Manfaat Kentang untuk Wajah sebagai Masker Kecantikan. Check It!

manfaat kentang untuk wajah

manfaat kentang untuk wajah

Manfaat kentang untuk wajah – Kentang lebih familiar sebagai sayuran untuk disantap. Umbi ini cukup populer di Indonesia sebagai bahan makanan pokok pengganti beras. Namun perlu diketahui, kentang juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kulit. Kulit wajah, tubuh, dan kepala bisa mendapatkan manfaatnya.

Mau tahu apa saja manfaat kecantikan yang dimiliki kentang dan cara mengolahnya? Berikut ini caraprofesor.com ulaskan artikel mengenai berbagai manfaat kentang untuk wajah yang wajib Anda ketahui:

Berbagai Manfaat Kentang untuk Wajah yang Wajib Anda Ketahui

1. Mencegah Penuaan Dini

Nutrisi dalam kentang membuatnya layak untuk dibuat sebagai perawatan anti kerut. Seandainya menerapkan masker dari jus kentang secara rutin akan menyamarkan garis halus yang muncul pada wajah. Selain itu bisa memberikan kilau sehat dan kelembutan pada kulit Anda.

2. Mengatasi Jerawat

Selain dapat mengatasi penuaan dini, jus kentang juga bisa mengatasi jerawat yang membandel di wajah. Kentang yang sudah diblender sampai halus, kemudian dinginkan di dalam lemari es. Setelah itu gunakan untuk facial.

3. Mencerahkan Kulit

Siapa sangka seandainya kentang juga bisa membuat kulit lebih cerah? Parutan kentang segar bisa Anda manfaatkan sebagai masker untuk membuat kulit lebih cerah. Olehkan masker pada kulit dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Parutan kentang bisa dimanfaatkan sebagai scrub natural yang lembut bagi kulit. Gosokkan parutan kentang segar di wajah dan tubuh. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas sampai bersih. Kulit Anda akan nampak lebih segar dan bercahaya.

manfaat kentang untuk wajah

https://www.liputan6.com

5. Membersihkan wajah

Untuk membersihkan wajah sampai ke pori-pori, jus kentang bisa dijadikan pilihan. Campurkan satu sendok baking soda dan lima sendok jus kentang dalam secangkir air. Oleskan pada kulit Anda secara menyeluruh. Kemudian gosokkan pada kulit wajah dengan gerakan melingkar, setelah itu bilas sampai bersih.

6. Untuk Mengatasi Kantung Mata

Untuk mengatasi kantung mata, Anda bisa memanfaatkan kentang dan mentimun sekaligus. Campur jus mentimun  dan jus kentang dalam jumlah yang sama. Terapkan pada kulit di sekitar mata Anda. Biarkan selama sekitar 15 menit. Keduanya akan mengatasi sembap dan mendinginkan mata.

7. Membersihkan Pori-pori

Campurkan satu sendok baking soda dan lima sendok jus kentang dalam secangkir air. Oleskan pada kulit Anda secara menyeluruh. Kemudian gosokkan pada wajah dengan gerakan melingkar, setelah itu bilas sampai bersih.

8. Memulihkan Kulit yang Terbakar Cahaya Matahari

Anda dapat mencampurkan kentang dengan tomat dan kunyit. Hal ini dikarenakan ketiga bahan tersebut kaya akan antioksidan yang penting untuk mengembalikan kulit ke kondisi normal. Oleh sebab itu, ketiganya ampuh untuk mengatasi pigmentasi karena paparan cahaya matahari.

Campurkan 1/2 sendok makan jus kentang segar, 1 sendok makan jus tomat, dan sejumput kunyit bubuk/parutan kunyit segar. Anda dapat mengaplikasikan masker pada wajah dan leher yang mengalami pigmentasi karena paparan cahaya matahari berlebihan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air.

9. Mengatasi Kulit Berminyak

Kupas dan parut kentang yang masih segar serta susah dicuci. Setelah itu campurkan dengan air beras dan air mawar secukupnya. Tambahkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan aduk merata. Anda dapat mengenakan masker ini pada wajah yang sudah dibersihkan dari makeup.

Demikian aneka manfaat kentang untuk kecantikan dan berbagai cara yang bisa dipraktikkan di rumah. Pastikan Anda harus menggunakan kentang yang sudah dicuci bersih dan masih segar. Pakai juga pisau dan perlengkapan lain yang sudah steril supaya tidak terjadi transfer kuman.

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya. Check It!