Manfaat Tumbuhan Bagi Makhluk Hidup, Simak Penjelasanya..

Posted on

Manfaat Tumbuhan Bagi Makhluk Hidup

Manfaat Tumbuhan Bagi Makhluk Hidup-Berbagai model tumbuhan kini telah hadir di tengah-tengah makhluk hidup untuk memberikan berbagai manfaat. Kerap sekali, tumbuhan disebut sebagai sumber daya yang  sangat penting bagi makhluk hidup di bumi.

Tiap-tiap unsur dari tumbuhan memiliki manfaat masing-masing. Seperti pada batang dan akar tumbuhan yang dapat berkhasiat untuk menahan tanah supaya tidak longsor.  Masih ada beberapa manfaat lain tumbuhan bagi makhluk hidup di sekitarnya. Berikut berbagai manfaat tumbuhan bagi Makhluk hidup.

Berikut ini 12 manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup, yuk simak penjelasanya..

1.Menjadi Sumber Makanan

Tumbuhan telah dijadikan salah satu organisme untuk sumber makanan bagi makhluk hidup di sekitarnya. Bahan makanan itu didapatkan dari perubahan daya cahaya matahari kepada tumbuhan. Gandum dan jagung memberikan sumber makanan kepada hewan serta manusia untuk bertahan hidup.

2.Memberikan Oksigen

Dalam melakukan pembuatan makanan, tumbuhan terbukti menghasilkan material yang bernama gas oksigen (O2). Material itu menjadi bagian penting dari udara. Tentunya oksigen ikut berkhasiat untuk makhluk hidup yang memerlukannya untuk menjalankan kesibukan sehari-hari.

3.Obat-obatan

Manfaat Tumbuhan Bagi Makhluk Hidup

Tumbuhan juga bisa menjadi sumber oksigen dan makanan, sebagian tumbuhan bisa kita olah menjadi obat-obatan. Masih banyak masyarakat, yang sangat memerlukan obat-obatan herbal yang terbuat dari tumbuhan. Tumbuhan yang dapat dijadikan obat-obatan yaitu seperti daun sirih, kumis kucing, jahe, dan kunyit.

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah tidak hanya menjernihkan udara. Adapun, manfaat dan masih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan, lo!

Baca juga  Materi Microsoft Word

Pada dasarnya, peran tumbuhan bagi lingkungan yaitu untuk menjaga kondisi udara agar tetap sehat. Perlu kita ingat, bahwa kondisi bumi sekarang sedang tidak baik dikarenakan pencemaran terjadi dimana-mana dan berujung pada intensnya pemanasan global.

Maka dari itu, banyak yang mengadakan gerakan menanam pohon dan penghijauan pada lingkungan sekitar ‒ mulai dari lingkup terkecil, adalah rumah.

4.Memberikan Ruang Terbuka Hijau

Manfaat Tumbuhan Bagi Makhluk Hidup

Di negeri kita, Indonesia, memiliki lahan hutan kian menurun akibat dari penebangan liar dan pembangunan. Zona hutan yang semestinya memproduksi oksigen dan membantu menjernihkan udara kian berkurang. Kita dapat membantu negeri ini untuk tetap menjaga paru-paru yang sehat dengan ikut serta mengawali gerakan menanam tumbuhan.

Tumbuhan yang kita tanam pada area pekarangan rumah, bisa membantu kontribusi baik kepada mutu udara di rumah kita dan lingkungan sekitar.

5.Menolong Mengurangi Pemanasan Global


Dalam skala kecil, tumbuhan dapat berpengaruh besar dalam menjaga mutu udara di sekitar rumah.

Tetapi tidak hanya itu saja, tanaman yang kita tanam di sekitar rumah juga ikut serta berperan mengurangi pemanasan global. Hal yang perlu dilakukan yaitu mengadakan gerakan menanam dalam lingkungan sekecil apapun, tetap memberikan pengaruh positif dalam mengurangi tingkat pemanasan global.

BACA JUGA : Apa Manfaat Dari Teknologi Pangan? Yuk Mari Kita Belajar Bersama..

6.Memberikan Suasana Rindang

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah yang secara riil kita rasa adalah suasana rindang terlebih apabila menanam tanaman besar.

Tanaman yang berada disekitar, lingkungan rumah akan memperlihatkan suasana yang berbeda terlihat rindang dan memberikan ketenangan pada rumah dan penghuninya. Malahan tumbuhan yang ditanam dapat menyaring udara kumal dan menghadirkan udara sejuk.

7.Tumbuhan Bermanfaat Untuk Mempercantik Lingkungan

Tanaman diarea sekitar rumah juga bermanfaat sebagai penghias lingkungan rumah. Supaya terlihat lebih indah, pilihlah tanaman hias yang memiliki berbagai variasi dan membuat pagar hidup agar terkesan natural lebih kentara.

Baca juga  Baju dari Daun Nangka
8.Meredam Kebisingan

Pada saat berada di pemukiman yang dekat dengan jalan utama memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Salah satu akibat yang sering sekali membuat kesal adalah bunyi deru kendaraan yang memekakkan. Apabila kita menanam pohon besar, bunyi berisik kendaraan hal ini bisa diredam.

9.Mencegah Genangan Air

Tumbuhan juga bermanfaat untuk lingkungan rumah yang bisa kita rasakan, yaitu mencegah adanya genangan air.

Mungkin beberapa orang lebih memilih menutup lahan dengan paving agar tidak timbul genangan air, namun hal-hal yang demikian menghilangkan suasana natural. Beda halnya dengan menanam tumbuhan, genangan air tidak timbul karena terserap akar tanaman dan suasana natural kian kuat.

10.Meningkatkan Mutu Kesehatan

Pada lingkungan hidup tumbuhan bermanfaat yang jelas sudah terasa yaitu menjaga lingkungan rumah agar tetap sehat. Tumbuhan bisa dijadikan tempat penyaringan segala polusi dan menghadirkan udara bersih di sekitar rumah. Pemicu terpapar radikal bebas bisa berkurang.

11.Pendingin Alami

Tumbuhan di sekitar lingkungan rumah akan menyaring karbon dioksida dan menggantinya dengan oksigen.Tidak hanya itu, rindang pohon juga mencegah paparan cahaya matahari berlebihan. Dengan melakukan trik diatas,  rumah menjadi lebih dingin dan nyaman dihuni tanpa perlu memasang pendingin buatan.

12.Media Belajar Kecil

Tidak perlu jauh-jauh ke taman hutan raya untuk mempelajari aneka tumbuhan, di lingkungan rumah yang rimbun ditumbuhi beraneka variasi tanaman bisa didapatkan. Anak kecil dapat belajar mengenai variasi serta struktur tumbuhan dan mencintai lingkungan sejak dini.

Demikian ulasan, seputar mengenai manfaat tumbuhan untuk makhluk hidup, semoga memberikan manfaat untuk anda semua, dan terima kasih bagi yang sudah membaca artikel ini hingga akhir.

 

Baca juga  Obat Gatal Kulit Karena Alergi