6 Daftar nutrisi untuk rambut agar membuatnya tetap kuat, sehat, dan cantik

Nutrisi, Rambut
nutrisi untuk rambut
image from get.pxhere.com

Daftar nutrisi untuk rambut yang berguna membuatnya tetap kuat, sehat, dan cantik secara alami serta membuatnya terbebas dari masalah seperti kerontokan dan ketombe. Rambut yang indah akan menambah kecantikan bagi seorang wanita. Akan tetapi beberapa masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, dan rambut kering merupakan hal yang cukup mengganggu. Untuk membuat rambut tampak sehat secara alami, Anda membutuhkan beberapa nutrisi.

 

Daftar nutrisi untuk rambut Anda

Diantara nutrisi tersebut adalah mencukupi kebutuhan vitamin. Vitamin sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tebal. Berikut beberapa daftar nutrisi untuk rambut yang berguna membuatnya tampak lebih cantik dan sehat secara alami:

1. Vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rambut rontok karena rambut menjadi lebih tipis. Maka tidak heran jika beberapa produk perawatan rambut memasukkan vitamin A ke dalam bahan utamanya. Vitamin A sangat baik untuk mengatasi kulit kepala yang kering dan melembabkannya secara alami.

Kulit kepala yang kering dapat menyebabkan rambut rontok dan ketombe. Anda bisa menggunakan lotion atau krim yang terdapat kandungan vitamin A untuk kulit kepala. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A juga berguna untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut Anda.

2. Vitamin B Kompleks

Beberapa jenis vitamin B kompleks seperti vitamin B3 dan B2 sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Vitamin B3 meningkatkan kelembaban rambut dan kulit kepala sekaligus mengurangi kemerahan karena iritasi. Sedangkan vitamin B2 dan B5 membantu menyeimbangkan sekresi kelenjar minyak sehingga sangat baik untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

3. Vitamin C

Nutrisi untuk rambut yang tidak kalah penting adalah Vitamin C. Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit anda. Diantara manfaat vitamin C adalah menghilangkan kerutan di wajah, mencerahkan kulit secara alami, sekaligus mengurangi flek hitam. Selain manfaatnya tersebut, vitamin C juga baik untuk kesehatan rambut. Bukan hanya itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan penting yang berguna melindungi kerusakan pada rambut akibat efek merugikan radikal bebas. Beberapa makanan yang mengandung tinggi vitamin C diantaranya seperti paprika, pepaya, jeruk, jambu biji, strawberry dan Kiwi.

4. Vitamin D

Vitamin D bukan hanya baik untuk kesehatan tulang anda, tetapi juga mampu menumbuhkan rambut secara alami. Vitamin D dipercaya berguna meningkatkan kekuatan rambut sehingga mencegah kerontokan. Pada dasarnya folikel rambut kita sangat sensitif terhadap hormon tertentu, sedangkan vitamin D merupakan nutrisi penting yang berguna mengatasi masalah tersebut. Jadi, jika anda ingin memanjangkan rambut dengan cepat maka mencukupi kebutuhan vitamin D tidak boleh Anda lupakan.

5. Vitamin E

Vitamin E dikenal sebagai salah satu vitamin untuk kecantikan. Hal ini tidak mengherankan karena manfaat vitamin E sangat banyak sekali seperti menjaga kesehatan rambut dan kulit anda. Karena manfaatnya tersebut, maka asupan vitamin yang cukup sangat berguna untuk mencegah rambut rontok dan memanjangkannya secara alami. Berapa makanan yang kaya akan vitamin E diantaranya seperti minyak ikan, minyak zaitun, beberapa biji-bijian, dan makanan lainnya yang diperkaya dengan vitamin E.

5. Zat besi

Zat besi merupakan komponen yang sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan tidak terkecuali kesehatan rambut. Zat besi memainkan peran penting dalam meningkatkan kekuatan rambut Anda sehingga mencegahnya dari kerontokan.

Zat besi juga berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah yang juga berperan penting dalam pengiriman nutrisi ke seluruh bagian tubuh termasuk kulit kepala anda. Penelitian yang dilakukan di Tehran University of medical sciences di Iran menunjukkan bahwa zat besi memainkan peran penting untuk mencegah rambut rontok.

6. Protein

Nutrisi untuk rambut yang tidak boleh ketinggalan adalah protein. Protein berguna meningkatkan kekuatan akar rambut Anda sehingga mencegahnya dari kerontokan. Asupan protein yang cukup sangat diperlukan jika anda benar-benar ingin meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Demikian tadi daftar nutrisi untuk rambut yang perlu Anda ketahui. Jika anda ingin memiliki rambut yang kuat dan cantik secara alami Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi di atas.