Ukuran lapangan kasti sesuai standar serta peraturan singkatnya

Ukuran lapangan kasti
Ukuran lapangan kasti

Ukuran lapangan kasti sesuai standar serta beberapa peraturan kasti yang perlu Anda ketahui.

Kasti adalah jenis olahraga yang cukup menarik untuk dimainkan. Permainan kasti biasanya sering dilakukan oleh wanita anak-anak dan juga remaja. 

Olahraga kasti cukup seru sekali karena dimainkan oleh banyak orang. Anda bisa bermain kasti bersama teman atau keluarga anda. Selain bisa dengan mudah dimainkan, permainan kasti juga cukup ringan artinya tidak terlalu berdampak pada cedera.

Dalam permainan kasti terdiri dari 2 tim di mana masing-masing tim berjumlah 12 orang. Satu dari 12 orang tersebut bertindak sebagai pemimpin atau kapten yang tentunya salah satu tugas utamanya mengkoordinir teman-temannya.

Dalam olahraga kasti kekompakan Tim menjadi salah satu kunci utama untuk memenangkan pertandingan. Pemain yang memiliki kecepatan lari bagus sangat dibutuhkan dalam permainan kasti. 

Seorang pemukul dalam permainan kasti harus dapat berlari sekencang mungkin agar bola tidak dilemparkan oleh penjaga ke tubuhnya. Karena jika lawan dapat melempar kan bola mengenai tubuhnya maka permainan akan selesai, itu artinya lawan yang tadinya berjaga tersebut akan menjadi pemukul.

Bagi anda yang suka bermain kasti pastinya ingin tahu lebih banyak mengenai seluk beluk permainan yang satu ini. Diantara hal yang perlu Anda ketahui seputar olahraga ini adalah ukuran lapangan kasti itu sendiri.

Ukuran lapangan kasti

Lantas berapakah pasti ukuran lapangan kasti yang sesuai standar?. 

  • Lapangan kasti memiliki ukuran panjang sekitar 60 sampai 70 meter. 
  • Sedangkan lebar lapangan kasti adalah 30 m.
  • Untuk bagian ruang tunggu olahraga kasti memiliki ukuran 10 m.

Setelah kita mengetahui ukuran lapangan kasti sekarang kita akan mencari tahu berapa ukuran garis yang terdapat di dalam lapangan tersebut.

Dalam olahraga kasti terdapat beberapa garis di antaranya adalah:

  • Ruang pelambung lapangan kasti memiliki luas 5 x 5 m.
  • Sedangkan untuk luas ruangan pemukul memiliki ukuran kurang lebih 5 x 5 m.
  • Untuk ruang bebas sendiri lapangan kasti memiliki luas 15 x 5 m.
  • Sedangkan untuk jari-jari marka ukurannya sekitar 1 meter.

Peralatan dalam permainan kasti

Selain lapangan tentu ada beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang permainan kasti. Lalu sebelum bermain kasti peralatan apa saja yang dibutuhkan?. 

Bola kasti: ya bola kasti merupakan salah satu komponen yang paling penting jika anda ingin bermain olahraga yang satu ini. Bola kasti bisa terbuat dari bahan karet yang terkadang dilapisi oleh serat pada bagian luarnya. Biasanya pemain kasti juga menggunakan bola dari permainan tenis lapangan. 

Tongkat pemukul: dalam permainan kasti salah satu alat yang tidak boleh dilupakan adalah tongkat pemukul. Biasanya dalam olahraga kasti tongkat yang digunakan memiliki bahan kayu yang keras agar pukulan bisa lebih maksimal.

Bendera kecil, dalam permainan kasti salah satu komponen yang juga dibutuhkan adalah bendera kecil. Usahakan Anda memilih bendera yang memiliki warna mencolok agar lebih mudah dilihat dari jarak jauh.

Peraturan singkat permainan kasti

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui selain ukuran lapangan kasti yaitu peraturan dalam permainan tersebut.

Peraturan nilai

Pertama dari sisi waktu,  dalam olahraga kasti setidaknya dimainkan dalam durasi 30 menit dengan dua babak. Pada masing-masing babak tersebut ada jeda istirahat sekitar 10 menit.

Meskipun demikian sebenarnya Anda bisa menentukan sendiri durasi permainan kasti karena olahraga ini sefara umum tidak menentukan ukuran waktu. Untuk itu Anda bisa bermain dengan durasi sesuai kemampuan saja. Baca juga Ukuran meja tenis (pingpong) sesuai standar Internasional

Peraturan nilai

  • Nilai 0 diperoleh saat pemain gagal melakukan pukulan pada bola
  • Nilai 1 diperoleh jika seorang pemain kasti dapat memukul dengan benar dan bisa kembali ke ruang bebas dengan selamat.
  • Nilai 1 juga diberikan kepada penjaga saat dia dapat menangkap bola dari lawan sebelum jatuh ke tanah. Jadi seorang penjaga dapat mengumpulkan nilai jika terus mampu menangkap bola tersebut.
  • Sedangkan untuk nilai 2 diberikan kepada regu pemukul yang dapat memukul bola dengan baik dan bisa lari ke base 1 dan 2, serta kembali ke ruang bebas tanpa terkena lemparan bola dari lawan.
  • Nilai 3 bisa didapat oleh eh tim penjaga jika mereka dapat menangkap bola hingga tiga kali. Setelah itu akan dilakukan pertukaran tempat. Untuk regu yang paling banyak mengumpulkan nilai maka dialah yang keluar sebagai pemenangnya.

Demikian tadi ulasan mengenai peraturan serta ukuran lapangan kasti yang diulas dengan lengkap dan gamblang.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →