Ukuran lapangan futsal

Ukuran lapangan futsal standar Nasional dan Internasional

Olahraga
Ukuran lapangan futsal

Ulasan lengkap mengenai ukuran lapangan futsal yang sesuai dengan standar Nasional dan Internasional serta berbagai macam jenis lantai yang digunakan dalam permainan futsal.

Sekilas tentang futsal

Futsal merupakan salah satu bentuk olahraga yang menyerupai sepak bola akan tetapi dengan lapangan yang lebih kecil. Selain ukurannya yang lebih kecil, futsal juga membutuhkan orang yang lebih sedikit dibandingkan permainan sepak bola. Dalam permainan futsal hanya membutuhkan 5 orang saja. Permainan futsal saat ini sangat digemari karena selain lebih mudah dimainkan dan tidak membutuhkan banyak orang juga tidak terlalu banyak menguras tenaga. Hal ini dikarenakan lapangan futsal umumnya lebih kecil. Selain itu, yang membuat permainan futsal sangat menyenangkan adalah karena di dalam sebuah ruangan tertutup atau indoor yang dikelilingi oleh pagar sehingga bola tidak mudah keluar.

Bagi Anda yang mungkin saat ini ingin mendirikan sebuah arena futsal ada baiknya untuk mengetahui ukuran lapangan futsal yang sesuai standar nasional dan internasional. Berikut kami sajikan artikel yang mengulas tuntas mengenai serba-serbi permainan futsal:

Ukuran lapangan futsal standar

Ada berapa jenis lapangan futsal yang pertama adalah jenis lapangan rumput sintetis. Lapangan futsal jenis ini biasanya memiliki harga sewa yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang menggunakan lantai biasa. Rumput dari lapangan futsal biasanya terbuat dari bahan sintetis atau plastic. Banyak pemain futsal yang menyukai jenis lapangan ini karena saat terjatuh biasanya tidak terlalu sakit karena agak sedikit empuk.

  1. Lapangan futsal yang sesuai standar Nasional dan Internasional paling tidak memiliki panjang sekitar 25 sampai 43 meter. Lebarnya sendiri mencapai 15 hingga 25 meter.
  2. Untuk permukaan lapangan futsal biasanya harus memiliki tingkat kerataan yang baik sehingga membuat bola tidak memantul ke mana-mana.
  3. Lapangan futsal biasanya terdapat beberapa garis yang melintang di bagian tengah.
  4. Di tengah lapangan futsal biasanya terdapat garis bulat yang hampir mirip dengan lapangan sepak bola. Sedangkan di pusat terdapat titik untuk melakukan Kick Off pertandingan.
  5. Di depan kedua gawang lapangan futsal terdapat sebuah garis menyerupai busur di mana garis ini berfungsi untuk dijadikan sebagai area kipper. Itu artinya kiper tidak boleh memegang bola di luar dari garis tersebut.
  6. Untuk ukuran gawang dari lapangan futsal secara umum lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepak bola. Yaitu hanya memiliki tinggi sekitar 2 meter dan lebar 3 meter.
  7. Nah satu hal yang membedakan antara futsal dengan sepak bola adalah Jumlah cadangan pemain. Jika dalam permainan sepak bola biasanya dibatasi maka dalam permainan futsal tidak dibatasi. Itu artinya pemain bisa bergantian masuk dan keluar lapangan.
  8. Durasi permainan futsal biasanya 2 X 20 menit di mana ada jeda waktu istirahat sekitar 10 menit.

Ukuran lapangan futsal mini

Selain permainan futsal biasa ternyata ada juga jenis lapangan futsal yang memiliki ukuran lebih kecil yaitu jenis futsal mini.

Sesuai namanya ukuran lapangan futsal mini tentunya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran standar. Ukuran lapangan futsal mini biasanya hanya memiliki panjang sekitar 25 m dan lebar 15 m saja. Ukuran tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran lapangan futsal yang standar. Biasanya futsal mini ini hanya dimainkan kan lebih dari 3 pemain tetapi tidak boleh kurang dari itu, meskipun tidak harus 5.

Ukuran bola futsal

Nah satu hal lagi yang diperlukan dalam permainan futsal adalah bola. Bola permianan futsal sekilas sama dengan bola pada permainan sepak bola pada umumnya akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil.

Bola permainan futsal biasanya memiliki keliling sekitar 62 sampai 64 cm. Saat dijatuhkan pantulan bola pertama biasanya memiliki ketinggian sekitar 56 cm tergantung dari dijatuhkannya bola. Biasanya di lapangan rumput sintetis bola tidak akan memantul terlalu tinggi.

Jenis lapangan futsal

Lapangan futsal ternyata memiliki berbagai macam jenis dari permukaan nya sendiri. Berikut beberapa jenis permukaan lapangan futsal yang paling umum digunakan dalam pertandingan Nasional dan Internasional:

  1. Lantai Vinly : Lantai futsal jenis ini juga digemari banyak pemain karena permukaan nya yang relatif lebih empuk dan halus. Lantai Vinly terbuat dari bahan yang hampir mirip dengan karet. Banyak pemain futsal yang menyukai lapangan jenis ini karena tidak terlalu menyakitkan saat terjatuh. Lapangan futsal jenis ini biasanya memiliki ketebalan rata-rata mulai dari 5 hingga 8 MM dan lantai vinly juga relatif bagus karena laju bola bisa stabil.
  2. Lantai Polypropylene: Jenis lapangan futsal yang kedua adalah terbuat dari bahan plastik PP. Lantai futsal jenis ini biasanya mudah dibongkar pasang sehingga biasanya tidak permanen. Kelebihan dari lapangan futsal Polypropylene ini karakternya lebih kesat dan juga tidak terlalu keras sehingga tidak terlalu sakit saat terjatuh.
  3. Lantai rumput sintetis: Jenis lapangan futsal yang satu ini terlihat seperti lapangan sepakbola karena permukaannya dilapisi rumput. Hanya bedanya jika lapangan sepak bola rumputnya terbuat dari rumput asli, maka pada lapangan futsal ini rumputnya merupakan jenis rumput sintetis. Selain terlihat lebih bagus, karena menyerupai lapangan sepakbola jenis lapangan rumput sintetis ini juga relatif lebih empuk.

Peraturan permainan futsal

Durasi permainan futsal

Pertandingan Futsal terdiri dari dua periode atau babak yang masing-masing berlangsung 20 menit dari waktu bermain sebenarnya. Waktu akan diberhentikan setiap kali bola keluar dari area permainan dan dihidupkan kembali saat permainan dilanjutkan.

Waktu time out

Tim berhak untuk melakukan time-out satu menit di setiap babak. Sebuah tim yang tidak meminta time-out di paruh pertama pertandingan hanya berhak atas satu time-out selama babak kedua. Tidak ada waktu habis dalam waktu tambahan.

Penggantian tidak terbatas

Pertandingan futsal dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing team terdiri dari lima pemain (seorang penjaga gawang dan empat pemain lapangan) plus sembilan pemain pengganti. Tidak ada batasan jumlah pergantian pemain dalam permianan futsal. Pergantian pemain dapat dilakukan kapan saja, entah saat bola dalam permainan atau tidak, tetapi hanya di zona substitusi yang dibatasi khusus.

Penggantian pemain yang diusir

Seorang pemain pengganti dalam permainan futsal dapat menggantikan pemain yang diusir dari lapangan dan memasuki lapangan dua menit penuh setelah pergantian. Mereka mungkin, bagaimanapun, memasuki lapangan futsal sebelum dua menit berlalu jika tim mereka mengakui gol saat pemain turun.

Penjaga gawang

Penjaga gawang dalam permianan futsal hanya memiliki waktu empat detik untuk memainkan bola, dengan tangan atau kaki, dan tidak boleh menyentuhnya lagi jika sengaja diberikan oleh rekan setimnya tanpa sentuhan dari lawan. Kiper permainan futsal juga sekarang bebas bermain di mana saja di lapangan dan melempar bola melewati garis tengah, yang sebelumnya tidak diizinkan.

Demikian tadi ulasan mengenai ukuran lapangan futsal yang sesuai standar Nasional dan Internasional.