Kupas tuntas perbedaan Wi-Fi Extender dan Repeater

Perbedaan, Teknologi

Kupas tuntas perbedaan Wi-Fi Extender dan Repeater. Dahulu untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya adalah dengan cara menggunakan kabel yang memiliki diameter sebesar ibu jari Anda. Hal-hal seperti ini sebenarnya sudah tidak asing bagi para pengguna komputer yang seringkali harus membawa laptop mereka dari kantor ke rumah, dan kembali lagi dari hari ke hari. Tentu cara tersebut akan jauh lebih mudah jika kita bisa memindahkan informasi dari satu komputer ke komputer lainnya. Sarana interkoneksi telah berkembang dari waktu ke waktu dan panggung ditetapkan untuk jaringan rumah Wi-Fi.

Saat ini jutaan orang di seluruh dunia memiliki jaringan Wi-Fi di rumah mereka. Namun, Wi-Fi memerlukan beberapa pekerjaan karena berfungsi lintas platform perangkat keras dan sistem operasi jaringan. Standar Wi-Fi terus Diberkembang sejak pertama kali dirilis pada tahun 1997. Segera setelah itu Wi-Fi di rumah menjadi lebih baik. Namun, mendapatkan sinyal Wi-Fi yang dapat diandalkan di rumah adalah salah satu kendala terbesar dalam jaringan nirkabel, terutama di rumah. Untuk masalah seperti itu, perangkat seperti Wi-Fi extender dan repeater biasanya digunakan untuk meningkatkan jangkauan Wi-Fi. Meskipun kedua perangkat pada dasarnya sama, tidak ada perbandingan langsung untuk lebih memahami perbedaan antara keduanya. Mari kita lihat bagaimana perangkat ini bekerja dan apa saja perbedaan mereka satu sama lain.

Apa itu Wi-Fi Extender?

Wi-Fi Range Extender, atau hanya disebut sebagai Wi-Fi Extender, adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk memperluas area jangkauan jaringan Wi-Fi Anda. Hal Ini akan meningkatkan jarak di mana sinyal WLAN dapat menyebar dengan meningkatkan sinyal Wi-Fi sehingga mengatasi rintangan dan meningkatkan kualitas sinyal jaringan secara keseluruhan. Extender jangkauan Wi-Fi tersedia dalam berbagai bentuk sebagai perluasan jangkauan atau penguat sinyal. Extender jangkauan berfungsi sebagai repeater komunikasi atau jaringan yang memilih dan mencerminkan sinyal Wi-Fi dari router atau titik akses jaringan. Jika extender jangkauan langsung terhubung ke stasiun pangkalan utama, kinerja jaringan perangkat akan rendah. Mereka terhubung secara nirkabel ke router Wi-Fi atau titik akses yang memungkinkan mereka untuk bekerja dengan seperangkat peralatan lain yang terbatas

Apa itu repeater Wi-Fi?

Wi-Fi repeater adalah perangkat jaringan lain yang berfungsi untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabel dari sinyal Wi-Fi yang ada dengan meningkatkan sinyal ketika mulai drop off. Range extender dan Repeater kebanyakan dikira sama sehingga kebnayakan orang sering bingung untuk membedakan satu sama lain meskipun secara teknis keduanya berbeda. Repeater mengambil sinyal Wi-Fi asli dan memantulkannya lebih jauh ke bawah. Perangkat tidak terhubung secara fisik ke komputer apa pun atau ke router utama Anda; hanya membutuhkan daya AC dan dalam jangkauan router nirkabel utama. Hal Ini berisi dua router nirkabel – salah satu router nirkabel mengambil sinyal Wi-Fi yang ada dan memantulkannya kembali ke router lain yang kemudian mentransmisikan sinyal yang dikuatkan sehingga meningkatkan area jangkauan.

Perbedaan Wi-Fi Extender dan Repeater

Dasar-dasar Wi-Fi Extender dan Repeater

Wi-Fi extender dan Wi-Fi repeater hamper sama dan keduanya sering sulit dibedakan antara satu sama lain. Keduanya adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi yang ada dan ditempatkan di suatu tempat antara router nirkabel Anda dan adaptor nirkabel terjauh di rumah Anda. Extender jangkauan Wi-Fi pada dasarnya adalah perangkat repeater yang mengambil sinyal Wi-Fi asli dari router nirkabel dan memantul lebih jauh untuk meningkatkan sinyal. Extender tidak terhubung secara fisik ke komputer atau router asli; itu hanya perangkat plug-and-play yang membutuhkan daya AC dan tetap berada dalam jangkauan router nirkabel asli.

Cara Kerja Extender dan Repeater Wi-Fi

Wi-Fi extender adalah perangkat jaringan mandiri yang terletak di antara router asli Anda dan lokasi di dalam rumah Anda di mana sinyal Wi-Fi tidak menjangkau dengan benar dan yang membutuhkan jangkauan nirkabel yang lebih baik. Dibutuhkan sinyal yang ada dari router Anda dan mentransmisikannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas sinyal jaringan secara keseluruhan. Repeater Wi-Fi, seperti namanya, menyiarkan ulang sinyal Wi-Fi yang ada yang diterima ke area terbatas, yang memungkinkan perangkat dalam jangkauan untuk terhubung ke jaringan nirkabel yang sama. Hal Ini terhubung ke router nirkabel dan perangkat nirkabel lainnya pada frekuensi yang sama sehingga bandwidth didistribusikan di seluruh perangkat.

Kinerja Extender dan Repeater Wi-Fi

Perluasan jangkauan Wi-Fi pada dasarnya adalah repeater Wi-Fi yang memilih dan mencerminkan sinyal Wi-Fi yang ada dari router atau titik akses jaringan, meningkatkan jarak penyebaran sinyal WLAN. Tidak seperti repeater Wi-Fi, mereka mengirimkan kembali sinyal pada saluran nirkabel yang berbeda dari yang digunakan oleh router nirkabel asli yang mempertahankan kekuatan sinyal sampai penempatan yang tepat dipastikan.

Repeater Wi-Fi, di sisi lain, mendistribusikan sinyal Wi-Fi di berbagai perangkat nirkabel, sehingga meningkatkan waktu respons jaringan Wi-Fi. Ini pada akhirnya menghasilkan kekuatan sinyal yang ditingkatkan. Jadi dalam hal kinerja dan kekuatan sinyal, Wi-Fi extender adalah pemenang yang jelas

Ringkasan Wi-Fi Extender dan Repeater


Wi-Fi Extender dan Wi-Fi Repeater pada dasarnya merupakan kedua alat yang sama dengan tujuan yang pada dasarnya sama pula yaitu untuk meningkatkan kualitas sinyal jaringan secara keseluruhan dengan meningkatkan sinyal Wi-Fi yang ada. Extender jangkauan Wi-Fi pada dasarnya adalah perangkat repeater yang mengambil sinyal Wi-Fi asli dari router utama dan memantul lebih jauh ke depan. Ini tersedia dalam berbagai bentuk sebagai perluasan jangkauan nirkabel, penguat sinyal, atau perluasan jaringan. Ini terutama berfungsi sebagai repeater jaringan yang mengambil sinyal Wi-Fi dari router atau titik akses jaringan dan menyiarkannya kembali di perangkat nirkabel.