsumsinya adalah tubuh menjadi bersih dan bebas dari racun. Jamu kunyit asam bisa dikatakan sebagai minuman detoksifikasi atau minuman penetral racun yang masuk di dalam tubuh.

Racun atau toksin bisa ditemui dimana saja, terlebih berasal dari polusi udara yang tercemar oleh asap kendaraan. Ketika tubuh menghirup udara yang sudah tercampur dengan polusi asap, racun yang ada di dalamnya bisa mengendap melalui makanan atau obat yang sedang dikonsumsi.

Jika racun berikut tidak dibersihkan maka dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi tubuh. Hal ini bisa dinetralisir dengan mengonsumsi kunyit asam sebagai detoks alami yang bisa membersihkan semua racun di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi kunyit asam bisa menyebabkan daya tahan tubuh meningkat lebih baik. Manfaat jamu kunyit asam yang satu ini didapatkan dari zat antioksidan, antiperadangan dan antibakteri yang terkandung di dalam jamu kunyit asam.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C yang terkandung di dalam campuran asam jawa, bisa dikatakan sebagai pelindung utama tubuh dari berbagai macam ancaman bakteri, kuman, dan virus yang bisa mengakibatkan penyakit.

3. Mengatasi Keputihan

Keputihan memang menjadi masalah umum yang dirasakan oleh kaum hawa. Bukan hanya orang dewasa, keputihan juga dialami oleh remaja terlebih yang sudah mengalami menstruasi.

Bahkan keputihan ini seringkali mengganggu, bahkan yang lebih gawat bisa mengakibatkan bau dan rasa gatal pada organ intim. Tidak jarang memang, masalah keputihan ini bisa mengganggu jalannya kesibukan sehari-hari.

Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan cara mengonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan mineral dan minyak atsiri yang terkandung di dalamnya bisa membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi.

Selain itu juga efektif mencegah keputihan. Manfaat jamu kunyit asam ini dapat lebih terasa seandainya  Anda mengonsumsinya secara teratur.

manfaat jamu kunyit asam

Sumber: jamuonline77.blogspot.com

4. Melancarkan dan Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat kunyit asam yang lain adalah bisa melancarkan dan mengurangi nyeri waktu haid atau menstruasi. Kandungan kurkumin pada kunyit asam bekerja mengurangi hormon prostagladin yang bisa mengakibatkan peradangan dan rasa nyeri.

Bukan hanya itu, campuran jamu kunyit dengan asam jawa juga bisa berpengaruh baik pada sistem saraf otak.

Di mana otak dapat mengirimkan tanda ke tubuh sehingga kontraksi rahim dan nyeri yang ditimbulkannya bisa berkurang. Bagi para wanita, direkomendasi mengonsumsi jamu kunyit asam sebelum atau setelah haid.

5. Anti-infamasi

Dengan kandungan anti-inflamasi atau antiperadangan yang terkandung di dalam jamu kunyit asam, bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan terhadap sendi.

Hal ini dikarenakan jamu kunyit asam mempunyai sifat analgesik kurkumin yang sangat efektif mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan seperti peradangan sendi akibat artritis.

Dengan manfaat kunyit asam yang satu ini, maka sangat direkomendasi untuk dikonsumsi secara teratur dan baik bagi orang yang kerap menderita penyakit sendi terlebih orang umur lanjut.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kurkumin yang terkandung ada pada jamu kunyit asam bisa meningkatkan kegunaan brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

Dengan begitu, kegunaan otak bisa meningkat dengan baik sehingga bisa menjauhkan dari penyakit depresi, Alzheimer dan penyakit yang menyerang otak lainnya. Manfaat jamu kunyit asam ini bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

7. Mengurangi Bau Badan

Manfaat kunyit asam yang lain juga dikenal bisa mengatasi masalah bau badan. Bau badan sesungguhnya menjadi masalah lebih dari satu orang, terlebih terhadap orang yang mempunyai produksi keringat berlebih.

Namun tidak perlu khawatir, hal ini bisa diminimalisir dengan mengonsumsi minuman jamu kunyit asam secara rutin. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menambah daun beluntas ke dalam jamu kunyit asam yang dapat dikonsumsi.

8. Menurunkan Berat Badan

Hasil penelitian menyatakan bahwa asam jawa mempunyai kandungan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu kandungan dalam asam jawa juga bisa membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal dan mencegah produksi lemak.

Hal ini menjadi salah satu manfaat jamu kunyit asam yang menarik. Dengan berbagai macam kandungan asam jawa yang tercampur dalam minuman kunyit asam bisa digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan berat badan secara efektif dan tanpa ada efek samping yang merugikan.

9. Mencegah Jerawat

Selain kesehatan, terkandung pula manfaat kunyit asam yang baik untuk kecantikan, salah satunya adalah mencegah adanya jerawat. Kandungan vitamin A dan C yang terkandung di dalam kunyit ternyata menjadi zat ampuh yang bisa mencegah jerawat pada wajah.

Bukan hanya itu, kandungan yang terkandung di dalam minuman kunyit asam juga bisa menanggulangi rasa gatal yang ditimbulkan oleh persoalan kulit lain seperti ruam, kurap dan kudis.

Dengan begitu, untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit yang salah satunya bisa dilakukan dengan mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin.

10. Mencerahkan Kulit

Selain berfungsi untuk menanggulangi persoalan jerawat, manfaat jamu kunyit asam untuk kecantikan yang lain adalah bisa mencerahkan kulit. Kandungan vitamin A an C yang terkandung di dalam kunyit asam sesungguhnya dipercaya bisa mengakibatkan kulit menjadi lebih cerah.

Bagi Anda yang mempunyai persoalan kulit kusam, Anda bisa secara teratur mulai mengonsumsi jamu kunyit asam untuk hasil yang maksimal.

11. Mencegah Penuaan Dini

Jamu kunyit asam juga bisa dikonsumsi bagi Anda yang mencegah timbulnya keriput terhadap wajah. Bukan tanpa alasan, kunyit memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi yang baik untuk memelihara kulit dari ancaman radikal bebas.

Sehingga dengan mengonsumsi jamu kunyit asam, bisa menjadi ramuan yang ampuh untuk mencegah dari penuaan dini.

Baca Juga: Manfaat Daun Kumis Kucing, Untuk Mengobati Berbagai Penyakit..