Sawi Dapat Dipanen Pada Umur

Posted on

Yuk menanam sawi pakcoy di rumah! Tidak perlu lahan yang luas untuk menumbuhkan sayuran yang lezat dan sehat ini. Di artikel ini, kami akan membagikan teknik jitu budidaya sawi pakcoy yang dapat dilakukan di berbagai jenis tanah dan kondisi iklim.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan:

Sawi Pakcoy

Sebelum memulai, pastikan Anda menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • Bibit sawi pakcoy
  • Tanah subur dan kaya nutrisi
  • Pupuk kompos atau pupuk kandang
  • Air yang cukup

Langkah-Langkah Budidaya Sawi Pakcoy

1. Persiapan Tanah

Persiapan Tanah

Sawi pakcoy membutuhkan tanah subur dan banyak mengandung nutrisi untuk tumbuh dengan baik. Pastikan untuk membersihkan tanah terlebih dahulu dari gulma dan batu-batu kecil yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Setelah membersihkan tanah, tambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang di atas tanah dan campurkan dengan menggunakan cangkul atau alat lainnya hingga merata.

2. Penanaman Bibit Sawi Pakcoy

Penanaman Bibit Sawi Pakcoy

Buat lubang di tanah sesuai dengan ukuran bibit sawi pakcoy yang Anda miliki. Jarak antara bibit satu dengan yang lainnya sekitar 10 cm. Setelah itu, masukkan bibit sawi pakcoy ke dalam lubang dan tutup dengan tanah.

Setelah menanam bibit sawi pakcoy, pastikan untuk menyiram seluruh tanah dengan air yang cukup dan jangan lupa rajin menyirami bibit sawi pakcoy setiap hari. Itu akan membantu pertumbuhannya menjadi lebih baik.

3. Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan Tanaman

Setelah menanam bibit sawi pakcoy, pastikan untuk memberikan perawatan yang cukup. Rajin menyiram tanaman setiap hari dan pastikan tanah selalu lembab. Jangan biarkan tanah menjadi kering atau terlalu basah, karena itu dapat menyebabkan akar membusuk dan tanaman menjadi mati.

Baca juga  Fungsi Batang Kangkung

Jangan lupa memberikan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos setiap 2 minggu sekali. Pupuk organik akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dan membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik.

Bersihkan area sekitar tanaman dari gulma dan serangga yang dapat merusak tanaman.

4. Panen Sawi Pakcoy

Panen Sawi Pakcoy

Setelah sekitar 1-2 bulan menanam sawi pakcoy, Anda bisa mulai memanen sayuran ini. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memotong daun sawi pakcoy di bagian pangkal tanaman. Potong daun yang sudah cukup besar dan lebar, sambil membiarkan daun yang lebih kecil untuk terus tumbuh.

Mulailah memanen daun sawi pakcoy dari yang terluar dan paling rendah. Teruslah memanen daun sawi pakcoy setiap hari hingga seluruh tanaman dipanen.

Nah, itulah teknik jitu budidaya sawi pakcoy yang mudah untuk dilakukan di rumah. Yuk, coba tanam sendiri dan nikmati hasilnya!

Simak tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *