Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dalam dunia ekonomi

Perbedaan

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dalam dunia ekonomi. Dunia teknologi yang terus berkembang, dan lingkungan bisnis yang kompleks mendorong desa global untuk berjuang demi kemajuan ekonomi, karena ini adalah satu-satunya jalan menuju kemakmuran ekonomi global. Secara umum, istilah Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi digunakan oleh para ekonom untuk mendefinisikan konsep kemajuan ekonomi, di mana, pertumbuhan merupakan peningkatan berkelanjutan dalam pendapatan per kapita suatu negara. Pembangunan ekonomi, di sisi lain, lebih komprehensif dan lebih luas cakupannya dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi

Ketika kita berbicara tentang pembangunan, biasanya fokus pada “ekonomi”. Kata pertumbuhan dan perkembangan ekonomi digunakan secara bergantian ketika Anda berbicara tentang kesejahteraan suatu negara. Pembangunan ekonomi terkait dengan meningkatnya tingkat pendapatan dalam masyarakat atau negara, dan peningkatan terkait dalam tabungan, konsumsi, dan investasi. Oleh karena itu, ini adalah konsep yang lebih luas daripada pertumbuhan ekonomi, karena jika pendapatan tidak didistribusikan secara adil dalam masyarakat, pertumbuhan mungkin tidak akan pernah tercapai, atau tidak akan ada kemajuan di suatu negara, yang pada akhirnya mengarah pada kegagalan untuk mencapai tujuan yang terkait dengan pembangunan ekonomi.

Perkembangan ekonomi juga dapat didefinisikan sebagai suatu proses di mana tingkat pasokan barang dan jasa meningkat dari waktu ke waktu, dan mengarah pada standar hidup yang lebih baik dan lebih sejahtera.

Menurut Ekonom Amerika, Michael P. Todaro, “Pembangunan harus dipahami (dipertimbangkan) karena sebagai proses multi-dimensi yang melibatkan perubahan besar dalam struktur sosial, sikap rakyat dan institusi nasional serta percepatan pertumbuhan ekonomi, pemberantasan (akhir) kemiskinan dan pengurangan ketidaksetaraan masyarakat. kekayaan.”

Ini mewakili sejumlah perubahan struktural di berbagai sektor ekonomi, termasuk struktur pekerjaan, struktur produksi industri, struktur teknologi, struktur output nasional, struktur perdagangan luar negeri, dan struktur sosial dan kelembagaan.

Definisi Pertumbuhan ekonomi

Dalam definisi Michael P. Todaro, “Pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah proses yang stabil dimana kapasitas serta produktif ekonomi meningkat dari waktu ke waktu dalam rangka menghasilkan peningkatan output dan pendapatan secara nasional.”

Pertumbuhan ekonomi dicapai secara bertahap selama beberapa tahun, terkadang beberapa dekade. Ini adalah proses yang lambat dan jangka panjang, yang menunjukkan tingkat peningkatan pendapatan riil per kapita yang lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan populasi. Pertumbuhan ekonomi apa pun dikaitkan dengan peningkatan tingkat produktivitas suatu ekonomi, yang terkait dengan penurunan pengangguran dan kemiskinan.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi:

Implikasi

Seperti yang sudah dibahas, ketika Anda berbicara tentang pembangunan ekonomi, itu menyiratkan perubahan dalam pendapatan, investasi, tabungan dan konsumsi, yang membawa perubahan progresif, seperti perubahan teknologi dan perubahan kelembagaan, dalam struktur sosial ekonomi suatu negara.

Ketika Anda berbicara tentang pertumbuhan ekonomi, itu menyiratkan peningkatan dalam output riil barang dan jasa di suatu negara.

Faktor-faktor

Perkembangan ekonomi mencakup faktor-faktor, termasuk, pertumbuhan indeks modal manusia, pengurangan jumlah ketidaksetaraan, dan perubahan struktural untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan dalam suatu masyarakat. Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi menunjukkan peningkatan yang lambat dalam komponen-komponen PDB, termasuk ekspor bersih, pengeluaran pemerintah, investasi dan konsumsi.

Pengukuran dan Efek

Perkembangan ekonomi diukur secara kualitatif dengan bantuan angka melek huruf, angka kematian bayi, Indeks Pembangunan Manusia Kualitatif (HDI), Indeks Kemiskinan Manusia (HPI) dan Indeks Terkait Gender (GDI). Padahal, Pertumbuhan Ekonomi diukur secara kuantitatif dengan peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) riil. Jadi dapat dikatakan bahwa pembangunan membawa perubahan kualitatif dan kuantitatif dalam setiap ekonomi dan pertumbuhan merupakan perubahan kuantitatif.

Relevansi

Pembangunan ekonomi adalah metrik untuk memperkirakan kualitas dan kemajuan kehidupan di negara-negara berkembang, dan pertumbuhan ekonomi lebih relevan untuk mengukur kemajuan di negara-negara maju. Namun, pertumbuhan digunakan di semua negara di dunia sebagai ukuran untuk menghitung kemajuan ekonomi secara keseluruhan karena merupakan syarat utama untuk pembangunan ekonomi.