Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari hari yang Perlu Diketahui!

Posted on

manfaat magnet dalam kehidupan sehari hari

Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari – Magnet adalah suatu benda, materi, atau objek yang mempunyai medan magnet, baik berupa magnet tidak tetap atau magnet tetap. Magnet mempunyai ciri-ciri dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Definisi magnet berasal dari bahasa yunani yaitu magnítis líthos yang mempunyai arti batu magnesian. Di salah satu wilayah yunani, batu magnet ditemukan. Magnet bisa dipotong menjadi bagian yang lebih kecil dan potongan tersebut masih akan mempunyai dua kutub.

Magnet bisa menarik benda lain, benda yang berasal dari bahan logam adalah benda yang bisa ditarik dengan kuat oleh magnet. Kutub magnet akan saling tarik menarik jika bertemu kutub yang tidak sejenis dan saling tolak menolak jika bertemu dengan kutub sejenis.

Magnet juga bisa berasal dari batuan alam yang mempunyai kemampuan magnetisme secara alami (tidak perlu bantuan dari luar), umumnya magnet ini disebut magnet tetap. Selanjutnya ada magnet tidak tetap yaitu magnet yang mempunyai ketergantungan pada medan listrik untuk menghasilkan medan magnet.

Jenis magnet buatan yaitu magnet U, magnet ladam, magnet batang, magnet lingkaran dan magnet jarum. Penasaran apa saja manfaat magnet? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari yang Perlu Anda Ketahui!

Magnet bisa menarik benda disekitarnya disebabkan oleh adanya gaya yang terjadi dari bobot listrik yang bisa menarik maupun menolak benda lain yang ada disekitarnya.

Benda yang bisa ditarik umumnya berupa besi atau baja. Gaya magnet yang demikian ini mempunyai manfaat dalam kehidupan manusia. Beberapa manfaat gaya magnet diantaranya yaitu:

manfaat magnet dalam kehidupan sehari hari

Sumber: https://rumusrumus.com

1. Menarik Benda Lain

Gaya magnet mempunyai manfaat utama dalam menarik benda lain terlebih benda yang berbahan besi atau baja. Dalam industri besi tua, gaya magnet dimanfaatkan untuk menarik benda dengan bahan besi.

Bisa kita lihat dalam film-film maupun animasi yang tayang di TV terkadang menimbulkan illustrasi katrol besi tua di mana ada sebuah gantungan besar yang mempunyai gaya magnet.

Sehingga, kendaraan beroda empat yang kerangkanya dari besi maupun benda lain yang mempunyai bahan dasar besi atau semacamnya bisa ditarik oleh magnet, dan bisa diangkat ke suatu tempat untuk diolah kembali. Penerapan ini bisa dijumpai dalam industri pengolahan besi tua.

manfaat magnet dalam kehidupan sehari hari

Sumber: https://www.youtube.com

2. Pembangkit Tenaga Listrik

Manfaat berikutnya dari gaya magnet yaitu bisa dipakai untuk mendorong pembangkitan tenaga listrik. Magnet juga bisa dipakai untuk membangkitan energi listrik dalam skala besar maupun kecil.

Contohnya dalam skala kecil yaitu magnet yang ada pada dinamo sepeda yang umumnya dipakai untuk memancarkan atau menghidupkan lampu sepeda. Selain itu, gaya magnet bermanfaat untuk generator pada pembangkit listrik juga, lho.

Baca Juga: Jelaskan Manfaat Biopori Bagi Lingkungan! Temukan Jawabannya Disini!

manfaat magnet dalam kehidupan sehari hari

Sumber: https://www.merdeka.com

3. Penunjuk Arah

Gaya magnet juga bermanfaat untuk penunjuk arah. Seperti yang telah diketahui bahwa magnet memiliki dua kutub yaitu kutub selatan dan utara. Sifat tersebut dimanfaatkan dalam bentuk magnet buatan yang mempunyai ciri bentuk seperti jarum yang senantiasa akan menunjuk ke arah utara dan selatan.

Hal tersebut bisa dijumpai dalam contoh nyata yaitu kompas. Cara kerjanya yaitu, penunjuk kompas mempunyai gaya magnet sehingga jarum akan menunjuk ke arah kutub magnet.

manfaat magnet dalam kehidupan sehari hari

Sumber: https://audioengineusa.com

4. Sebagai Pengubah Getaran Menjadi Suara

Magnet mempunyai gaya magnet yang bermanfaat sebagai pengubah getaran dari getaran listrik menjadi getaran suara. Sistem ini bisa dilihat penerapannya dalam speaker atau headset.

Pasti terdapat sebuah magnet di dalamnya, jenis magnet dalam headset atau speaker termasuk jenis magnet buatan. Selain itu, umumnya sisi headset jika dipertemukan akan saling tolak menolak, dikarenakan kutub magnet yang bertemu sejenis.

Sumber: http://barangelektro.com

5. Sebagai Perekat pada Mekanisme Penutupan

Manfaat berikutnya dari gaya magnet yaitu sebagai perekat pada mekanisme penutupan. Contoh dari manfaat gaya magnet yaitu dipakai dalam mekanisme penutupan seperti penutup dompet atau ransel yang menggunakan magnet, atau penutup pintu kulkas.

Gaya magnet yang bekerja yaitu seperti bertemunya kutub selatan magnet dan kutub utaranya, serta bisa juga bertemunya magnet dengan benda yang berbahan besi atau baja. Sehingga tercipta gaya tarikan yang kuat dan menghasilkan mekanisme penutupan yang efektif dan efisien.

Baca Juga: Manfaat Energi Matahari bagi Manusia yang Perlu Anda Ketahui!

Sumber: https://www.newegg.com

6. Alat Ukur Listrik

Salah satu manfaat dari gaya magnet yang tidak kalah penting yaitu penerapannya dalam alat ukur listrik seperti voltmeter atau amperemeter. Pada alat ukur tersebut terdapat medan magnet (permainan arah gaya magnet) dalam bentuk lilitan kawat yang ditengahnya terdapat magnet.

Sehingga akan terjadi gaya magnet yang berlawanan arah yang bisa memutar kumparan. Akan tetapi, kumparan dalam alat ukur listrik ditahan oleh sebuah pegas supaya kumparan tidak bergerak, sehingga penunjuk ukuran akan menyimpang sesuai kuat arus yang melaju.

Sumber: https://www.liputan6.com

7. Produk Motor Listrik

Dalam bentuk produk teknologi seperti motor listrik, gaya magnet juga dapat bermanfaat. Motor listrik ini mengubah kekuatan listrik menjadi gerak. Motor listrik juga tertata dari komponen kumparan kawat yang meililit magnet.

Gaya magnet yang diinginkan dalam produk motor listrik yaitu akan dihasilkan gaya magnet yang berlawanan arah sehingga kumparan yang ada dalam motor listrik berputar sesuai porosnya.

Sumber: https://id.berita.yahoo.com

8. Menemukan Jarum

Gaya magnet juga bermanfaat bagi seseorang yang mempunyai permasalahan dalam mencari jarum yang terjatuh. Jarum mempunyai sisi runcing yang tajam dan bisa melukai kaki jika terinjak meskipun kemungkinannya sangat kecil bagi orang dewasa tetapi tetap saja berbahaya.

Selain itu, jika telah bercampur dengan benda lain, jarum yang kecil tidak berwarna mencolok pun agak sulit ditemukan seperti kata pepatah “bagai mencari jarum ditumpukan jerami”. Tetapi, pepatah tersebut mempunyai sangkalan bagi seseorang yang akan menemukan jarum menggunakan magnet.

Sumber: https://bobo.grid.id

9. Kereta Api Maglev

Pernah heboh sebuah penemuan kreatif modern perihal kereta api maglev atau magnetic levitation yaitu kereta api yang bergerak diatas rel magnet.

Kereta api ini memanfaatkan gaya magnet terlebih sifat kutub magnet yang saling tolak menolak jika sejenis. Sehingga, kereta api bisa berjalan diatas magnet dan diklaim menjadi kereta api yang mempunyai kecepatan lebih dari kereta api umum.

Baca Juga: Manfaat Minyak Bumi Bagi Manusia yang Sangat Penting, Yuk, Simak!