Peraturan tenis meja terbaru

Peraturan tenis meja terbaru (lengkap) sesuai pedoman ITTF

Olahraga, tenis meja
Peraturan tenis meja terbaru
image: wikimedia.org

Peraturan tenis meja terbaru yang wajib Anda ketahui sebelum bermain. Serta beberapa hal yang dilarang dalam permainan tenis meja termasuk penggunaan peralatan yang tidak sesuai standar.

Tenis meja merupakan olahraga yang sangat menyenangkan. Meskipun tidak sepopuler sepak bola atau badminton di Indonesia akan tetapi permainan tenis meja semakin lama juga banyak digemari terutama bagi para pekerja kantoran. Permainan tenis meja tidak membutuhkan otot yang kuat akan tetapi lebih kepada kelincahan. Meskipun bagi pemain yang sudah mahir bermain tenis meja juga cukup menguras tenaga.

Sekilas tentang tenis meja

Permainan tenis meja juga tidak membutuhkan banyak tempat karena anda hanya memerlukan sebuah ruangan dengan ukuran setidaknya 6×6 meter saja sudah cukup. Jika anda tidak memiliki ruangan yang cukup untuk bermain tenis meja sebenarnya Anda bisa melakukannya di luar ruangan atau outdoor. Akan tetapi permainan tenis meja idealnya dilakukan secara indoor karena terpaan angin akan mengganggu laju bola sehingga permainan menjadi kurang menarik.

Bagi Anda yang ingin memulai atau sedang belajar tenis meja mengetahui beberapa peraturan sangat penting sekali. Berikut kami rangkum beberapa peraturan tenis meja yang sesuai standar Internasional atau yang sudah ditetapkan oleh ITTF.

Peraturan dasar tenis meja

Peraturan dasar tenis meja sangat mudah sekali di mana permainan ini dimulai dengan servis dengan cara memantulkan bola mengenai area meja kita kemudian memantul ke area meja lawan. Anda akan mendapatkan poin saat lawan tidak dapat mengembalikan bola atau bola keluar area meja (out). Untuk servis sendiri biasanya pemain diberikan hak masing-masing dua kali servis secara bergantian.

Peraturan tenis meja dalam hal penskoran

Seorang pemain akan dinyatakan menang dalam sebuah game jika lebih dulu mencapai 11 poin dengan selisih 2 angka. Jika selisihnya hanya 1 atau kurang dari 2 maka permainan akan dilanjutkan dengan tambahan 2 poin. Peraturan ini sebenarnya sama dengan badminton atau voli.

Sedangkan untuk memenangkan sebuah pertandingan ada beberapa variasi atau format dalam permainan tenis meja. Yang pertama format 4 kali kemenangan atau maksimal 7 set (game), format ini biasanya dilakukan saat permainan single. Sedangkan untuk permainan tim biasanya menggunakan format 3 kali kemenangan dengan maksimal 5 set.

Yang saya maksud dengan permainan tim dalam tenis meja disini bukan bermain double atau ganda.  Contoh permainan tim adalah misalnya tim Cina melawan Jerman, dalam permainan tim China akan menurunkan 5 pemain dan Jerman 5 pemain. Masing-masing pemain dari kedua Negara akan saling berhadapan satu sama lainnya. Jika 3 pemain China berhasil mengalahkan 3 pemain Jerman maka otomatis Cina yang akan memenangkan pertandingan tersebut.

Peraturan servis tenis meja

Dalam melakukan servis agar tidak melanggar peraturan tenis meja maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah:

  1. Dalam permainan tenis meja servis harus dilakukan dengan cara melempar bola ke atas secara vertical. Itu artinya anda tidak diperbolehkan melempar bola secara horizontal atau sedikit ke belakang atau ke samping.
  2. Servis akan diulangi saat bola mengenai jaring atau net.
  3. Saat melakukan servis dalam permainan tenis meja pastikan lawan dapat melihat dengan jelas kontak bola dengan bet. Karena menutupi kontak antara bet dengan bola merupakan hal yang menyalahi peraturan tenis meja.
  4. Dalam permainan tenis meja servis harus dilakukan di belakang meja. Sehingga anda tidak boleh melakukan servis dengan melempar bola di atas meja atau dekat net.
  5. Untuk permainan single anda bebas menempatkan bola saat melakukan servis. Sedangkan untuk permainan ganda maka bola harus ditempatkan pada kotak yang sudah ditentukan yaitu secara menyilang. Biasanya servis dalam permainan tenis meja dilakukan dari sisi kanan garis pemisah.

Peraturan tenis meja saat bermain ganda

Dalam permainan ganda ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan bermain single. Yang pertama adalah seperti yang sudah kita bahas tadi bahwa dalam melakukan servis Anda harus menempatkan bola di area kotak kanan dari garis lawan. Selain itu, dalam memukul bola anda harus bergantian dengan rekan Anda. Karena dalam permainan tenis meja tidak diperkenankan 1 orang memukul lebih dari satu kali secara beruntun saat bermain ganda.

Peraturan perlengkapan tenis meja

  • Seorang pemain tenis meja harus menggunakan seragam lengkap dengan kaos dan celana serta mengenakan sepatu.
  • Bet yang digunakan dalam tenis meja harus standar yaitu 85% dari bahan bet harus terbuat dari kayu. Sedangkan sisanya bisa terbuat dari bahan karbon atau serat kaca.
  • Pakaian yang digunakan tidak boleh sama dengan warna bola karena hal ini disinyalir akan mempersulit lawan dalam melihat bola.
  • Karet yang digunakan untuk melapisi kayu bet harus dalam kondisi baik atau tidak mati. Karena karet yang sudah bantat atau mati tidak diizinkan dalam permainan tenis meja.
  • Dalam peraturan tenis meja terbaru tidak diperkenankan menggunakan speed glue atau lem khusus yang dapat meningkatkan kecepatan karet pada bet. Penggunaan speed glue dalam permainan tenis meja sebenarnya diperbolehkan pada tahun 2008 ke bawah akan tetapi ITTF melarangnya setelah itu. Meskipun demikian beberapa pemain tenis meja terutama dari kalangan penghobi masih menggunakan speed glue tersebut di pertandingan-pertandingan lokal mereka.
  • Tidak boleh menggunakan pelengket pada karet bet. Untuk meningkatkan putaran pada pukulan biasanya beberapa pemain tenis meja menggunakan semacam semprotan untuk melengketkan karet hal ini dilarang oleh ITTF.
  • Karet yang digunakan dalam permainan tenis meja harus dalam keadaan utuh atau tidak gripis. Hal ini dikarenakan karet yang tidak lengkap akan membuat laju bola sulit ditebak lawan saat bola mengenai kayu dari bet.

Beberapa pelanggaran dalam permainan tenis meja

  1. Tangan menyentuh meja saat pertandingan dimulai. Salah satu bagian tubuh terutama tangan tidak boleh menyentuh meja saat pertandingan sedang berlangsung.
  2. Gagal melakukan servis. Gagal melakukan servis dalam permainan tenis meja entah itu bet tidak mengenai bola ataupun mengenai bola maka servis tersebut dianggap tidak sah atau pelanggaran.
  3. Bola mengenai tangan. Salah satu pelanggaran dalam permainan tenis meja adalah saat Anda mencoba memukul bola akan tetapi bola tidak mengenai bet melainkan terkena tangan. Hal ini merupakan sebuah pelanggaran dan lawan anda akan diberikan poin.
  4. Melakukan servis yang tidak sesuai ketentuan. Misalnya menggunakan servis illegal dengan menutupi kontak Antara bola dan bet atau raket.
  5. Menyerobot bola dari lawan sebelum bola sempat memantul ke area meja anda. Hal ini diperbolehkan dalam permainan tenis lapangan akan tetapi dilarang dalam permainan tenis meja.

Ukuran papan tenis meja

ukuran meja tenis
ukuran meja tenis

Salah satu peralatan yang wajib saat bermain tenis meja adalah papan atau meja. Meja ini bukan sembarang meja karena memiliki ukuran khusus yang telah ditentukan oleh badan tenis meja dunia. Ukuran meja tenis (pingpong) sesuai standar Internasional setidaknya memiliki panjang 204.74 cm,  dengan lebar 152,5 cm dan tinggi 76 cm. Untuk permainan ganda biasanya di tengah-tengah dari meja tenis tersebut terdapat garis lurus untuk penempatan saat pemain melakukan servis.

Ukuran net tenis meja

Net yang digunakan dalam permainan tenis meja merupakan sebuah jaring yang memiliki ketinggian 15,205 cm, dan panjang 1,83 m yang membentang dari sisi kiri sampai kanan meja. Net yang digunakan dalam permainan tenis meja harus kencang atau tidak boleh kendur. Karena saat bola mengenai net maka akan jatuh dekat net yang itu akan sulit dikembalikan oleh lawan.

Ukuran raket atau bet tenis meja

ukuran bet tenis meja
ukuran bet tenis meja

Bet atau raket merupakan komponen yang tentunya wajib dimiliki jika anda ingin melakukan permainan tenis meja. Bet ini merupakan sebuah kayu yang yang memiliki panjang 17 cm dan lebar 15 cm. Meskipun kebanyakan bet tenis meja terbuat dari kayu akan tetapi beberapa ada yang memiliki lapisan karbon untuk meningkatkan kecepatan saat melakukan pukulan.

Bet jenis ini biasanya digunakan oleh tipe pemain menyerang yang mengandalkan kecepatan atau Speed. Sedangkan bagi pemain tenis meja yang lebih mengutamakan kontrol antara menyerang dan bertahan biasanya lebih senang menggunakan bet dengan hanya lapisan lapisan kayu saja.

Ukuran bola tenis meja

Salah satu hal yang wajib dimiliki saat anda ingin bermain tenis meja adalah bola. Bola yang digunakan harus berbahan plastik dengan ukuran diameter 40 mm atau 40+. Meskipun dulu ITTF pernah menggunakan bola dengan bahan seluloid akan tetapi saat ini ITTF telah menggantinya dengan bahan plastik lantaran celluloid sulit ditemukan.

Selain itu, bola yang digunakan dala permainan tenis meja saat dijatuhkan dalam ketinggian setidaknya 30 cm maka pantulan pertama dari bola tersebut memiliki tinggi kira-kira 25 cm. Jika lebih atau kurang (terlalu jauh dari angka tersebut) maka bola tersebut tidak diijinkan digunakan atau tidak standar.

Nah demikian tadi ulasan mengenai peraturan tenis meja terbaru yang lengkap. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda seputar permainan tenis meja.