Ukuran Kandang Doc 100 Ekor

Posted on

Ada banyak cara untuk memulai bisnis peternakan ayam, dan salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kandang ayam. Kandang ayam merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan keamanan, dan kenyamanan ayam yang dipelihara. Oleh karena itu, penting mengetahui jenis kandang, ukuran, sistem, dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kandang ayam yang baik dan sesuai standar.

Jenis Kandang Ayam

Ada beberapa jenis kandang ayam yang umum digunakan, diantaranya kandang baterai, kandang kontainer, kandang seluler, dan kandang floor.

Kandang Baterai

Kandang baterai adalah kandang ayam yang biasanya dipakai oleh peternak ayam dalam jumlah besar. Berbentuk seperti susunan rak yang saling terhubung dan dilengkapi dengan pemanas dan penyinaran. Ukuran kandangnya biasanya 120 cm x 50 cm x 45 cm dan berat badan ayam yang dipelihara biasanya berkisar antara 1,5 hingga 3 kg.

Kandang Ayam Baterai

Kelebihan dari kandang baterai adalah dapat menampung banyak ayam dalam satu waktu, sehingga memudahkan dalam pengawasan dan pemberian pakan. Dalam memelihara ayam dengan menggunakan kandang baterai diperlukan pengawasan yang ketat, karena kandang baterai menyebabkan ayam sulit untuk bergerak dan cenderung stres dan mudah sakit.

Kandang Kontainer

Kandang kontainer biasanya digunakan oleh peternak ayam yang menggeluti usaha peternakan ayam secara mobile atau keliling. Kandang kontainer berbentuk seperti kotak yang dilengkapi dengan ventilasi dan lampu. Kandang ini bisa menjadi solusi bagi peternak yang masih aktif di pekerjaan lainnya sehingga dapat membuat usaha peternakan ayam lebih mobile.

Baca juga  Kandang Kucing Alumunium

Kandang Ayam Kontainer

Kelebihan dari menggunakan kandang kontainer adalah fleksibilitas yang tinggi, karena kandang dapat dipindah-pindahkan secara mudah. Namun, kandang kontainer memerlukan fasilitas kelistrikan dan penyimpanan kayu untuk menjaga suhu di dalam kandang tetap hangat.

Kandang Seluler

Kandang seluler mirip dengan kandang kontainer, tetapi ukurannya lebih kecil karena dirancang untuk digunakan oleh peternak skala kecil dan hanya memelihara ayam dalam jumlah sedikit. Kandang seluler merupakan kandang yang ramah lingkungan dan dapat dipindahkan-pindahkan. Ukuran kandang seluler sekitar 2 meter x 1,5 meter x 1,8 meter dan hanya dapat menampung sekitar 15 hingga 20 ekor ayam.

Kandang Ayam Seluler

Kelebihan dari menggunakan kandang seluler adalah ramah lingkungan, memudahkan peternak untuk berpindah-pindah lokasi, dan mudah dirakit dan disimpan. Namun, kandang seluler membutuhkan tempat parkir, keamanan, dan pemasangan pemberat agar tidak terbalik.

Kandang Lantai

Kandang lantai merupakan kandang ayam yang paling umum digunakan oleh peternak skala rumah tangga dan peternak skala kecil. Kandang lantai memiliki konstruksi yang sederhana dan mudah diaplikasikan. Kandang lantai biasanya dibangun dengan ukuran 2 meter x 4 meter x 1,8 meter dan dapat menampung sekitar 25 hingga 30 ekor ayam.

Kandang Ayam Lantai

Kelebihan dari menggunakan kandang lantai adalah konstruksinya yang sederhana dan mudah dibangun, serta dapat ditempatkan pada lahan kosong. Namun, kandang lantai hanya cocok untuk peternak skala kecil atau peternak rumah tangga karena kapasitasnya yang terbatas.

Ukuran Kandang Ayam

Penentuan ukuran kandang ayam yang baik harus disesuaikan dengan jenis, usia, dan jumlah ayam yang akan dipelihara. Berikut ini adalah rincian ukuran kandang ayam untuk beberapa jenis ayam.

Ukuran Kandang Ayam Berdasarkan Jenis Jumlah Ayam Ukuran Kandang (meter) Tinggi Kandang (meter)
Ayam Broiler 1 – 2 0,5 x 0,5 0,4
Ayam Kampung 3 – 4 0,8 x 0,8 1 – 1,3
5 – 6 1 x 1 1,5
Ayam Petelur 5 – 6 1 x 1 2
7 – 8 1,5 x 1,5 2,5
Baca juga  Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Sistem Ventilasi pada Kandang Ayam

Ventilasi yang baik sangat penting untuk kesehatan ayam dan menjaga keutuhan kandang ayam dari segi struktur. Ventilasi yang buruk dapat memicu perkembangan bakteri yang mengganggu kesehatan ayam dan menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi ayam. Berikut adalah beberapa sistem ventilasi yang biasa digunakan pada kandang ayam.

Ventilasi Alami

Sistem ventilasi alami adalah sistem ventilasi yang memanfaatkan sirkulasi udara di sekitar kandang. Sirkulasi udara alami ini dihasilkan dari adanya celah-celah di atap dan dinding kandang. Meskipun tidak memerlukan energi listrik, tetapi ventilasi alami memiliki kekurangan yaitu kurang efektif dalam pengaturan suhu dan kelembaban di dalam kandang.

Ventilasi Mekanis

Sistem ventilasi mekanis adalah sistem ventilasi yang memanfaatkan teknologi dari mesin atau alat mekanis. Sistem ventilasi mekanis biasanya menggunakan kipas dan konstruksi kandang yang dilengkapi dengan lubang udara dan insulasi untuk menjaga suhu dan kelembaban di dalam kandang.

Kombinasi Ventilasi Alami dan Ventilasi Mekanis

Sistem ventilasi kombinasi adalah sistem ventilasi yang menggabungkan ventilasi mekanis dan ventilasi alami. Sistem ventilasi kombinasi efektif untuk menjaga kesehatan ayam dan pengaturan suhu dan kelembaban di dalam kandang.

Peralatan Kandang Ayam

Selain memperhatikan jenis dan ukuran kandang, kita juga harus memperhatikan peralatan-peralatan yang ada di dalam kandang. Peralatan ini berguna untuk menjaga kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan ayam yang kita pelihara. Berikut adalah peralatan yang diperlukan untuk kandang ayam.

Minium Feeders dan Drinkers

Minium Feeders dan Drinkers

Minium feeders dan drinkers berguna sebagai wadah makanan dan minum yang terpisah. Wadah makanan dan minum yang terpisah dapat membantu menjaga kualitas makanan dan minuman bagi ayam.

Perangkat Pencahayaan

Perangkat Pencahayaan

Perangkat pencahayaan berguna untuk menjaga dan mengatur suhu di dalam kandang. Pencahayaan yang baik dapat mempengaruhi produksi telur dan pertumbuhan ayam.

Baca juga  Kandang Pitik Jenenge

Fans

Kipas Angin di Kandang Ayam

Fans atau kipas angin berguna untuk menyirkulasikan udara di dalam kandang dan menjaga suhu yang optimal bagi ayam.

Alat Repelent

Alat Repellant di Kandang Ayam

Alat repelent berguna untuk mengusir serangga dan hewan lainnya yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan ayam.

Bahan Penghangat

Bahan Penghangat di Kandang Ayam

Bahan penghangat seperti heat lamp berguna untuk menjaga suhu yang tepat dan konstan di dalam kandang.

Kesimpulan

Mengetahui jenis kandang ayam, ukuran kandang, sistem ventilasi, dan peralatan-peralatan yang dibutuhkan merupakan hal yang penting untuk memulai bisnis peternakan ayam. Dengan memilih jenis kandang dan peralatan yang tepat, peternak akan dapat memastikan kesehatan dan kenyamanan ayam yang dipelihara. Selain itu, mengetahui ukuran kandang yang sesuai juga sangat penting untuk menjaga kesehatan ayam dan meningkatkan produksi telur.

Temukan postingan lainnya tentang Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *